class="post-fixed">

Minggu, 30 Oktober 2011

Tugas Elektronika hari Kamis , 3 Oktober 2011, kelas 9a, 9b, 9c, 9d, 9e, 9f, 9g










PEMERINTAH KABUPATEN KLATEN

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

SMP NEGERI 2 KLATEN TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Tugas Elektronika hari Kamis , 3 Oktober 2011, kelas 9a, 9b, 9c, 9d, 9e, 9f, 9g

  1. Apakah kegunaan dari Multimeter/multi terter itu
  2. Apakah perbedaan antar multimeter analog dan digital.
  3. Apakah gelombang elektromagnetik itu
  4. Sebutkan sifat dari gelombang elektromagnetik itu
  5. Apakah gelombang tranversal itu
  6. Sebutkan pendapat dari James Clark Maxwell mengenai gelombang elektromagnetik
  7. Sebutkan pendapat dari Heinrich Rudolph Herts mengenai gelombang elektromagnetik
  8. Sebutkan pendapat dari Albert Einstein mengenai gelombang elektromagnetik
  9. Sebutkan 2 jenis gelombang radio, jelaskan masing-masing
  10. Sebutkan yang termasuk gelombang elektromagnetik.

Dikerjakan berkelompok 2 orang di kertas dikumpulkan atau dikerjakan di coment blog pak heri.(www.her-wan3.blogspot.com) boleh posting blognya di rumah.

Heri Purwanto, S.Pd

65 komentar:

  1. Silahkan tugas kelas 9 dijawab di bawah postingan postingan ini, dan untuk sementara jawaban anda saya sembunyikan dulu, belum bisa ditampilkan sampai waktu yang ditentukan

    BalasHapus
  2. Wennys Kartika P. (IXE/12)
    Yod Aditama (IXE/22)

    1.Multimeter adalah alat ukur yang dipakai untuk mengukur tegangan listrik, arus listrik, dan tahanan (resistansi). Itu adalah pengertian multimeter secara umum, sedangkan pada perkembangannya multimeter masih bisa digunakan untuk beberapa fungsi seperti mengukur temperatur, induktansi, frekuensi, dan sebagainya. Ada juga orang yang menyebut multimeter dengan sebutan AVO meter, mungkin maksudnya A (ampere), V(volt), dan O(ohm).

    2. Multimeter analog lebih banyak dipakai untuk kegunaan sehari-hari, seperti para tukang servis TV atau komputer kebanyakan menggunakan jenis yang analog ini. Kelebihannya adalah mudah dalam pembacaannya dengan tampilan yang lebih simple. Sedangkan kekurangannya adalah akurasinya rendah, jadi untuk pengukuran yang memerlukan ketelitian tinggi sebaiknya menggunakan multimeter digital.

    Multimeter digital memiliki akurasi yang tinggi, dan kegunaan yang lebih banyak jika dibandingkan dengan multimeter analog. Yaitu memiliki tambahan-tambahan satuan yang lebih teliti, dan juga opsi pengukuran yang lebih banyak, tidak terbatas pada ampere, volt, dan ohm saja. Multimeter digital biasanya dipakai pada penelitian atau kerja-kerja mengukur yang memerlukan kecermatan tinggi, tetapi sekarang ini banyak juga bengkel-bengkel komputer dan service center yang memakai multimeter digital.

    3. Gelombang Elektromagnetik adalah gelombang yang dapat merambat walau tidak ada medium. Energi elektromagnetik merambat dalam gelombang dengan beberapa karakter yang bisa diukur, yaitu: panjang gelombang/wavelength, frekuensi, amplitude/amplitude, kecepatan

    4. a. Perubahan medan listrik dan medan magnetik terjadi pada saat yang bersamaan, sehingga kedua medan memiliki harga maksimum dan minimum pada saat yang sama dan pada tempat yang sama.
    b. Arah medan listrik dan medan magnetik saling tegak lurus dan keduanya tegak lurus terhadap arah rambat gelombang.
    c. Dari ciri no 2 diperoleh bahwa gelombang elektromagnetik merupakan gelombang transversal.
    d. Seperti halnya gelombang pada umumnya, gelombang elektromagnetik mengalami peristiwa pemantulan, pembiasan, interferensi, dan difraksi.
    e. Cepat rambat gelombang elektromagnetik hanya bergantung pada sifat-sifat listrik dan magnetik medium yang ditempuhnya.

    5.Gelombang transversal adalah gelombang yang arah gangguannya (arah getarannya) tegak lurus terhadap arah merambat gelombang

    6. Dari pendapat Maxwell ini dapat diperlihatkan betapa pergoyangan bolak-balik bidang elektromagnetik secara periodik adalah sesuatu hal yang bisa terjadi. Gerak bolak-balik seperti pendulum ini disebut gelombang elektromagnetik, yang bilamana sekali digerakkan akan menyebar terus hingga angkasa luar. Dari pendapat-pendapat ini mampu menunjukkan bahwa kecepatan gelombang elektromagnetik itu mencapai sekitar 300.000 kilometer (186.000 mil) per detik.

    7. Hertz menyatakan banyaknya gelombang dalam waktu satu detik (1 Hertz = 1 gelombang per detik). Unit ini dapat digunakan untuk mengukur gelombang apa saja yang periodik.

    8. Einstein bahwa cahaya mempunyai sifat dual (dualismecahaya) yaitu cahaya dapat bersifat sebagai gelombang untuk menjelaskan peristiwa interferensi dan difraksi tetapi di lain pihak cahaya dapat berupamateri tak bermassa yang berisikan paket-paket energi yang disebut kuanta atau fotonsehingga dapat menjelaskan peristiwa efek fotolistrik.

    9. AM (amplitude modulation)
    Modulasi amplitudo adalah proses memodulasi isyarat frekuensi rendah pada gelombang frekuensi tinggi dengan mengubah-ubah amplitudo gelombang frekuensi tinggi tanpa mengubah frekuensinya

    FM (frequency Modulation)
    Modulasi frekuensi adalah suatu metode untuk mengirimkan isyarat frekuensi rendah dengan cara memodulasi frekuensi gelombang pembawa berfrekuensi tinggi. Kecepatan sudut pembawa (ω) dibuat berubah-ubah dengan amplitudo isyarat pemodulasi.

    10.gelombang radio 1 mm-10.000 km
    infra merah 0,001-1 mm
    cahaya tampak 400-720 nm
    ultra violet 10-400nm
    sinar X 0,01-10 nm
    sinar gamma 0,0001-0,1 nm

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  4. Bagus Sulistyo (IXB/22)
    Esa A. Asyahid (IXB/27)

    1. Apakah kegunaan multimeter/multitester ?

    Jawab : Untuk mengukur tahanan listrik, arus listrik, tegangan listrik, serta mengetahui kerusakan suatu alat elektronik.

    2. Apakah perbedaan antara multimeter analog & digital ?

    Jawab : Multimeter analog menggunakan tampilan manual (skala jarum) sedangkan multimeter digital sudah menggunakan tampilan angka digital. Multimeter digital lebih akurat daripada multimeter analog.

    3. Apakah gelombang elektromagnetik itu ?

    Jawab : Gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang mempunyai sifat tidak memerlukan medium dalam perambatannya dan mempunyai cepat rambat seperti halnya rambat cahaya, yaitu 3 x 10^8 m/s.

    4. Sebutkan sifat dri gelombang elektromagnetik !

    Jawab : a. dapat dipantulkan b. dapat dibiaskan c. dapat dipadukan d. dapat dibelokkan e. dapat dipolarisasi

    5. Apakah gelombang transversal itu ?

    Jawab : Gelombang transversal adalah gelombang yang arah getarannya tegak lurus dengan arah rambat gelombang.

    6. Sebutkan pendapat dari James Clark Maxwell tentang gelombang elektromagnetik !

    Jawab : Cepat rambat gelombang elektromagnetik sama dengan cepat rambat cahaya sebesar 3 x 10 m/s

    7. Sebutkan pendapat dari Henrich Rudolph Hertz tentang gelombang elektromagnetik !

    Jawab : Gelombang elektromagnetik adalah gelombang transversal.

    8. Sebutkan pendapat dari Albert Einstein tentang gelombang elektromagnetik !

    Jawab : Cahaya memiliki sifat sebagai gelombang elektromagnetik.

    9. Sebutkan 2 jenis gelombang radio, jelaskan masing-masing !

    Jawab : a. gelombang pendek = gelombang radio dengan panjang gelombang antara 10 s.d. 100 meter.
    b. Gelombang VHF (Very High Frequency) = gelombang radio dengan panjang gelombang antara 3 sampai 6 meter dan sering digunakan untuk siaran TV.

    10. Sebutkan yang termasuk gelombang elektromagnetik !

    Jawab : Gelombang milimeter, sinar inframerah, cahaya tampak, sinar ultraviolet, sinar-x, sinar gamma, gelombang radio.

    BalasHapus
  5. Chindy El.F 05/IXB
    Hayu Permata S 10/IXB.

    1. Kegunaan multimeter/multitester adalah untuk mengukur tahanan listrik, arus listrik, dan tegangan listrik serta mengetahui kerusakan suatu alat elektronik.
    2. Perbedaan antar multimeter analog dan digital adalah
    Multimeter analog menggunakan tampilan manual dengan ciri khas jarum penunjuk ke skala tertentu sesuai dengan kebutuhan pengukuran.
    Multimeter digital menggunakan tampilan angka digital, mempunyai daya baca pengukuran lebih tepat dibandingkan multimeter analog.
    3. Gelombang eletromagnetik adalah gelombang yang mempunyai sifat tidak memerlukan medium dalam perambatannya dan mempunyai cepat rambat seperti halnya rambat cahaya yaitu 3×10⁸ m/s.
    4. Sifat dari gelombang elektromagnetik adalah dapat dipantulkan, dibiaskan, dipadukan, dibelokkan, dan dapat juga dipolarisasikan.
    5. Gelombang transversal adalah gelombang yang arah getarannya tegak lurus dengan arah rambat gelombang.
    6. Pendapat dari James Clark Maxwell tentang gelombang elektromagnetik adalah cepat rambat gelombang elektromagnetik sama dengan cepat rambat cahaya sebesar 3×10 m/s. Maxwell menyimpulkan bahwa cahaya adalah gelombang elektromagnetik.
    7. Pendapat dari Heinrich Rudolph Hertz dalam percobaanya berhasil membuktikan bahwa gelombang elektromagnetik adalah gelombang transversal.
    8. Pendapat dari Albert Einstein tentang gelombang elektromagnetik adalah cahaya memiliki sifat sebagai partikel dan sebagai gelombang elektromagnetik. Einstein menyimpulkan bahwa gelombang elektromagnetik mempunyai sifat yang sama dengan cahaya.
    9. Gelombang pendek dan gelombang VHF.
    Gelombang pendek adalah gelombang radio dengan panjang gelombang antara 10 – 100 m.
    Gelombang VHF adalah gelombang radio dengan panjang gelombang antara 3 – 6 m dan sering digunakan untuk siaran televisi.
    10. Yang termasuk gelombang elektromagnetik adalah gelombang milimeter, sinar inframerah, cahaya tampak, sinar ultraviolet, sinar-X, dan sinar gama.

    BalasHapus
  6. Dinda Rizki Amalia (07-IXB)
    Cynthia Yulinda Lesta (06-IXB)

    1. Kegunaan multitester/ multimeter adalah untuk mengukur besarnya arus listrik, beda potensial listrik, dan besar hambatan listrik.
    2. Multimeter analog : multimeter yang tidak dapat mengukur secara detail suatu besaran nilai komponen. Hanya digunakan untuk mengetahui baik buruknya komponen dan memeriksa sambungan suatu rangkaian, apakah sudah tersambung dengan baik sesuai dengan rangkaian blok yang ada atau sebaliknya.
    Multimeter digital : multimeter yang sudah menggunakan angka digital. Merupakan multimeter yang sudah mempunyai kemampuan baca yang lebih tepat. Maka dari itu merupakan multimeter yang dikhususkan untuk mengukur suatu besaran nilai komponen tertentu secara mendetail.
    3. Gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang memiliki sifat tidak memerlukan medium dalam perambatannya dan mempunyai cepat rambat seperti halnya rambat cahaya, yaitu 3 x 108 m/s
    4. Gelombang elektromagnetik memiliki sifat seperti cahaya, yakni dapat dipantulkan, dibiaskan, dipadukan, dibelokkan, dan juga dapat dipolarisasikan.
    5. Gelombang transversal adalah Gelombang yang arah getarannya tegak lurus dengan arah rambat gelombang.
    6. Menurut James Clark Maxwell, cepat rambat gelombang elektromagnetik sama dengan cepat rambat cahaya, yaitu sebesar 3 x 108 m/s. Dan Maxwell menyimpulkan bahwa cahaya adalah gelombang elektromagnetik.
    7. Menurut Heinrich Rudolph Hertz gelombang elektrromagnetik adalah merupakan gelombang transversal.
    8.Menurut Albert Einstein, gelombang elegtromagnetik memiliki sifat sebagai partikel seperti cahaya. Dan menyimpulkan bahwa gelombang elektromagnetik memiliki sifat yang sama dengan cahaya.
    9. Gelombang pendek, yaitu gelombang radio dengan panjang antara 10 sampai dengan 100 meter.
    Gelombang VHF (Very high frequency) adalah gelombang radio dengan panjang gelombang antara 3 sampai dengan 6 meter.
    10. Gelombang radio, Gelombang Cahaya

