class="post-fixed">

Kamis, 27 Januari 2011


BERALIH KE TEKNOLOGI ANDROID

Apakah Teknologi Android itu?
Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang buat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.(http://id.wikipedia.org/wiki/Android_(sistem_operasi)).

Kelebihan Teknologi android dibanding teknologi sebelumnya

Multi-Tasking
Berbeda dengan iPhone yang kesulitan dalam melakukan multi-tasking, Android mampu menjalankan beberapa aplikasi sekaligus yang tidak terbatas, baik aplikasi-aplikasi yang berasal dari bawaan sistem atau tambahan dari Android Market. Mendengar musik sambil browsing dan menerima notifikasi dapat dilakukan dengan mudah.

Home Screen Informatif
Konsep home screen pada Android seperti Windows Mobile di mana segala notifikasi dapat dipantau dari home screen. Namun, Android juga menyediakan tempat bagi widget-widget notifikasi lain untuk berada di home screen. Cara ini memudahkan akses info cepat ketimbang home screen di BlackBerry ataupun iPhone.

Pilihan Peranti Banyak
Vendor pendukung sistem operasi ini memang banyak. Jadi pilihan perangkat yang bisa kamu pilih beragam dan harganya pun bervariasi.

Bebas Memodifikasi Sistem
Android mengijinkan kamu untuk melakukan jailbreaking untuk memodifikasi sistem. Selain itu kamu juga bisa melakukan modifikasi pada ROM sistem. Ada beberapa komunitas di internet yang menjadi wadah dan menyediakan customed ROM untuk perangkat Android. Sistem yang dapat dimodifikasi dan diinstal pada ponsel pintar bersistem Android, siapa yang tak ingin?

Setting yang Mudah
Sistem Android memang diluncurkan demi alasan kemudahan. Pengesetan ponsel berbasis OS ini untuk keperluan sehari-hari sesuai keinginan dan aktivitas pribadi bisa dengan mudah dilakukan. Pengesetan ini bisa dilakukan langsung dengan bantuan widget pada home screen. Kamu juga bisa membuat shortcut khusus untuk setting tertentu untuk dipasang di home screen.

Perangkat ponsel berbasis Android memang sudah sangat lama dinantikan. Jika kamu termasuk orang yang suka akan gadget pintar, ponsel berbasis Android bisa jadi pelengkap gadget yang kamu pakai saat ini, atau bahkan menggantikannya!

Kelemahan Android

Selain mempunyai kelebihan android juga masih mempunyai kekurangan atau bisa dikatakan sebagai kritik yaitu Android tidak memperbolehkan aplikasi diinstal melalui memory card, Android tidak memakai Java standar yang sudah berkembang, contohnya seperti Java SE and ME, ini membuat kompatibilitas antara aplikasi yang ditulis menggunakan Java dengan aplikasi platform Android menjadi tidak kompatibel, Android juga merupakan ancaman bagi beberapa perusahaan karena memberikan konsumen kebebasan untuk mendownload aplikasi yang mereka inginkan ke handphone mereka

0 komentar:

Poskan Komentar