    BalasHapus
  7. nama : sandy tresna w.p 9b/13
    shofa seftiana 9b/15

    1)kegunaan multi meter adalah : mengukur temperatur, induktansi, frekuensi, dan sebagainya
    2)Multimeter analog lebih banyak dipakai untuk kegunaan sehari-hari,Kelebihannya adalah mudah dalam pembacaannya dengan tampilan yang lebih simple. Sedangkan kekurangannya adalah akurasinya rendah, jadi untuk pengukuran yang memerlukan ketelitian tinggi sebaiknya menggunakan multimeter digital.
    Multimeter digital memiliki akurasi yang tinggi, dan kegunaan yang lebih banyak jika dibandingkan dengan multimeter analog.Multimeter digital biasanya dipakai pada penelitian atau kerja-kerja mengukur yang memerlukan kecermatan tinggi, tetapi sekarang ini banyak juga bengkel-bengkel komputer dan service center yang memakai multimeter digital. Kekurangannya adalah susah untuk memonitor tegangan yang tidak stabil. Jadi bila melakukan pengukuran tegangan yang bergerak naik-turun, sebaiknya menggunakan multimeter analog.
    3)Gelombang Elektromagnetik adalah gelombang yang dapat merambat walau tidak ada medium. Energi elektromagnetik merambat dalam gelombang dengan beberapa karakter yang bisa diukur, yaitu: panjang gelombang/wavelength, frekuensi, amplitude/amplitude, kecepatan. Amplitudo adalah tinggi gelombang, sedangkan panjang gelombang adalah jarak antara dua puncak.
    4) a) Dapat merambat dalam ruang hampa.
    b) Merupakan gelombang transversal (arah getar ^ arah rambat), jadi dapat mengalami polarisasi.
    c) Dapat mengalami refleksi, refraksi, interferensi dan difraksi.
    d) Tidak dibelokkan dalam medan listrik maupun medan magnet.
    5)

    BalasHapus
  8. Kelas : IX A
    Kelompok :Cyntia Yunisa (05)
    Fania Atyan Asmi Fajri (08)

    1. Kegunaan multimeter adalah mengukur tahanan listrik, arus listrik dan tegangan listrik, serta mengetahui kerusakan alat elektrik.
    2. Multimeter Analog : untuk mengukur hambatan (ohm) tegangan (volt), dan arus (mA)
    Multimeter Digital : untuk mengukur suatu besaran nilai tertentu dari sebuah komponen secara mendetail dengan besaran yang diinginkan.
    3. Gelombang Elektromagnetik adalah gelombang yang mempunyai sifat tidak memerlukan medium dalam perambatannya dan mempunyai cepat rambatnya seperti halnya rambat cahaya 3x10(pangkat)8 m/s.
    4. Gelombang Elektromagnetik mempunyai sifat seperti cahaya yaitu dapat dipantulkan, dibiaskan, dipadukan dan dapat dipolarisassikan.
    5. Gelombang Transfersal adalah gelombang yang arah getarannya tegak lurus dengan arah rambat gelombang.
    6. Menurut James Clark Maxwell (1831-1879) cepat rambat gelombang elektromagnetik sama dengan cepat rambat cahaya sebesar 3x10 m/s dan menyimpulkan bahwa cahaya adalah gelombang elektromagnetik.
    7. Heinrich Rudolph Hertz dalam percobaannya berhasil membuktikan bahwa gelombang elektromagnetik adalah gelombang transfersal.
    8. Menurut Albert Einstein cahaya memilik sifat berbagai partikel dan sebagai gelombang elektromagnetik dan menyimpulkan bahwa gelombang elektromagnetik mempunyai sifat yang sama dengan cahaya.
    9. 1) Gelombang Pendek : gelombang radio dengan panjang gelombang antara 10 s.d. 100 meter digunakan untuk siaran radio jarak jauh.
    2) Gelombang VHF (Very High Frequency) : gelombang radio dengan panjang gelombang antara 3 s.d. 6 meter, digunakan untuk siaran televisi.
    10. a. Gelombang Mikro
    b. Gelombang Milimeter
    c. Sinar ultra violet / sinar X
    d. Sinar gama
    e. Cahaya Tampak
    f. Sinar Cahaya

    BalasHapus
  9. 1. Multimeter digunakan untuk mengukur tahanan listrik,arus listrik dan tegangan listrik, serta mengetahui kerusakan suatu alat elektronik.
    2. Perbedaan multimeter analog dan digital:
    a. Analog:
    -Tampilan manual dengan ciri khas jarum penunjuk.
    -Tidak dapat digunakan untuk mengukur secara detail/besaran nilai komponen.
    -Harganya murah.
    -Kebanyakan digunakan untuk mengetahui baik/jeleknya komponen dan memeriksa sambungan suatu rangkaian.
    b. Digital:
    -Menggunakan tampilan angka digital.
    -Mempunyai daya baca pengukuran lebih tepat jika dibandingkan dengan multimeter analog.
    -Dikhususkan untuk mengukur suatu besaran nilai tertentu dari sebuah komponen secara mendetail sesuai dengan besaran yang diinginkan.
    -Lebih teliti dalam pengukuran, biasanya 3-6 angka dibelakang koma.
    -Harganya mahal.
    3. Gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang mempunyai sifat tidak memerlukan medium dalam perambatannya dan mempunyai cepat rambat seperti halnya rambat cahaya.
    4. Sifat gelombang elektromagnetik adalah seperti cahaya yang dapat dipantulkan , dibiaskan, dipadukan, dibelokkan, dan dapat juga dipolarisasikan.
    5. Gelombang transversal adalah gelombang yang arah getarannya tegak lurus dengan arah rambat gelombang.
    6. Menurut James Clark Maxwell (1831-1879) cepat rambat gelombang elektromagnetik sama dengan cepat rambat cahaya sebesar 3x〖10〗^8m/s. Maxwell menyimpulkan bahwa cahaya adalah gelombang elektromagnetik.
    7. Menurut Heinrich Rudolph Hertz dalam percobaanya berhasil membuktikan bahwa gelombang elektromagnetik adalah gelombang transversal.
    8. Menurut Albert Einstein cahaya memiliki sifat sebagai partikel dan sebagai gelombang elektromagnetik. Einstein menyimpulkan bahwa gelombang elektromagnetik mempunyai sifat yang sama dengan cahaya.
    9. Jenis gelombang radio:
    - gelombang pendek adalah gelombang radio dengan panjang gelombang antara 10-100 meter. Biasanya digunakan untuk siaran radio jarak jauh.
    - Gelombang VHF(very high frequency) adalah gelombang radio dengan panjang gelombang antara 3-6 meter dan sering digunakan untuk siaran televisi.
    10. Yang termasuk gelombang elektromagnetik adalah:
    -Gelombang milimeter
    -Sinar inframerah
    -Cahaya tampak
    -Sinar ultraviolet
    -Sinar-X
    -Sinar gama

    Meilinda Ambarwati (11/IX A) dan Vania Dwitiya Cahyani (18/IX A)

    BalasHapus
  10. 1. Multimeter digunakan untuk mengukur tahanan listrik,arus listrik dan tegangan listrik, serta mengetahui kerusakan suatu alat elektronik.
    2. Perbedaan multimeter analog dan digital:
    a. Analog:
    -Tampilan manual dengan ciri khas jarum penunjuk.
    -Tidak dapat digunakan untuk mengukur secara detail/besaran nilai komponen.
    -Harganya murah.
    -Kebanyakan digunakan untuk mengetahui baik/jeleknya komponen dan memeriksa sambungan suatu rangkaian.
    b. Digital:
    -Menggunakan tampilan angka digital.
    -Mempunyai daya baca pengukuran lebih tepat jika dibandingkan dengan multimeter analog.
    -Dikhususkan untuk mengukur suatu besaran nilai tertentu dari sebuah komponen secara mendetail sesuai dengan besaran yang diinginkan.
    -Lebih teliti dalam pengukuran, biasanya 3-6 angka dibelakang koma.
    -Harganya mahal.
    -Gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang mempunyai sifat tidak memerlukan medium dalam perambatannya dan mempunyai cepat rambat seperti halnya rambat cahaya.
    4. Sifat gelombang elektromagnetik adalah seperti cahaya yang dapat dipantulkan , dibiaskan, dipadukan, dibelokkan, dan dapat juga dipolarisasikan.
    5. Gelombang transversal adalah gelombang yang arah getarannya tegak lurus dengan arah rambat gelombang.
    6. Menurut James Clark Maxwell (1831-1879) cepat rambat gelombang elektromagnetik sama dengan cepat rambat cahaya sebesar 3x〖10〗^8m/s. Maxwell menyimpulkan bahwa cahaya adalah gelombang elektromagnetik.
    7. Menurut Heinrich Rudolph Hertz dalam percobaanya berhasil membuktikan bahwa gelombang elektromagnetik adalah gelombang transversal.
    8. Menurut Albert Einstein cahaya memiliki sifat sebagai partikel dan sebagai gelombang elektromagnetik. Einstein menyimpulkan bahwa gelombang elektromagnetik mempunyai sifat yang sama dengan cahaya.
    9. Jenis gelombang radio:
    a. gelombang pendek adalah gelombang radio dengan panjang gelombang antara 10-100 meter. Biasanya digunakan untuk siaran radio jarak jauh.
    b. Gelombang VHF(very high frequency) adalah gelombang radio dengan panjang gelombang antara 3-6 meter dan sering digunakan untuk siaran televisi.
    10. Yang termasuk gelombang elektromagnetik adalah:
    -Gelombang milimeter
    -Sinar inframerah
    -Cahaya tampak
    -Sinar ultraviolet
    -Sinar-X
    -Sinar gama

    Natalia Kristanti (12/IX A)
    Tyas Titi Hapsari (17/IX A)

    BalasHapus
  11. 1. Mengukur hambatan, mengukur tegangan, dan arus listrik.
    2. Multimeter Analog mengambil sedikit tenaga dari rangkaian yang diuji untuk mengoperasikan jarum penunjuknya. Alat harus bersensitivitas tinggi setidaknya 20k /V atau memposisikan pembenahan pembacaan untuk rangkaian yang diuji.
    Multimeter digital seluruh multimeter digital mempunyai batteray untuk memberi daya pada penampilannya juga tidak membutuhkan daya dari rangkaian dalam pengukurannya . Ini berarti dalam jangkah DC mempunyai resistansi tinggi (biasa disebut impedansi input) dalam 1M atau lebih, biasanya 10M, dan sangat tidak mempengaruhi pada rangkaian yang diukur.
    3. Gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang mempunyai sifat tidak memerlukan medium dalam perambatannya dan mempunyai cepat rambat seperti halnya rambat cahaya, yaitu 3 x 10^8 m/s
    4. Tidak memerlukan medium dalam perambatannya dan mempunyai cepat rambat seperti halnya cahaya.
    5. Gelombang transversal adalah gelombang yang arah rambatannya tegak lurus dengan arah rambatannya. Satu gelombang terdiri atas satu lembah dan satu bukit, misalnya seperti riak gelombang air, benang yang digetarkan.
    6. Gelombang elektromagnetik sama dengan cepat rambat cahaya sebesar 3 x 10 m/s. Maxwell menyimpulkan bahwa cahaya adalah gelombang elektromagnetik.
    7. Hertz dalam percobaan berhasil membuktikan bahwa gelombang elektromagnetik adalah gelombang tranversal.
    8. Menurut Einstein, cahaya memiliki sifat sebagai partikel dan sebagai gelombang elektromagnetik. Einstein menyimpulkan bahwa gelombang elektromagnetik mempunyai sifat yang sama dengan cahaya.
    9. Gelombang pendek adalah gelombang radio dengan panjang gelombang antara 10 sampai dengan 100 meter. Gelombang VHF adalah gelombang radio dengan panjang gelombang antara 3 sampai dengan 6 meter dan sering digunakan untuk siaran televise.
    10. Gelombang millimeter, sinar inframerah, cahaya tampak, sinar ultraviolet, sinar-X, dan sinar gama.



    celyn monica 0.d.i.s/ix a/03
    dea octarisma/ix a/06

    BalasHapus
  12. 9A : Arasyi Sekar Kinanti (01)
    Dianisti Saraswati (07)

    1.Multimeter digunakan untuk mengukur kuat arus, tegangan, dan hambatan listrik.

    2.Perbedaannya hasil pengukuran multimeter analog dilihat dari angka yang ditunjukkan oleh jarum multimeter, sedangkan hasil pengukuran multimeter digital berdasarkan angka yang muncul secara otomatis.

    3.Gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang mempunyai sifat tidak memerlukan medium dalam perambatannya dan mempunyai cepat rambat 3 x 108 m/s.

    4.Sifat-sifat gelombang elektromagnetik:
    a.Dapat dipantulkan
    b.Dapat dibiaskan
    c.Dapat berinterferensi
    d.Dapat melentur (berdifraksi)
    e.Mengalami gejala polarisasi

    5.Gelombang transversal adalah gelombang yang arah getarannya tegak lurus dengan arah rambatan gelombangnya.

    6.James Clerk Maxwell berpendapat bahwa gelombang elektromagnetik ialah gabungan dari osilasi medan listrik dan magnetik, dan cepat rambat gelombang elektromagnetik sama dengan cepat rambat cahaya sebesar 3 x 10 m/s.

    7.Heinrich Rudolf Hertz berpendapat sebagai penegasan dari pendapat James Clerk Maxwell bahwa gelombang elektromagnetik merupakan gelombang transversal.

    8.Albert Einstein berpendapat bahwa cahaya memiliki sifat sebagai partikel dan sebagai elektromagnetik dan mempunyai sifat yang sama dengan cahaya.

    9.Gelombang radio dibagi menjadi 2 jenis yaitu gelombang pendek dan gelombang VHF. Gelombang pendek adalah gelombang radio dengan panjang gelombang antara 10 s.d. 100 meter, biasanya digunakan untuk siaran radio jarak jauh. Gelombang VHF (Very High Frequency) adalah gelombang radio dengan panjang gelombang antara 3 s.d. 6 meter dan digunakan untuk siaran televisi.

    10.Yang termasuk gelombang elektromagnetik adalah gelombang radio, gelombang mikro, sinar infra merah, cahaya tampak, sinar ultraviolet, sinar- X, dan sinar gamma.

    BalasHapus
  13. Nama : A. A. I. Amritha Prashanti (01/IX C)
    Arimurti Chusnul Chotimah (02/IX C)
    Jawaban:
    1. Mungsi multimeter adalah untuk mengukur tegangan listrik, arus listrik, dan tahanan (resistansi).
    2. Multimeter analog menggunakan tampilan manual dengan ciri khas jarum oenunjuk ke skala tertentu sesuai dengan kebutuhan pengaturan; sedangkan multimeter digital sudah menggunakan tampilan angka digital dan mempunyai daya baca pengukuran lebih tepat daripada multimeter analog.
    3. Gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang mempunyai sifat tidak memerlukan medium dalam perambatannya dan mempunyai cepat rambat seperti halnya rambat cahaya, yaitu 3x10^8 m/s.
    4. Gelombang elektromagnetik memiliki sifat seperti cahaya yakni, dapat dipantulkan, dibiaskan, dipadukan, dibelokkan, dan dapat juga dipolarisasikan.
    5. Gelombang transversal adalah gelombang yang arah getarannya tegak lurus dengan arah rambat gelombang.
    6. James Clark Maxwell berpendapat bahwa cepat rambat gelombang elektromagnetik sama dengan cepat rambat cahaya sebesar 3x10^8 m/s.
    7. Heinrich Rudolph Herts berpendapat bahwa gelombang elektromagnetik adalah gelombang transversal.
    8. Albert Einstein berpendapat bahwa cahaya memiliki sifat sebagai partikel dan sebagai gelombang elektromagnetik.
    9. Gelombang pendek : gelombang radio dengan panjang antara 10 sampai dengan 100 meter, yang biasanya digunakan untuk siaran radio jarak jauh; dan Gelombang VHF (very high frequency) : gelombang radio dengan panjang gelombang antara 3 sampai dengan 6 meter, dan sering digunakan untuk siaran televisi.
    10. Gelombang radio, infra merah, cahaya tampak, ultra violet, sinar X, dan sinar gamma.

    BalasHapus
  14. Nama : Novia Haryani / o7 / IX C
    Tia Nuraini F M / 09 / IX C

    1. mengukur tahanan listrik , arus listrik dan tegangan listrik, serta mengetahui kerusakan suatu elektronik

    2. Multimeter digital memiliki akurasi yang tinggi, dan kegunaan yang lebih banyak jika dibandingkan dengan multimeter analog.
    Multimeter analog lebih banyak dipakai untuk kegunaan sehari-hari, seperti para tukang servis TV atau komputer kebanyakan menggunakan jenis yang analog ini.

    3. Gelombang Elektromagnetik adalah gelombang yang dapat merambat walau tidak ada medium.

    4. gelombang elektromagnetik mempunyai sifat seperti cahaya yakni, dapat dipantulkan,dibiaskan,dipaduka,dibelokan, dan dapat juga di polarisasikan

    5. gelombang transversal adalah gelombang yang arah getarannya gerak lurus dengan arah rambat gelombang

    6. cepat rambat gelombang elektromagnetik sama dengan cepat rambat cahaya sebesar 3x10m/s

    7. dalam percobaanya berhasil membuktikan bahwa gelombang elektromagnetik adalah gelombang transversal

    8. cahaya memiliki sifat sebagai partikel dan sebagai gelombang elektromagnetik

    9. a. Gelombang mikro , panjang gelombang : 0,001 - 0,1m , penggunaan : komunikasi satelit, radar dan alat pemanas
    b. Gelombang UHS , panjang gelombang 0,1 - 1m , penggunaan siaran televisi

    10. Gelombang radio, cahaya , gelombang milimeter , sinar inframerrah, sinar ultraviolet

    BalasHapus
  15. 1. Mengukur tegangan AC/DC, mengukur besarnya tahanan suatu resistor,mengukur arus, dll.
    2. multimeter digital di khususkan untuk mengukur suatu besaran nilai tertentu dari sebuah komponen secara mendetail sesuai dg besaran yg diinginkan
    multimeter analog untuk mengetahui baik atau jeleknya komponen dan memeriksa sambungan suatu rangkaian, apakah sudah tersambung dg baik sesuai dg rangkaian blok yg ada atau sebaliknya
    3. gejala listrik yg diakibatkan oleh gerak mekanik magnet
    4. dapat merambat dalam ruang hampa, merupakan gel.transversal, dpt mengalami refleksi, refraksi, interfensi dan difraksi, tdk dpt di belokkan dl medan listik maupun medan magnet.
    5. gelombang yg arah rambatannya tegak lurus dg arah rambatannya.
    6. menurut maxwell cepat rambat gelombang elektromagnetik sm dg cepat rambat cahaya. dan menyimpulkan bhw cahaya adl gelombang elektromagnetik.
    7. menurut heinrich rudolph hertz dl prcobaannya berhasil membuktikan bhw gel.elektromagnetik adl gel.transversal.
    8. menurut albert einstein cahaya memiliki sifat sbg partikel dan sbg gel.elektromagnetik. einstein menyimpulkan bhw gel.elektromagnetik mmpunyai sifat sama dg cahaya.
    9. gelombang radio penggunaannya komunikasi sateit, radar, dan alat pemanas
    gelombang UHF penggunaannya siaran televisi.
    10. cahaya,inframerah,ultraviolet, sinar X, sinar gamma.
    melisa citra 05 IX C qoriatush sholihah ARK 10 IX C

    BalasHapus
  16. 1. multimeter dapat digunakan untuk mengukur hambatan listrik,tegangan listrik,dan kuat arus.
    2. multimeter analog menggunakan tampilan manual dengan ciri khas jarum penunjak ke skala tertentu sesuai dengan kebutuhan pengukuran.
    multimeter digital menggunakan tampilan digital (langsung menunjuk angka)den mempunyai daya baca pengukuran lebih tepat jika dibanding dengan multimeter analog.
    3. gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang mempunyai sifat tidak memerlukan medium dalam perambatannya dan mempunyai cepat rambat 3x108 m/s.
    4. dapat dipantulkan, dapat dibiaskan, dapat dipadukan, dapat dibelokkan dan dapat dipolarisasikan.
    5. gelombang tranversal adalah gelombang yang arah getarannya tegak lurus dengan arah rambat gelombang.
    6. cepat rambat gelombang elektro magnetik samadengan cepat rambat cahaya sebesar 3x108 m/s. Maxwell menyimpulkan bahwa cahaya adalah gelombang elektromagnetik.
    7. Hertz dalam percobaannya berhasil membuktikan bahwa gelombang elektromagnetik adalah gelombang transversal.
    8. Menurut Einstein, cahaya mempunyai sifat sebagai partikel dan sebagai gelombang elektromagnetik. Einstein menyimpulkan bahwa gelombang elektromagnetik mempunyai sifat yang samadengan cahaya.
    9. a. gelombang pendek adalah gelombang radio dengan panjang gelombang antara 10-100 meter.
    b. gelombang VHF(Very High Frequency) adalah gelombang radio dengan panjang gelombang antara
    3-6 meter.
    10.cahaya, gelombang millimeter, sinar infrared, sinat ultraviolet,dan sinar gama.
    Oleh:
    Aditya Rizki Ramadhan (18/IXB)
    Aji Nugroho Rizky S.(19/IXB)

    BalasHapus
  17. 1. Multimeter digunakan untuk mengukur tahanan listrik, arus listrik, dan tegangan listrik serta mengetahui kerusakan suatu alat elektronik
    2. Multimeter analog menggunakan tampilan manual dengan ciri khas jarus penunjuk ke skala tertentu sesuai dengan kebutuhan pengukuran dan digunakan untuk mengetuhui baik atau jeleknya komponen dan memeriksa sambungan suatu rangkaian apakah sudah tersambung dengan baik sesuai dengan rangkaian blok yang ada atau sebaliknya
    Multimeter digital yaitu sudah menggunakan tampilan angka digital dan mempunyai day abaca pengukuran lebih tepat jika disbanding dengan multimeter analog.
    3. Gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang memiliki sifat tidak memerlukan medium dalam perambatannya dan mempunyai cepat rambat seperti halnya rambat cahaya yaitu 3 X 〖10〗^8 m/s
    4. Gelombang elektromagnetik mempunyai sifat seperti cahaya yakni dapat dipantulkan, dibiaskan, dipaduka, dibelokkan dan dapat juga dipolarisasikan
    5. Geombang transversal adalah gelombang yang arah getarnya tegak lurus dengan arah rambat gelombang
    6. Menurut James Clark Maxwell (1831-1879) menyimpulkan bahwa cepat rambat gelombang elektromagnetik sama dengan cepat rambat cahaya sebesar 3 X 10 m/s dan menyimpulkan bahwa cahaya adalah gelombang elektromagnetik
    7. Menurut Hinrich Rudolph Hertz (1857-1894) membuktikan bahwa gelombang elektromagnetik adalah gelombang transversal
    8. Menurut Albert Einstein (1879-1955) menyimpulkan bahwa cahaya memiliki sifat sebagai partikel dan sebagai gelombang elektromagnetik. Einstein menyimpulkan bahwa gelombang elektromagnetik mempunyai sifat yang sama dengan cahaya
    9. Ada 2 jenis gelombang radio yaitu :
    Gelombang pendek adalah gelombang radio dengan panjang gelombang antara 10-100 meter dan biasanya digunakan untuk siaran radio jarak jauh
    Gelombang VHF (Very High Frequency) adalah gelombang radio dengan panjang gelombang antara 3-6 m dan sering digunakan untuk siaran televise
    10. Yang termasuk gelombang elektromagnetik adalah :
    Gelombang millimeter
    Sinar inframerah
    Cahaya tampak
    Sinar ultraviolet
    Sinar X
    Sinar gama

    BalasHapus
  18. Nama : 1. Indira Salsabilla Ayu Wibowo (IXE/04)
    2. Aji Prakoso(IXE/13)

    1. Multimeter adalah alat ukur yang dipakai untuk mengukur tegangan listrik, arus listrik, dan tahanan (resistansi). Itu adalah pengertian multimeter secara umum, sedangkan pada perkembangannya multimeter masih bisa digunakan untuk beberapa fungsi seperti mengukur temperatur, induktansi, frekuensi, dan sebagainya. Ada juga orang yang menyebut multimeter dengan sebutan AVO meter, mungkin maksudnya A (ampere), V(volt), dan O(ohm).

    2. Multimeter analog memiliki akurasi rendah tetapi dapat mengukur tegangan yang tidak stabil, sedangkan Multimeter digital mempunyai frekuensi yang tinggi tetapi susah untuk mengukur tegangan yang naik turun/ tidak stabil.

    3. Gelombang Elektromagnetik adalah gelombang yang dapat merambat walau tidak ada medium. Energi elektromagnetik merambat dalam gelombang dengan beberapa karakter yang bisa diukur, yaitu: panjang gelombang/wavelength, frekuensi, amplitude/amplitude, kecepatan

    4 a. Perubahan medan listrik dan medan magnetik terjadi pada saat yang bersamaan, sehingga kedua medan memiliki harga maksimum dan minimum pada saat yang sama dan pada tempat yang sama.
    b. Arah medan listrik dan medan magnetik saling tegak lurus dan keduanya tegak lurus terhadap arah rambat gelombang.
    c. Dari ciri no 2 diperoleh bahwa gelombang elektromagnetik merupakan gelombang transversal.
    d. Seperti halnya gelombang pada umumnya, gelombang elektromagnetik mengalami peristiwa pemantulan, pembiasan, interferensi, dan difraksi. Juga mengalami peristiwa polarisasi karena termasuk gelombang transversal.
    e. Cepat rambat gelombang elektromagnetik hanya bergantung pada sifat-sifat listrik dan magnetik medium yang ditempuhnya.

    5. Gelombang transversal adalah gelombang yang arah gangguannya (arah getarannya) tegak lurus terhadap arah merambat gelombang

    6. Dari pendapat Maxwell ini dapat diperlihatkan betapa pergoyangan bolak-balik bidang elektromagnetik secara periodik adalah sesuatu hal yang bisa terjadi. Gerak bolak-balik seperti pendulum ini disebut gelombang elektromagnetik, yang bilamana sekali digerakkan akan menyebar terus hingga angkasa luar. Dari pendapat-pendapat ini mampu menunjukkan bahwa kecepatan gelombang elektromagnetik itu mencapai sekitar 300.000 kilometer (186.000 mil) per detik.

    7. H.R. Hertz berpendapat bahwa banyaknya gelombang dalam waktu satu detik (1 Hertz = 1 gelombang per detik). Unit ini dapat digunakan untuk mengukur gelombang apa saja yang periodik.

    8. Albert Einstein berpendapat bahwa cahaya mempunyai sifat dualisme, yaitu cahaya dapat bersifat sebagai gelombang untuk menjelaskan peristiwa interferensi dan difraksi tetapi di lain pihak cahaya dapat berupamateri tak bermassa yang berisikan paket-paket energi yang disebut kuanta atau fotonsehingga dapat menjelaskan peristiwa efek fotolistrik

    9. - AM (amplitude modulation)
    Modulasi amplitudo adalah proses memodulasi isyarat frekuensi rendah pada gelombang frekuensi tinggi dengan mengubah-ubah amplitudo gelombang frekuensi tinggi tanpa mengubah frekuensinya. Untuk radio siaran mempunyai jangkauan dari 530-1500 kHz (Medium Wave-MW).
    - FM (frequency Modulation)
    Modulasi frekuensi adalah suatu metode untuk mengirimkan isyarat frekuensi rendah dengan cara memodulasi frekuensi gelombang pembawa berfrekuensi tinggi. Kecepatan sudut pembawa (ω) dibuat berubah-ubah dengan amplitudo isyarat pemodulasi.Untuk radio siaran mempunyai jangkauan dari 88-108 MHz.

    10.Yang termasuk gelombang elektromagnetik antara lain :
    - Gelombang radio 1 mm-10.000 km
    - Infra merah 0,001-1 mm
    - Cahaya tampak 400-720 nm
    - Ultra violet 10-400nm
    - Sinar X 0,01-10 nm
    - Sinar gamma 0,0001-0,1 nm

    BalasHapus
  19. kelompok :
    Nurma Ayu Sekar Arum IXE_09
    Sonnia Dewi Ratna P IXE_11
    1. Multimeter digunakan untuk mengukur tahanan listrik, arus listrik, dan tegangan listrik serta mengetahui kerusakan suatu alat elektronik
    2. Multimeter analog menggunakan tampilan manual dengan ciri khas jarus penunjuk ke skala tertentu sesuai dengan kebutuhan pengukuran dan digunakan untuk mengetuhui baik atau jeleknya komponen dan memeriksa sambungan suatu rangkaian apakah sudah tersambung dengan baik sesuai dengan rangkaian blok yang ada atau sebaliknya
    Multimeter digital yaitu sudah menggunakan tampilan angka digital dan mempunyai day abaca pengukuran lebih tepat jika disbanding dengan multimeter analog.
    3. Gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang memiliki sifat tidak memerlukan medium dalam perambatannya dan mempunyai cepat rambat seperti halnya rambat cahaya yaitu 3 X 〖10〗^8 m/s
    4. Gelombang elektromagnetik mempunyai sifat seperti cahaya yakni dapat dipantulkan, dibiaskan, dipaduka, dibelokkan dan dapat juga dipolarisasikan
    5. Geombang transversal adalah gelombang yang arah getarnya tegak lurus dengan arah rambat gelombang
    6. Menurut James Clark Maxwell (1831-1879) menyimpulkan bahwa cepat rambat gelombang elektromagnetik sama dengan cepat rambat cahaya sebesar 3 X 10 m/s dan menyimpulkan bahwa cahaya adalah gelombang elektromagnetik
    7. Menurut Hinrich Rudolph Hertz (1857-1894) membuktikan bahwa gelombang elektromagnetik adalah gelombang transversal
    8. Menurut Albert Einstein (1879-1955) menyimpulkan bahwa cahaya memiliki sifat sebagai partikel dan sebagai gelombang elektromagnetik. Einstein menyimpulkan bahwa gelombang elektromagnetik mempunyai sifat yang sama dengan cahaya
    9. Ada 2 jenis gelombang radio yaitu :
    Gelombang pendek adalah gelombang radio dengan panjang gelombang antara 10-100 meter dan biasanya digunakan untuk siaran radio jarak jauh
    Gelombang VHF (Very High Frequency) adalah gelombang radio dengan panjang gelombang antara 3-6 m dan sering digunakan untuk siaran televise
    10.Yang termasuk gelombang elektromagnetik adalah :
    Gelombang millimeter
    Sinar inframerah
    Cahaya tampak
    Sinar ultraviolet
    Sinar X
    Sinar gama

    BalasHapus
  20. Gilang Gega P. (17/9E)
    Muh. Aufa R.P. (20/9e)

    1. Multimeter adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur tegangan listrik, arus listrik, dan tahanan (resistansi).
    2. Multimeter analog lebih banyak dipakai untuk kegunaan sehari-hari, seperti para tukang servis TV atau komputer kebanyakan menggunakan jenis yang analog ini. Kelebihannya adalah mudah dalam pembacaannya dengan tampilan yang lebih simple. Sedangkan kekurangannya adalah akurasinya rendah.
    Multimeter digital memiliki akurasi yang tinggi, dan kegunaan yang lebih banyak jika dibandingkan dengan multimeter analog. Yaitu memiliki tambahan-tambahan satuan yang lebih teliti, dan juga opsi pengukuran yang lebih banyak, tidak terbatas pada ampere, volt, dan ohm saja. Kekurangannya adalah susah untuk memonitor tegangan yang tidak stabil. Jadi bila melakukan pengukuran tegangan yang bergerak naik-turun, sebaiknya menggunakan multimeter analog.
    3. Gelombang Elektromagnetik adalah gelombang yang dapat merambat walau tidak ada medium. Energi elektromagnetik merambat dalam gelombang dengan beberapa karakter yang bisa diukur, yaitu: panjang gelombang/wavelength, frekuensi, amplitude/amplitude, kecepatan
    4. a. Perubahan medan listrik dan medan magnetik terjadi pada saat yang bersamaan, sehingga kedua medan memiliki harga maksimum dan minimum pada saat yang sama dan pada tempat yang sama.
    b. Arah medan listrik dan medan magnetik saling tegak lurus dan keduanya tegak lurus terhadap arah rambat gelombang.
    c. Dari ciri no 2 diperoleh bahwa gelombang elektromagnetik merupakan gelombang transversal.
    d. Seperti halnya gelombang pada umumnya, gelombang elektromagnetik mengalami peristiwa pemantulan, pembiasan, interferensi, dan difraksi. Juga mengalami peristiwa polarisasi karena termasuk gelombang transversal.
    e. Cepat rambat gelombang elektromagnetik hanya bergantung pada sifat-sifat listrik dan magnetik medium yang ditempuhnya.

    5. Gelombang transversal merupakan gelombang yang arah gangguannya atau arah getarannya tegak lurus terhadap arah merambat gelombang
    6. Dari pendapat Maxwell ini dapat diperlihatkan betapa pergoyangan bolak-balik bidang elektromagnetik secara periodik adalah sesuatu hal yang bisa terjadi. yang bilamana sekali digerakkan dapat menyebar terus hingga angkasa luar. Dari pendapat-pendapat ini mampu menunjukkan bahwa kecepatan gelombang elektromagnetik itu mencapai sekitar 300.000 kilometer (186.000 mil) per detik.
    7. Hertz menyatakan bahwa banyaknya gelombang dalam waktu satu detik (1 Hertz = 1 gelombang per detik). Unit ini dapat digunakan untuk mengukur gelombang apa saja yang periodik.
    8. Einstein menyatakan bahwa cahaya mempunyai sifat dual (dualismecahaya) yaitu cahaya dapat bersifat sebagai gelombang untuk menjelaskan peristiwa interferensi dan difraksi tetapi di lain pihak cahaya dapat berupamateri tak bermassa yang berisikan paket-paket energi yang disebut kuanta atau fotonsehingga dapat menjelaskan peristiwa efek fotolistrik
    9.
    AM (amplitude modulation)
    Modulasi amplitudo adalah proses untuk memodulasi isyarat frekuensi rendah pada gelombang frekuensi tinggi dengan cara mengubah-ubah amplitudo gelombang frekuensi tinggi tanpa mengubah frekuensinya
    FM (frequency Modulation)
    Modulasi frekuensi adalah suatu metode untuk mengirimkan isyarat frekuensi rendah dengan cara memodulasi frekuensi gelombang pembawa berfrekuensi tinggi. Kecepatan sudut pembawa (ω) dibuat berubah-ubah dengan amplitudo isyarat pemodulasi.
    10. gelombang radio 1 mm-10.000 km
    infra merah 0,001-1 mm
    cahaya tampak 400-720nm
    ultra violet 10-400nm
    sinar X 0,01-10 nm
    sinar gamma 0,0001-0,1 nm

    BalasHapus
  21. Anita Indah Dewi L.
    IXE/01

    1.Kegunaan multimeter/multitasker adalah untuk mengukur tahanan listrik, arus listrik, dan tegangan listrik serta mengetahui kerusakan suatu alat elektronik
    2.Multimeter analog menggunakan tampilan manual dengan ciri khas jarus penunjuk ke skala tertentu sesuai dengan kebutuhan pengukuran dan digunakan untuk mengetuhui baik atau jeleknya komponen dan memeriksa sambungan suatu rangkaian apakah sudah tersambung dengan baik sesuai dengan rangkaian blok yang ada atau sebaliknya
    Multimeter digital yaitu sudah menggunakan tampilan angka digital dan mempunyai day abaca pengukuran lebih tepat jika disbanding dengan multimeter analog.
    3.Gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang mempunyai sifat tidak memerlukan medium dalam perambatannya dan mempunyai cepat rambat seperti halnya rambat cahaya yaitu 3 X m/s.
    4.Sifat gelombang elektromagnetik antara lain dapat dipantulkan, dibiaskan, dipadukan, dibelokkan, dan dapat juga dipolarisasikan
    5.Gelombang transversal adlah gelombang yang arah getarnya tegak lurus dengan arah rambat gelombang.
    6.Menurut James Clark Maxwell (1831-1879), cepat rambat gelombang elektromagnetik sama dengan cepat rambat cahaya sebesar 3x10 m/s. Maxwell menyimpulkan bahwa cahanya adalah gelombang elektromagnetik.
    7.Dalam percobaannya, Heinrich Rudolph Hertz (1857-1894) membuktian bahwa gelombang elektromagnetik adalah gelombang transversal.
    8.Menurut Albert Einstein (1879-1955), cahaya memiliki sifat sebagai partikel dan sebagai gelombang elektromagnetik.
    9.2 jenis gelombang radio :
    a.Gelombang pendek adalah gelombang radio dengan panjang gelombang antara 10 sampai dengan 100 meter.
    b.Gelombang VHF (Very High Frequency) adalah gelombang radio dengan panjang gelombang antara 3 sampai dengan 6 meter dan sering digunakan untuk siaran televisi.
    10.Yang termasuk gelombang elektromagnetik antara lain adalah gelombang milimeter, sinar inframerah, cahaya tampak, sinar ultraviolet, sinar-X, dan sinar gama.

    BalasHapus
  22. Muh.Aufa R.P(IX E/20)
    Gilang Gega P(IX E/17)


    1. Multimeter adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur tegangan listrik, arus listrik, dan tahanan (resistansi).
    2. Multimeter analog lebih banyak dipakai untuk kegunaan sehari-hari, seperti para tukang servis TV atau komputer kebanyakan menggunakan jenis yang analog ini. Kelebihannya adalah mudah dalam pembacaannya dengan tampilan yang lebih simple. Sedangkan kekurangannya adalah akurasinya rendah.
    Multimeter digital memiliki akurasi yang tinggi, dan kegunaan yang lebih banyak jika dibandingkan dengan multimeter analog. Yaitu memiliki tambahan-tambahan satuan yang lebih teliti, dan juga opsi pengukuran yang lebih banyak, tidak terbatas pada ampere, volt, dan ohm saja. Kekurangannya adalah susah untuk memonitor tegangan yang tidak stabil. Jadi bila melakukan pengukuran tegangan yang bergerak naik-turun, sebaiknya menggunakan multimeter analog.
    3. Gelombang Elektromagnetik adalah gelombang yang dapat merambat walau tidak ada medium. Energi elektromagnetik merambat dalam gelombang dengan beberapa karakter yang bisa diukur, yaitu: panjang gelombang/wavelength, frekuensi, amplitude/amplitude, kecepatan
    4. a. Perubahan medan listrik dan medan magnetik terjadi pada saat yang bersamaan, sehingga kedua medan memiliki harga maksimum dan minimum pada saat yang sama dan pada tempat yang sama.
    b. Arah medan listrik dan medan magnetik saling tegak lurus dan keduanya tegak lurus terhadap arah rambat gelombang.
    c. Dari ciri no 2 diperoleh bahwa gelombang elektromagnetik merupakan gelombang transversal.
    d. Seperti halnya gelombang pada umumnya, gelombang elektromagnetik mengalami peristiwa pemantulan, pembiasan, interferensi, dan difraksi. Juga mengalami peristiwa polarisasi karena termasuk gelombang transversal.
    e. Cepat rambat gelombang elektromagnetik hanya bergantung pada sifat-sifat listrik dan magnetik medium yang ditempuhnya.

    5. Gelombang transversal merupakan gelombang yang arah gangguannya atau arah getarannya tegak lurus terhadap arah merambat gelombang
    6. Dari pendapat Maxwell ini dapat diperlihatkan betapa pergoyangan bolak-balik bidang elektromagnetik secara periodik adalah sesuatu hal yang bisa terjadi. yang bilamana sekali digerakkan dapat menyebar terus hingga angkasa luar. Dari pendapat-pendapat ini mampu menunjukkan bahwa kecepatan gelombang elektromagnetik itu mencapai sekitar 300.000 kilometer (186.000 mil) per detik.
    7. Hertz menyatakan bahwa banyaknya gelombang dalam waktu satu detik (1 Hertz = 1 gelombang per detik). Unit ini dapat digunakan untuk mengukur gelombang apa saja yang periodik.
    8. Einstein menyatakan bahwa cahaya mempunyai sifat dual (dualismecahaya) yaitu cahaya dapat bersifat sebagai gelombang untuk menjelaskan peristiwa interferensi dan difraksi tetapi di lain pihak cahaya dapat berupamateri tak bermassa yang berisikan paket-paket energi yang disebut kuanta atau fotonsehingga dapat menjelaskan peristiwa efek fotolistrik
    9.
    AM (amplitude modulation)
    Modulasi amplitudo adalah proses untuk memodulasi isyarat frekuensi rendah pada gelombang frekuensi tinggi dengan cara mengubah-ubah amplitudo gelombang frekuensi tinggi tanpa mengubah frekuensinya
    FM (frequency Modulation)
    Modulasi frekuensi adalah suatu metode untuk mengirimkan isyarat frekuensi rendah dengan cara memodulasi frekuensi gelombang pembawa berfrekuensi tinggi. Kecepatan sudut pembawa (ω) dibuat berubah-ubah dengan amplitudo isyarat pemodulasi.
    10. gelombang radio 1 mm-10.000 km
    infra merah 0,001-1 mm
    cahaya tampak 400-720nm
    ultra violet 10-400nm
    sinar X 0,01-10 nm
    sinar gamma 0,0001-0,1 nm

    BalasHapus
  23. Nama : Eltrin (IXE/03), Rendyta (IXE/10)

    1.Multimeter digunakan untuk mengukur tahanan listrik, arus listrik, dan tegangan listrik serta mengetahui kerusakan suatu alat elektronik
    2.Multimeter analog menggunakan tampilan manual dengan ciri khas jarus penunjuk ke skala tertentu sesuai dengan kebutuhan pengukuran dan digunakan untuk mengetuhui baik atau jeleknya komponen dan memeriksa sambungan suatu rangkaian apakah sudah tersambung dengan baik sesuai dengan rangkaian blok yang ada atau sebaliknya
    Multimeter digital yaitu sudah menggunakan tampilan angka digital dan mempunyai day abaca pengukuran lebih tepat jika disbanding dengan multimeter analog.
    3. Gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang memiliki sifat tidak memerlukan medium dalam perambatannya dan mempunyai cepat rambat seperti halnya rambat cahaya yaitu 3 X 〖10〗^8 m/s
    4.Gelombang elektromagnetik mempunyai sifat seperti cahaya yakni dapat dipantulkan, dibiaskan, dipaduka, dibelokkan dan dapat juga dipolarisasikan
    5.Geombang transversal adalah gelombang yang arah getarnya tegak lurus dengan arah rambat gelombang
    6.Menurut James Clark Maxwell (1831-1879) menyimpulkan bahwa cepat rambat gelombang elektromagnetik sama dengan cepat rambat cahaya sebesar 3 X 10 m/s dan menyimpulkan bahwa cahaya adalah gelombang elektromagnetik
    7.Menurut Hinrich Rudolph Hertz (1857-1894) membuktikan bahwa gelombang elektromagnetik adalah gelombang transversal
    8.Menurut Albert Einstein (1879-1955) menyimpulkan bahwa cahaya memiliki sifat sebagai partikel dan sebagai gelombang elektromagnetik. Einstein menyimpulkan bahwa gelombang elektromagnetik mempunyai sifat yang sama dengan cahaya
    9.Ada 2 jenis gelombang radio yaitu :
    Gelombang pendek adalah gelombang radio dengan panjang gelombang antara 10-100 meter dan biasanya digunakan untuk siaran radio jarak jauh
    Gelombang VHF (Very High Frequency) adalah gelombang radio dengan panjang gelombang antara 3-6 m dan sering digunakan untuk siaran televise
    10.Yang termasuk gelombang elektromagnetik adalah :
    Gelombang millimeter
    Sinar inframerah
    Cahaya tampak
    Sinar ultraviolet
    Sinar X
    Sinar gama

    BalasHapus
  24. 1. Multimeter digunakan untuk mengukur tahanan listrik, arus listrik, dan tegangan listrik serta mengetahui kerusakan suatu alat elektronik
    2.Multimeter analog menggunakan tampilan manual dengan ciri khas jarus penunjuk ke skala tertentu sesuai dengan kebutuhan pengukuran dan digunakan untuk mengetuhui baik atau jeleknya komponen dan memeriksa sambungan suatu rangkaian apakah sudah tersambung dengan baik sesuai dengan rangkaian blok yang ada atau sebaliknya
    Multimeter digital yaitu sudah menggunakan tampilan angka digital dan mempunyai day abaca pengukuran lebih tepat jika disbanding dengan multimeter analog.
    3. Gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang memiliki sifat tidak memerlukan medium dalam perambatannya dan mempunyai cepat rambat seperti halnya rambat cahaya yaitu 3 X 〖10〗^8 m/s
    4. Gelombang elektromagnetik mempunyai sifat seperti cahaya yakni dapat dipantulkan, dibiaskan, dipaduka, dibelokkan dan dapat juga dipolarisasikan
    5.Geombang transversal adalah gelombang yang arah getarnya tegak lurus dengan arah rambat gelombang
    6.Menurut James Clark Maxwell (1831-1879) menyimpulkan bahwa cepat rambat gelombang elektromagnetik sama dengan cepat rambat cahaya sebesar 3 X 10 m/s dan menyimpulkan bahwa cahaya adalah gelombang elektromagnetik
    7.Menurut Hinrich Rudolph Hertz (1857-1894) membuktikan bahwa gelombang elektromagnetik adalah gelombang transversal
    8. Menurut Albert Einstein (1879-1955) menyimpulkan bahwa cahaya memiliki sifat sebagai partikel dan sebagai gelombang elektromagnetik. Einstein menyimpulkan bahwa gelombang elektromagnetik mempunyai sifat yang sama dengan cahaya
    9.Ada 2 jenis gelombang radio yaitu :
    Gelombang pendek adalah gelombang radio dengan panjang gelombang antara 10-100 meter dan biasanya digunakan untuk siaran radio jarak jauh
    Gelombang VHF (Very High Frequency) adalah gelombang radio dengan panjang gelombang antara 3-6 m dan sering digunakan untuk siaran televise
    Yang termasuk gelombang elektromagnetik adalah :
    10. Gelombang millimeter
    Sinar inframerah
    Cahaya tampak
    Sinar ultraviolet
    Sinar X
    Sinar gama

    Nama : Lusi Padma S.M. (07/ IXE)
    Kurniawan Bagus S. (19/IXE)

    BalasHapus
  25. 1. Lintang Dewani P (IXE/06)
    2. Muh. Luqman Prasetyo N (IXE/21)

    1. Multimeter :
    mengukur tahanan listrik, arus listrik,dan tegangan listrik serta mengetahui kerusakan suatu alat elektronik.
    2. Multimeter analog :
    Menggunakan tampilan manual dengan ciri khas jarum penunjuk ke skala tertentu sesuai dengan kebutuhan pengukuran dan digunakan untuk mengetahui baik atau jeleknya komponen dan memeriksa sambungan suatu rangkaian apakah sudah tersambung dengan baik sesuai dengan rangkaian blok yang ada atau sebaliknya.
    Multimeter digital :
    Menggunakan tampilan angka digital dan mempunyai daya baca pengukuran lebih tepat jika dibanding dengan multimeter analog.
    3. Gelombang elektromagnetik : gelombang yang memiliki sifat tidak memerlukan medium dalam perambatannya dan mempunyai cepat rambat seperti halnya rambat cahaya yaitu 3 X 〖10〗^8 m/s
    4. Gelombang elektromagnetik mempunyai sifat seperti cahaya yakni dapat dipantulkan, dibiaskan, dipadukan, dibelokkan dan dapat juga dipolarisasikan
    5. Geombang transversal : gelombang yang arah getarnya tegak lurus dengan arah rambat gelombang
    6. James Clark Maxwell : cepat rambat gelombang elektromagnetik sama dengan cepat rambat cahaya sebesar 3 X 10 m/s dan dapat disimpulkan bahwa cahaya adalah gelombang elektromagnetik
    7. Hinrich Rudolph Hertz : gelombang elektromagnetik adalah gelombang transversal
    8. Albert Einstein : cahaya memiliki sifat sebagai partikel dan sebagai gelombang elektromagnetik. Gelombang elektromagnetik mempunyai sifat yang sama dengan cahaya.
    9. Ada 2 jenisgelombang radio yaitu :
    Gelombang pendek : gelombang radio dengan panjang gelombang antara 10-100 meter dan biasanya digunakan untuk siaran radio jarak jauh
    Gelombang VHF (Very High Frequency) : gelombang radio dengan panjang gelombang antara 3-6 m dan sering digunakan untuk siaran televisi
    10. Gelombang elektromagnetik :
    Gelombang millimeter
    Sinar inframerah
    Cahaya tampak
    Sinar ultraviolet
    Sinar X
    Sinar gama

    BalasHapus
  26. Miranda Mahayu Aysha
    IX E / 08
    Fany Fil Addin
    IX E / 15

    1. Kegunaan multimeter/multitasker adalah mengukur tahanan listrik, arus listrik, dan tegangan listrik serta mengetahui kerusakan suatu alat elektronik
    2. Multimeter analog menggunakan tampilan manual dengan ciri khas jarus penunjuk ke skala tertentu sesuai dengan kebutuhan pengukuran dan digunakan untuk mengetuhui baik atau jeleknya komponen dan memeriksa sambungan suatu rangkaian apakah sudah tersambung dengan baik sesuai dengan rangkaian blok yang ada atau sebaliknya
    Multimeter digital yaitu sudah menggunakan tampilan angka digital dan mempunyai daya baca pengukuran lebih tepat jika dibanding dengan multimeter analog.
    3. Gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang bersifat tidak memerlukan medium dalam perambatannya dan mempunyai cepat rambat seperti rambat cahaya, yaitu 3 X m/s.
    4. Sifat gelombang elektromagnetik antara lain dapat dipantulkan, dibiaskan, dipadukan, dibelokkan, dan dapat juga dipolarisasikan
    5. Gelombang transversal adalah gelombang yang arah getarnya tegak lurus dengan arah rambat gelombang.
    6. Menurut James Clark Maxwell, cepat rambat gelombang elektromagnetik sama dengan cepat rambat cahaya sebesar 3x10 m/s. Kesimpulannya bahwa cahaya adalah gelombang elektromagnetik.
    7. Dalam percobaannya, Heinrich Rudolph Hertz membuktian bahwa gelombang elektromagnetik adalah gelombang transversal.
    8. Menurut Albert Einstein, cahaya memiliki sifat sebagai partikel dan sebagai gelombang elektromagnetik. Kesimpulannya bahwa gelombang elektromagnetik mempunyai sifat yang sama dengan cahaya.
    9. 2 jenis gelombang radio :
    a. Gelombang pendek adalah gelombang radio dengan panjang gelombang antara 10 - 100 meter. Digunakan untuk siaran radio jarak jauh.
    b. Gelombang VHF (Very High Frequency) adalah gelombang radio dengan panjang gelombang antara 3 - 6 meter dan sering digunakan untuk siaran televisi.
    10. Yang termasuk gelombang elektromagnetik antara lain gelombang milimeter, sinar inframerah, cahaya tampak, sinar ultraviolet, sinar-X, dan sinar gama.

    BalasHapus
  27. Nama : Christiara Febriliani / E_02 dan Calvin Aldian / E_14

    1. Multimeter digunakan untuk mengukur tahanan listrik, arus listrik, dan tegangan listrik serta mengetahui kerusakan suatu alat elektronik
    2. Multimeter analog menggunakan tampilan manual dengan ciri khas jarus penunjuk ke skala tertentu sesuai dengan kebutuhan pengukuran dan digunakan untuk mengetuhui baik atau jeleknya komponen dan memeriksa sambungan suatu rangkaian apakah sudah tersambung dengan baik sesuai dengan rangkaian blok yang ada atau sebaliknya
    Multimeter digital yaitu sudah menggunakan tampilan angka digital dan mempunyai day abaca pengukuran lebih tepat jika disbanding dengan multimeter analog.
    3. Gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang memiliki sifat tidak memerlukan medium dalam perambatannya dan mempunyai cepat rambat seperti halnya rambat cahaya yaitu 3 X 〖10〗^8 m/s
    4. Gelombang elektromagnetik mempunyai sifat seperti cahaya yakni dapat dipantulkan, dibiaskan, dipaduka, dibelokkan dan dapat juga dipolarisasikan
    5. Geombang transversal adalah gelombang yang arah getarnya tegak lurus dengan arah rambat gelombang
    6. Menurut James Clark Maxwell (1831-1879) menyimpulkan bahwa cepat rambat gelombang elektromagnetik sama dengan cepat rambat cahaya sebesar 3 X 10 m/s dan menyimpulkan bahwa cahaya adalah gelombang elektromagnetik
    7. Hinrich Rudolph Hertz (1857-1894) membuktikan bahwa gelombang elektromagnetik adalah gelombang transversal
    8. Albert Einstein (1879-1955) menyimpulkan bahwa cahaya memiliki sifat sebagai partikel dan sebagai gelombang elektromagnetik. Einstein menyimpulkan bahwa gelombang elektromagnetik mempunyai sifat yang sama dengan cahaya
    9. Ada 2 jenis gelombang radio yaitu :
    (a) Gelombang pendek adalah gelombang radio dengan panjang gelombang antara 10-100 meter dan biasanya digunakan untuk siaran radio jarak jauh
    (b) Gelombang VHF (Very High Frequency) adalah gelombang radio dengan panjang gelombang antara 3-6 m dan sering digunakan untuk siaran televise
    10. Yang termasuk gelombang elektromagnetik adalah :
    a. Gelombang millimeter
    b. Sinar inframerah
    c. Cahaya tampak
    d. Sinar ultraviolet
    e. Sinar X
    f. Sinar gama

    BalasHapus
  28. Karisma Putri Diana ( 05/IX E )
    Fauzi Purnomo ( 16/IX E )

    1.Multimeter digunakan untuk mengukur tahanan listrik, arus listrik, dan tegangan listrik, serta mengetahui kerusakan suatu alat elektronik.

    2.Perbedaan multimeter analog dan digital :
    - Multimeter Analog
    a)Harganya lebih murah
    b)Menggunakan tampilan manual
    c)Untuk mengukur hambatan, tegangan, dan arus
    - Multimeter Digital
    a)Harganya lebih mahal
    b)Menggunakan tampilan digital
    c)Untuk mengukur suatu besaran nilai tertentu

    3.Gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang mempunyai sifat tidak memerlukan medium dalam perambatannya dan mempunyai cepat rambat seperti halnya rambat cahaya.

    4.Sifat-sifat gelombang elektromagnetik, antara lain :
    - dapat dipantulkan
    - dapat dibiaskan
    - dapat dipadukan
    - dapat dibelokkan
    - dapat dipolarisasikan

    5.Gelombang tranversal adalah gelombang yang arah getarannya tegak lurus dengan arah rambat gelombang.

    6.Menurut James Clark Marwell, cepat rambat gelombang elektromagnetik sama dengan cepat rambat cahaya sebesar 3 x 10 m/s dan Marwell menyimpulkan bahwa cahaya adalah gelombang elektromagnetik.

    7.Menurut Heinrich Rudolph Hertz, gelombang elektromagnetik adalah gelombang tranversal.

    8.Menurut Albert Einstein, cahaya memiliki sifat sebagai partikel dan sebagai gelombang elektromagnetik dan Einstein menyimpulkan bahwa gelombang elektromagnetik mempunyai sifat yang sama dengan cahaya.

    9.Ada dua jenis gelombang radio, yaitu gelombang pendek dan gelombang VHF.
    Gelombang pendek adalah gelombang radio dengan panjang gelombang antara 10 sampai dengan 100 meter. Biasanya gelombang ini digunakan untuk siaran radio jarak jauh. panjang
    Gelombang VHF (Very High Frequency) adalah gelombang radio dengan panjang gelombang antara 3 sanpai dengan 6 meter dan sering digunakan untuk siaran televisi.

    10.- Gelombang milimeter
    - Sinar inframerah
    - Cahaya tampak
    - Sinar ultraviolet
    - Sinar-X
    - Sinar gama

    BalasHapus
  29. Kelompok:
    Anugerah Gilang Rizaldi IXF/12
    Lintang Febri Novanto IXF/17

    1. multimeter digunakan untuk mengukur tahanan listrik, arus listrik, dan tegangan listrik serta mengetahui kerusakan suatu alat elektronik
    2. Multimeter analog menggunakan tampilan manual dengan ciri khas jarum penunjuk ke skala tertentu sedangkan multimeter digital menggunakan tampilan angka digital.
    3. gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang mempunyai sifat tidak memerlukan medium dalam perambatanya dan mempunyai cepat rambat seperti cahaya
    4. sifat gelombang elektromagnetik adalah dapat dipantulkan, dibiaskan, dipadukan, debelokan dan dipolarisasikan.
    5. gelombang transversal adalah gelombang yang arah getaranya tegak lurus dengan arah rambatnya.
    6. Menurut maxwell, cepat rambat gelombang elektromagnetik sama dengan cepat rambat cahaya. maxwell menyimpulkan bahwa cahaya adalah gelombang elektromagnetik
    7. Hertz dalam percobaanya berhasil membuktikan bahwa gelombang elektromagnetik adalah gelombang transversal.
    8. menurut Einsten, cahaya memiliki sifat sebagai partikel dan sebagai gelombang elektromagnetik, jadi gelombang elektromagnetik memiliki sifat yang sama dengan cahaya
    9. gelombang pendek : gelombang radio dengan panjang gelombang antara 10 sampai dengan 100 meter.
    gelombang VHF : (Very High Frequecy) gelombang radio dengan panjang gelombang antar 3 sampai dengan 6 meter dan sering digunakan untuk siaran teleisis
    10.gelombang milimeter, sinar inframerah, cahaya tampak, sinar ultra violet, sinar X dan sinar gamma.

    BalasHapus
  30. Kelompok:
    Anugerah Gilang Rizaldi IXF/12
    Lintang Febri Novanto IXF/17

    1. multimeter digunakan untuk mengukur tahanan listrik, arus listrik, dan tegangan listrik serta mengetahui kerusakan suatu alat elektronik
    2. Multimeter analog menggunakan tampilan manual dengan ciri khas jarum penunjuk ke skala tertentu sedangkan multimeter digital menggunakan tampilan angka digital.
    3. gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang mempunyai sifat tidak memerlukan medium dalam perambatanya dan mempunyai cepat rambat seperti cahaya
    4. sifat gelombang elektromagnetik adalah dapat dipantulkan, dibiaskan, dipadukan, debelokan dan dipolarisasikan.
    5. gelombang transversal adalah gelombang yang arah getaranya tegak lurus dengan arah rambatnya.
    6. Menurut maxwell, cepat rambat gelombang elektromagnetik sama dengan cepat rambat cahaya. maxwell menyimpulkan bahwa cahaya adalah gelombang elektromagnetik
    7. Hertz dalam percobaanya berhasil membuktikan bahwa gelombang elektromagnetik adalah gelombang transversal.
    8. menurut Einsten, cahaya memiliki sifat sebagai partikel dan sebagai gelombang elektromagnetik, jadi gelombang elektromagnetik memiliki sifat yang sama dengan cahaya
    9. gelombang pendek : gelombang radio dengan panjang gelombang antara 10 sampai dengan 100 meter.
    gelombang VHF : (Very High Frequecy) gelombang radio dengan panjang gelombang antar 3 sampai dengan 6 meter dan sering digunakan untuk siaran teleisis
    10.gelombang milimeter, sinar inframerah, cahaya tampak, sinar ultra violet, sinar X dan sinar gamma.

    BalasHapus
  31. ANINDITA NURUL FAUZIAH (IX F – 03)
    INTAN DEWI MUTHMAINNAH (IX F – 08)

    1.Kegunaan Multimeter/ Multitester :
    a.Mengukur tahanan listrik
    b.Mengukur arus listrik
    c.Mengukur tegangan listrik
    d.Mengetahui kerusakan suatu alat elektronik

    2.Perbedaan Multimeter Analog dan Multimeter Digital
    a.Multimeter analog :
    - Menggunakan tampilan manual dengan cirri khas jarum penunjuk ke skala tertentu
    - Digunakan untuk mengukur hambatan, tegangan, dan arus
    - Harganya lebih murah
    - Tidak digunakan untuk mengukur secara detail suatu besaran nilai komponen
    - Digunakan untuk menilai baik atau jeleknya komponen
    - Untuk memeriksa sambungan suatu rangkaian

    b.Multimeter digital :
    - Menggunakan tampilan angka digital
    - Mempunyai day abaca lebih tepat jika dibandingkan dengan multimeter analog
    - Dikhususkan untuk mengukur suatu besaran nilai tertentu dari sebuah komponen
    - Ketelitian pengukuran sampai 3-6bangka di belakang koma
    - Harganya lebih mahal

    3.Gelombang elektromagnetik :
    - Gelombang yang mempunyai sifat tidak memerlukan medium dalam perambatannya dan mempunyai cepat rambat seperti halnya rambat cahaya, yaitu 3 X 108 m/s

    4.Sifat gelombang elektromagnetik :
    - Dapat dipantulkan
    - Dapat dibiaskan
    - Dapat dipadukan
    - Dapat dibelokkan
    - Dapat dipolarisasikan

    5.Gelombang transversal :
    - Gelombang yang arah getarannya tegak lurus dengan arah rambat gelombang

    6.Pendapat James Clark Maxwell (1831-1879)
    - Cepat rambat gelombang elektromagnetik sama dengan cepat rambat cahaya sebesar
    3 X 108 m/s . Menyimpulkan bahwa cahaya adalah gelombang elektromagnetik.

    7.Pendapat Heinrich Rudolph Hertz (1857-1894)
    - Membuktikan bahwa gelombang elektromagnetik adalah gelombang transversal

    8.Pendapat Albert Einstein ( 1879-1955)
    - Cahaya memiliki partikel dan sebagai gelombang elektromagnetik. Eistein menyimpulkan bahwa gelombang elektromagnetik mempunyai sifat yang sama dengan cahaya.

    9. 2 Jenis gelombang radio
    a.Gelombang pendek
    - Gelombang radio dengan panjang gelombang antara 10 sampai 100 meter. Biasanya digunakan untuk siaran radio jarak jauh.
    b. Gelombang VHF (Very High Frequency)
    - Gelombang radio dengan panjang gelombang antara 3 sampai 6 meter. Sering digunakan untuk siaran televisi

    10. Contoh gelombang elektromagnetik :
    - Gelombang millimeter
    - Sinar inframerah
    - Cahaya tampak
    - Sinar ultraviolet
    - Sinar-X
    - Sinar gama

    BalasHapus
  32. 1. Apakah kegunaan dari multimeter atau multitester itu?
    2. Apakah perbedaan antar multimeter analog dan digital?
    3. Apakah gelombang elektromagnetik itu?
    4. Sebutkan sifat dari gelombang elektromagnetik itu?
    5. Apakah gelombang transversal itu?
    6. Sebutkan pendapat dari James Clark Maxwell tentang gelombang elektromagnetik?
    7. Sebutkan pendapat dari Heinrich Rudolph Hertz tentang gelombang elektromagnetik?
    8. Sebutkan pendapat dari Albert Einstein tentang gelombang elektromagnetik?
    9. Sebutkan 2 jenis gelombang radio? Jelaskan masing-masing!
    10. Sebutkan yang termasuk gelombang elektromagnetik!
    Jawab:
    1. Multimeter adalah alat untuk mengukur tahanan listrik, arus listrik dan tegangan listrik serta mengetahui kerusakan suatu alat elektronik.
    2. a. Multimeter analog adalah multimeter yang digunakan untuk mengetahui baik atau jeleknya komponen dan memeriksa sambungan suatu rangkaian, apakah sudah tersambung dengan baik sesuai dengan rangkaian blok yang ada atau sebaliknya.
    b. Multimeter digital adalah multimeter yang dikhususkan digunakan untuk mengukur suatu besaran nilai tertentu dari sebuah komponen secara mendetail sesuai dengan besaran yang diinginkan.
    3. Gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang mempunyai sifat tidak memerlukan medium dalam perambatannya dan mempunyai cepat rambat seperti halnya rambat cahaya.
    4. Sifatnya adalah dapat dipantulkan, dibiaskan, dipadukan, dibelokkan, dan dapat juga dipolarisasikan.
    5. Gelombang transversal adalah gelombang yang arah getarannya tegak lurus dengan arah rambat gelombang.
    6. James Clark Maxwell: Cepat rambat gelombang elektromagnetik sama dengan cepat rambat cahaya sebesar 3 x 10 m/s. Ia menyimpulkan bahwa cahay adalah gelombang elektromagnetik.
    7. Heinrich Rudolph Hertz: Dalam percobaannya berhasil membuktikan bahwa gelombang elektromagnetik adalah gelombang transversal.
    8. Albert Einstein: Cahaya memiliki sifat sebagai partikel dan sebagai gelombang elektromegnetik. Ia menyimpulkan bahwa gelombang elektromagnetik mempunyai sifat yang sama dengan cahaya.
    9. a. Gelombang pendek: gelombang radio dengan panjang gelombang antara 10-100 meter digunakan untuk siaran radio jarak jauh.
    b. Gelombang VHF: gelombang radio dengan panjang gelombang antara 3-6 meter da sering digunakan unuk siaran televisi.
    10. Gelombang elektromagnetik lainnya: gelombang milimeter, sinar inframerah, cahaya tampak, sinar ultraviolet, sinar-X dan sinar gama.


    Anggota kelompok:
    1. Adila Azzah R. 04/IX F
    2. Ayu Dianita S. 05/IX F

    BalasHapus
  33. Ana A. S . (IXF/01) & Fathia M. (IX F/07)2 November 2011 21.50

    1. Kegunaan multimeter / multitester adalah untuk mengukur nilai resistor, tegangan DC, tegangan AC, Kuat arus DC pada rangkaian listrik.
    2. Perbedaan multimeter analog dan digital :
    ë Multimeter analog :
    Menungganakan tampilan manual.
    Daya baca pengukuran kurang tepat
    Harganya lebih murah
    Tidak digunakan untuk mengukur besaran nilai komponen secara detail
    ë Multimeter digital :
    Menggunakan tampilan angka digital.
    Daya baca pengukuran lebih tepat
    Harganya lebih mahal
    Digunakan untuk mengukur nilai komponen secara detail

    3. Gelombang Elektromagnetik adalah gelombang yang mempunyai sifat tidak memerlukan medium dalam perambatannya dan mempunyai cepat rambat seperti halnya rambat cahaya ( 3 × 10⁸ m/s ).
    4. Sifat gelombang elektromagnetik adalah :
    - Bersifat seperti cahaya/dapat dipantulkan, dibiaskan, dipadukan, dibelokkan, dan dipolarisasikan.
    - Sebagian gelombang elektromagnetik tidak dapat dilihat oleh mata.
    5. Gelombang transversal adalah gelombang yang arah getarannya tegak lurus dengan arah rambat gelombang.
    6. James Clark Maxwell  Menurut Maxwell, cepat rambat gelombang elektromagnetik sama dengan cepat rambat cahaya (3x10 m/s). Cahaya adalah gelombang elektromagnetik.
    7. Heinrich Rudolph Hertz  Membuktikan bahwa gelombang elektromagnetik adalah gelombang transversal.
    8. Albert Einstein  Cahaya memiliki sifat sebagai partikel dan sebagai gelombang elektromagnetik.
    9. Jenis-jenis gelombang radio :
    - Gelombang Pendek adalah gelombang radio dengan panjang gelombang antara 10 – 100 meter. Biasanya dihunakan untuk siaran radio jarak jauh.
    - Gelombang VHF adalah gelombang radio dengan panjang gelombang antara 3 – 6 meter. Sering digunakan untuk siaran televisi.
    10. Yang termasuk gelombang elektromagnetik lainnya :
    - Gelombang Milimeter
    - Sinar Inframerah
    - Cahaya tampak
    - Sinar Ultraviolet
    - Sinar-X
    - Sinar Gama

    BalasHapus
  34. Ana A. S . (IXF/01) & Fathia M. (IX F/07)2 November 2011 21.52

    1. Kegunaan multimeter / multitester adalah untuk mengukur nilai resistor, tegangan DC, tegangan AC, Kuat arus DC pada rangkaian listrik.
    2. Perbedaan multimeter analog dan digital :
    ë Multimeter analog :
    Menungganakan tampilan manual.
    Daya baca pengukuran kurang tepat
    Harganya lebih murah
    Tidak digunakan untuk mengukur besaran nilai komponen secara detail
    ë Multimeter digital :
    Menggunakan tampilan angka digital.
    Daya baca pengukuran lebih tepat
    Harganya lebih mahal
    Digunakan untuk mengukur nilai komponen secara detail

    3. Gelombang Elektromagnetik adalah gelombang yang mempunyai sifat tidak memerlukan medium dalam perambatannya dan mempunyai cepat rambat seperti halnya rambat cahaya ( 3 × 10⁸ m/s ).
    4. Sifat gelombang elektromagnetik adalah :
    - Bersifat seperti cahaya/dapat dipantulkan, dibiaskan, dipadukan, dibelokkan, dan dipolarisasikan.
    - Sebagian gelombang elektromagnetik tidak dapat dilihat oleh mata.
    5. Gelombang transversal adalah gelombang yang arah getarannya tegak lurus dengan arah rambat gelombang.
    6. James Clark Maxwell  Menurut Maxwell, cepat rambat gelombang elektromagnetik sama dengan cepat rambat cahaya (3x10 m/s). Cahaya adalah gelombang elektromagnetik.
    7. Heinrich Rudolph Hertz  Membuktikan bahwa gelombang elektromagnetik adalah gelombang transversal.
    8. Albert Einstein  Cahaya memiliki sifat sebagai partikel dan sebagai gelombang elektromagnetik.
    9. Jenis-jenis gelombang radio :
    - Gelombang Pendek adalah gelombang radio dengan panjang gelombang antara 10 – 100 meter. Biasanya dihunakan untuk siaran radio jarak jauh.
    - Gelombang VHF adalah gelombang radio dengan panjang gelombang antara 3 – 6 meter. Sering digunakan untuk siaran televisi.
    10. Yang termasuk gelombang elektromagnetik lainnya :
    - Gelombang Milimeter
    - Sinar Inframerah
    - Cahaya tampak
    - Sinar Ultraviolet
    - Sinar-X
    - Sinar Gama

    BalasHapus
  35. SHAFIRA RIZQI A.P.(09/9F)
    NADIA SARAS A.(10/9F)

    1.kegunaan multimeter:
    • Multimeter digunakan untuk mengukur tahanan listrik, arus listrik, dan tegangan listrik, serta mengetahui kerusakan suatu alat listrik.
    2 .multimeter digital :
    . Menggunakan tampilan angka digital.
    • ketelitian pengukuran,sampai3-6 angka dibelakang koma ,harga lebih mahal
    multimeter analog:
    tampilan manual dengan ciri khas jarum penunjuk ke skala tertentu sesuai dengan kebutuhan pengukuran.
    harga murah
    tidak dapat mengukur secara detail

    3. Gelombang Elektromagnetik adalah gelombang yang dapat merambat walau tidak ada medium.
    4. sifat gelombang elektromagnetik adalah sebagai berikut:
    1. Dapat merambat dalam ruang hampa.
    2. Merupakan gelombang transversal (arah getar  arah rambat), jadi dapat mengalami polarisasi.
    3. Dapat mengalami refleksi, refraksi, interferensi dan difraksi.
    4. Tidak dibelokkan dalam medan listrik maupun medan magnet.

    5. Gelombang transversal Adalah gelombang yang memiliki arah rambat tegak lurus dengan arah getarnya




    6. menurut maxwel cepat rambat gelombang elektromagnetik sama dengan cepat rambat cahaya sebesar 3 X 10 m/s. Maxwell menyimpulkan bahwa cahaya adalah gelombang elektromagnetik.
    7. Hertz dalam percobaannya berhasil membuktikan bahwa gelombang elektromagnetik adalah gelombang tranVersal.
    8. Menueut albert einstein cahaya memiliki sifat sebagai partikel dan sebagai gelombang elektromagnetik. Einstein menyimpulkan bahwa gel elektromagnetik mempunyai sifat sama dengan cahaya
    9. Jenis jenis gelombang radio
    Gelombang mikro
    Gelombang UHF
    Gelombang VHF
    Gelombang pendek
    Gelombang menengah
    Gelombang panjang

    10.gelombang milimeter, infra red, cahaya tampak, sinar ultraviolet, sinar X, dan sinar gama

    BalasHapus
  36. Nama : 1. Antonius Dimas [ 9D/14 ]
    2. Gumawang Cahyanto [ 9D /17 ]

    Jawab :
    1.Apakah kegunaan dari Multimeter/multi terter itu ?
    jawab = Multimeter digunakan untuk mengukur tahanan listrik , arus listrik , dan tegangan listrik , serta mengetahui kerusakan suatu alat elektronik.
    2.Apakah perbedaan antar multimeter analog dan digital. ?
    jawab = Multimeter Analog : Menggunakan tampilan manual dengan cirri khas jarum penunjuk ke skala tertentu sesuai dengan kebutuhan pengukuran , Haeganya lebih murah , tidak digunakan untuk mengukur secara detail suatu besaran nilai komponen .
    = Multimeter Digital : Mempunyai daya baca pengukuran lebih tepat jika disbanding dengan multimeter analog, harganya mahal.
    3.Apakah gelombang elektromagnetik itu ?
    jawab = Gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang mempunyai sifat tidak memerlukan medium dalam perambatanya dan mempunyai cepat rambat seperti halnya rambat cahaya , yaitu 3 x 108 m/s.
    4.Sebutkan sifat dari gelombang elektromagnetik itu ?
    Jawab = Dapat dipantulkan, dapat dibiaskan, dapat dipadukan, dapat dipolarisasikan, Dapat mengalami refleksi, refraksi, interferensi dan difraksi.
    5.Apakah gelombang tranversal itu ?
    Jawab = Gelombang Transversal adalah gelombang yang arah getaranya tegak lurus dengan dengan arah rambat gelombang .
    6.Sebutkan pendapat dari James Clark Maxwell mengenai gelombang elektromagnetik !
    jawab = Menurut Maxwell cepat rambat gelombang elektromagnetik sama dengan cepat rambat cahaya sebesar 3 x 10 m/s . Maxwell menyimpulkan bahwa cahaya adalah gelombang elektromagnetik.
    7.Sebutkan pendapat dari Heinrich Rudolph Herts mengenai gelombang elektromagnetik !
    Jawab = Hertz dalam percobaanya berhasil membuktikan bahwa gelombang elektromagnetik adalah gelombang transversal.
    8.Sebutkan pendapat dari Albert Einstein mengenai gelombang elektromagnetik !
    Jawab = Menurut Einstein cahaya memiliki sifat sebagai partikel dan sebagai gelombang elektromagnetik. Einstein menyimpulkanbahwa gelombang elektromagnetik mempunyai sifat yang sama dengan cahaya.
    9.Sebutkan 2 jenis gelombang radio, jelaskan masing-masing!
    Jawab = 1. Gelombang Pendek : Gelombang radio dengan panjang gelombang antara 10 sampai 100 meter.
    2. Gelombang VHF : Gelombang VHF adalah gelombang radio dengan panjang gelombang antara 3 sami dengan 6 meter dan sering digunakan untuk siaran televise.
    10. Sebutkan yang termasuk gelombang elektromagnetik. !
    Jawab = Gelombang millimeter , sinar infrared , cahaya tampak , sinar ultraviolet , sinar – X ,dan sinar gama .

    BalasHapus
  37. Ervan dan Evan2 November 2011 22.37

    1. Multimeter digunakan untuk mengukur tahanan listrik, arus listrik, dan tegangan listrik serta mengetahui kerusakan suatu alat elektronik
    Multimeter analog menggunakan tampilan manual dengan ciri khas jarus penunjuk ke skala tertentu sesuai dengan kebutuhan pengukuran dan digunakan untuk mengetuhui baik atau jeleknya komponen dan memeriksa sambungan suatu rangkaian apakah sudah tersambung dengan baik sesuai dengan rangkaian blok yang ada atau sebaliknya
    2. Multimeter digital yaitu sudah menggunakan tampilan angka digital dan mempunyai day abaca pengukuran lebih tepat jika disbanding dengan multimeter analog.
    3. Gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang memiliki sifat tidak memerlukan medium dalam perambatannya dan mempunyai cepat rambat seperti halnya rambat cahaya yaitu 3 X 〖10〗^8 m/s
    4. Gelombang elektromagnetik mempunyai sifat seperti cahaya yakni dapat dipantulkan, dibiaskan, dipaduka, dibelokkan dan dapat juga dipolarisasikan
    5. Geombang transversal adalah gelombang yang arah getarnya tegak lurus dengan arah rambat gelombang
    6. Menurut James Clark Maxwell (1831-1879) menyimpulkan bahwa cepat rambat gelombang elektromagnetik sama dengan cepat rambat cahaya sebesar 3 X 10 m/s dan menyimpulkan bahwa cahaya adalah gelombang elektromagnetik
    7. Menurut Hinrich Rudolph Hertz (1857-1894) membuktikan bahwa gelombang elektromagnetik adalah gelombang transversal
    8. Menurut Albert Einstein (1879-1955) menyimpulkan bahwa cahaya memiliki sifat sebagai partikel dan sebagai gelombang elektromagnetik. Einstein menyimpulkan bahwa gelombang elektromagnetik mempunyai sifat yang sama dengan cahaya
    9. Ada 2 jenis gelombang radio yaitu :
    - Gelombang pendek adalah gelombang radio dengan panjang gelombang antara 10-100 meter dan biasanya digunakan untuk siaran radio jarak jauh
    - Gelombang VHF (Very High Frequency) adalah gelombang radio dengan panjang gelombang antara 3-6 m dan sering digunakan untuk siaran televise
    10.Yang termasuk gelombang elektromagnetik adalah :
    -Gelombang millimeter
    -Sinar inframerah
    -Cahaya tampak
    -Sinar ultraviolet
    -Sinar X
    -Sinar gama

    ini tugas Stephanus Ervan / 16 / IXD dan Yohanes Evan P P / 22 / 1XD

    BalasHapus
  38. Bena dan Patrik2 November 2011 22.39

    Multimeter digunakan untuk mengukur tahanan listrik, arus listrik, dan tegangan listrik serta mengetahui kerusakan suatu alat elektronik
    Multimeter analog menggunakan tampilan manual dengan ciri khas jarus penunjuk ke skala tertentu sesuai dengan kebutuhan pengukuran dan digunakan untuk mengetuhui baik atau jeleknya komponen dan memeriksa sambungan suatu rangkaian apakah sudah tersambung dengan baik sesuai dengan rangkaian blok yang ada atau sebaliknya
    Multimeter digital yaitu sudah menggunakan tampilan angka digital dan mempunyai day abaca pengukuran lebih tepat jika disbanding dengan multimeter analog.
    Gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang memiliki sifat tidak memerlukan medium dalam perambatannya dan mempunyai cepat rambat seperti halnya rambat cahaya yaitu 3 X 〖10〗^8 m/s
    Gelombang elektromagnetik mempunyai sifat seperti cahaya yakni dapat dipantulkan, dibiaskan, dipaduka, dibelokkan dan dapat juga dipolarisasikan
    Geombang transversal adalah gelombang yang arah getarnya tegak lurus dengan arah rambat gelombang
    Menurut James Clark Maxwell (1831-1879) menyimpulkan bahwa cepat rambat gelombang elektromagnetik sama dengan cepat rambat cahaya sebesar 3 X 10 m/s dan menyimpulkan bahwa cahaya adalah gelombang elektromagnetik
    Menurut Hinrich Rudolph Hertz (1857-1894) membuktikan bahwa gelombang elektromagnetik adalah gelombang transversal
    Menurut Albert Einstein (1879-1955) menyimpulkan bahwa cahaya memiliki sifat sebagai partikel dan sebagai gelombang elektromagnetik. Einstein menyimpulkan bahwa gelombang elektromagnetik mempunyai sifat yang sama dengan cahaya
    Ada 2 jenis gelombang radio yaitu :
    Gelombang pendek adalah gelombang radio dengan panjang gelombang antara 10-100 meter dan biasanya digunakan untuk siaran radio jarak jauh
    Gelombang VHF (Very High Frequency) adalah gelombang radio dengan panjang gelombang antara 3-6 m dan sering digunakan untuk siaran televise
    Yang termasuk gelombang elektromagnetik adalah :
    Gelombang millimeter
    Sinar inframerah
    Cahaya tampak
    Sinar ultraviolet
    Sinar X
    Sinar gama
    bena 9d/15 dan patrick 9d/20

    BalasHapus
  39. Kezi dan Titis2 November 2011 22.44

    Elizabeth Kezi D/06/IXD
    Immaculata Titis W/07/IXD

    1. Multimeter digunakan untuk mengukur tahanan listrik, arus listrik dan tegangan listrik dan mengetahui kerusakan suatu alat elektronik.
    2. multimeter analog: menggunakan tampilan manual dgn jarum penunjukm ke skala tertentu sesuai dgn kebutuhan pengukuran.
    multimeter digital: sudah menggunaka tampilan angka digital dan mempunyai daya baca pengukuran lebih tepat jk dibanding mukltimeter analog.
    3. gelombang elektromagnetik adalah gel0mbang yg mempunyai sifat tdk memerlukan medium dlm perambatannya dan mempunyai cepat rambat seperti hlnya rambat cahaya.
    4. sifat gelombang elektromagnetik:
    a. Dapat merambat dalam ruang hampa.
    b. Merupakan gelombang transversal (arah getar = arah rambat), jadi dapat mengalami polarisasi.
    c. Dapat mengalami refleksi, refraksi, interferensi dan difraksi.
    d. Tidak dibelokkan dalam medan listrik maupun medan magnet.
    e. dapat dipantulkan, dibiaskan, dipadukan, dibelokkan, dan di polarisasikan.
    5. gelombang transversal= gelombang yg arah getarannya tegak lurus dgn arah rambat gelombang.
    6. gelombang elektromagnatIk menurut JAMES CLARK: cepat rambat gelombang elektromagnetik sama dgn cepat rambat scahaya, jadi cahaya adalah gelombang elektromagnetik,
    7. menurut HEINRICH: gelombang elektroMagnetik adalah gelombang transversal.
    8. menurut ALBERT EINSTEIN: cahaya memiliki sifat sbg partikel dan gelombang elektromagnetik, jd gel. elektromagnetik mempunyai sifat sama dgn cahaya.
    9. dua jenis gelombang radio: gelombang pendek dan gelombang VHF (very high frrequency)
    10. yang termasuk gelombang elektromagnetik: gelombang radio, gelombang mikro, gelombang milimeter, sinar inframerah, cahaya tampak, sinar ultra violet, sinar X dan sinar gama

    BalasHapus
  40. yang sudah kirim tugas sampai jam 12 45 ini adalah :
    bena patric 9d, ervan, antonius 9d, shafira 9f, anityng, anindita 9f, gilang 9f, rizaldi 9f, karisma 9e, christiara, anonym, gilang, nurma ayu, nurma sekar, aji, novia, amirta 9c, arosy. celin, tyas, vania, vebrina

    BalasHapus
  41. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  42. Nama : Agatha Feviari K D (9 D / 02)
    Meliana Candra P ( 9 D / 09)

    1. Multimeter digunakan untuk mengukur tahanan listrik, arus listrik , dan tegangan listrik , serta mengetahui kerusakan suatu alat elektronik

    2. - Multimeter analog : menggunakan tampilan manual dengan ciri khas jarum penunjuk ke skala tertentu sesuai dengan kebutuhan pengukuran
    - Multimeter digital : sudah menggunakan tampilan angka digital

    3. Gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang mempunyai sifat tidak memerlukan medium dalam perambatannya dan mempunyai cepat rambat seperti halnya rambat cahaya, yaitu 3 x 108 m/s

    4. Gelombang elektromagnetik mempunyai sifat seperti cahaya yakni dapat dipantulkan , dibiaskan, dipadukan, dibelokkan, dan dapat juga dipolarisasikan

    5. Gelombang transversal adalah gelombang yang arah getarannya tegak lurus dengan arah rambat gelombang

    6. Menurut James Clark : cepat rambat gelombang elektromagnetik sama dengan cepat rambat cahaya sebesar 3 x 10 m/s. Maxwell menyimpulkan bahwa cahaya adalah
    gelombang elektromagnetik

    7. Heinrich dalam percobaan membuktikan bahwa gelombang elektromagnetik adalah gelombang transversal

    8. Menurut Albert E, cahaya memiliki sifat sebagai partikel dan sebagai gelombang elektromagnetik . Einsten menyimpulkan bahwa gelombang elektromagnetik mempunyai sifat yang sama dengan cahaya.

    9. Gelombang radio :
    1. Gelombang pendek
    2. Gelombang VHF

    10. Gelombang elektromagnetik : gelombang milimeter, sinar inframerah , cahaya tampak, sinar ultraviolet, sinar X, dan sinar gama.

    BalasHapus
  43. Afifah Nur Diana P. (IX D/01)
    Anggita Rahmawati I. (IX D/04)

    1. Multimeter digunakan untuk mengukur tahanan listrik, arus listrik dan tegangan listrik dan mengetahui kerusakan suatu alat elektronik.

    2. multimeter analog: menggunakan tampilan manual dgn jarum penunjukm ke skala tertentu sesuai dgn kebutuhan pengukuran. kelebihannya adalah harganya lebih murah dibanding dengan multimeter digital
    multimeter digital: sudah menggunaka tampilan angka digital dan mempunyai daya baca pengukuran lebih tepat jk dibanding mukltimeter analog. kelemahannya adalah harganya lebih mahal dibandingkan dengan multimeter analog.

    3. gelombang elektromagnetik adalah gelombang yg mempunyai sifat tdk memerlukan medium dlm perambatannya dan mempunyai cepat rambat seperti hlnya rambat cahaya.

    4. sifat gelombang elektromagnetik adalah dapat dipantulkan, dibiaskan, dipadukan, dibelokkan, dan di polarisasikan.

    5. gelombang transversal adalah gelombang yang arah getarannya tegak lurus dgn arah rambat gelombang.

    6. gelombang elektromagnatik menurut JAMES CLARK adalah cepat rambat gelombang elektromagnetik sama dengan cepat rambat scahaya, jadi cahaya adalah gelombang elektromagnetik,

    7. menurut HEINRICH: gelombang elektromagnetik adalah gelombang transversal.

    8. menurut ALBERT EINSTEIN: cahaya memiliki sifat sebagai partikel dan gelombang elektromagnetik, jadi gelombang elektromagnetik mempunyai sifat sama dgn cahaya.

    9. dua jenis gelombang radio: gelombang pendek dan gelombang VHF (very high frrequency)

    10. yang termasuk gelombang elektromagnetik adalah gelombang radio, gelombang mikro, gelombang milimeter, sinar inframerah, cahaya tampak, sinar ultra violet, sinar X dan sinar gama

    BalasHapus
  44. ARDANES Dan AYU DEVY (01/03)

    1. multi meter digunakan untuk mengukur tahanan listrik, arus listrik, dan tegangan litrik serta mengetahui kerusakan suatu alat elektronik.

    2. perbedaan
    Multimeter analog : multimeter ini masih menggunakan jarum sehingga untuk mengukur kurang detail
    Multimeter digital : multimeter ini lebih detail dibanding multimeter analog tetapi harga multimeter digital lebih mahal.

    3. gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang mempunyai sifat tidak memerlukan medium dalam perambatannya dan mempunyai cepat rambat seperti halnya rambat cahaya

    4. sifat gelombang elektromagnetik adalah sifat seperti cahaya yakni dapat dipantulkan, dibiaskan, dipadukan, dibelokkan, dan dapat juga dipolarisasikan.

    5.gelombang transversal adalah gelombang yang arah getarannya tegak lurus dengan arah rambat gelombang.

    6. menurut James Clark Maxwell gelombang elektromagnetik adalah sama dengan cahaya karena memiliki cepat rambat yang sama.

    7 menurut Heinrich Rudolph Hertz gelombang elektromagnetik adalah gelombang transversal.

    8. menurut Albert Einstein gelombang elektromagnetik mempunyai sifat yang sama denganb cahaya.

    9.
    a. gelombang pendek : gelombang radio dengan panjang gelombang antara 10 sampai dengan 100 meter.
    b. gelombang VHF : adalah gelombang radio dengan panjang gelombang antara 3 sampai dengan 6 meteryang sering digunakan untuk siaran televisi.

    10. Gelombang elektromagnetik lainnya : gelombang milimeter, sinar inframerah, cahaya tampak, sinar ultra violet, sinar X , dan sinar gama.

    BalasHapus
  45. oleh :
    1. intan pratiwi (IXG-06)
    2. yulia indah p. (IXG-12)


    1. Kegunaan multimeter adalah mengukur besaran-besaran listrik, mencari dan menemukan gangguan yang terjadi pada alat-alat elektronika.

    2. Multimeter analog = tampilan manual, harga lebih murah, tidak digunakan untuk mengukur skala secara detail, digunakan untuk mengetahui baik atau jeleknya komponen, dan memeriksa sambungan suatu rangkaian

    Multimeter digital = tampilan sudah menggunakan angka digital, harga mahal, dapat mengukur sklala lebih cepat dari analog, mengukur skala secara mendetail, memiliki ketelitian samapa 3-6 angka dibelakang koma.

    3.Gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang mempunyai sifat tidak memerlukan medium dalam perambatannya dan mempunyai cepat rambat 3 x 108 m/s.

    4.Sifat Gelombang elektromagnetik adalah cahaya dapat dipantulkan, dibiaskan, dipadukan, dibelokkan, dan dipolarisasikan.

    5.Gelombang transversal adalah gelombang yang tegak lurus dengan arah rambatnya.

    6.Pendapat dari James Clark Maxwell : cepat rambat gelombang elektromagnetik sama dengan cepat rambat cahaya sebesar 3 x 10 m/s

    7.Pendapat dari Heinrich Rudolph Hertz : gelombang elektromagnetik adalah gelombang transversal.

    8.Pendapat dari Albert Einstein : gelombang elektromagnetik mempunyai sifat yang sama dengan cahaya.

    9.Jenis gelombang radio :
    a.Gelombang pendek : gelombang radio dengan panjang gelombang antara 10-100 meter.
    b.Gelombang VHF : gelombang radio dengan panjang gelombang antara 3-6 meter.

    10.Gelombang elektromagnetik :
    a.Gelombang millimeter
    b.Sinar inframerah
    c.Cahaya tampak
    d.Sinar ultraviolet
    e.Sinar x
    f.Sinar gama

    BalasHapus
  46. 1. Multimeter/Multitester berfungsi untuk :
    - mengukur tahanan listrik
    - mengukur arus listrik
    - mengukur tegangan listrik
    - mengetahui kerusakan suatu alat elektronika
    2. Multimeter analog menggunakan tampilan manual dengan ciri khas jarum penunjuk ke skala tertentu sesuai dengan kebutuhan pengukuran
    Multimeter digital menggunakan tampilan angka digital
    3. Gelombang elektromagnetik adlh gelombang yang :
    - mempunyai sifat tidak memerlukan medium dalam perambatannya dan
    - mempunyai cepat rambat layaknya rambat cahaya
    4. Gelombang elektromagnetik bersifat :
    - tidak memerlukan medium dalam perambatannya
    - seperti cahaya, dapat dipantulkan, dibiaskan, dipadukan, dibelokkan, dipolarisasikan
    5. Gelombang transversal adlh gelombang yang arah getarannya tegak lurus dengan arah rambat gelombang
    6. Pendapat dari James Clark Maxwell yaitu :
    "cepat rambat gelombang elektromagnetik sama dengan cepat rambat cahaya, yaitu sebesar 3x10^8 m/s"
    7. Pendapat dari Heinrich Rudolph Hertz yaitu menyimpulkan bahwa gelombang elektromagnetik adalah gelombang transversal.
    8. Pendapat dari Albert Einstein yaitu :
    "cahaya memiliki sifat sebagai partikel dan sebagai gelombang elektromagnetik"
    9. Gelombang radio :
    - Gelombang Pendek adlh gelombang radio dengan panjang gelombang antara 10 - 100 meter.
    - Gelombang VHF (Very High Frequency) adlh gelombang radio dengan panjang gelombang 3 - 6 meter.
    10. Yang termasuk gelombang elektromagnetik yaitu :
    - Gelombang milimeter
    - Sinar inframerah
    - Cahaya tampak
    - Sinar ultraviolet
    - Sinar-X
    - Sinar Gamma
    __________________________________________________________
    Oleh :
    - Abiliansyah F. P (IX G / 13)
    - M. Rosidi (IX G / 20)

    BalasHapus
  47. 1. multimeter berguna untuk mengukur hambatan (ohm), tegangan (volt) dan arus (ampere).
    2. multimeter analog : - hanya digunakan untuk mengetahui baik atau jeleknya komponen dan memeriksa sambungan suatu rangkaian, apakah sudah tersambung dengan baik sesuai dengan rangkaian blok yang ada atau sebaliknya.
    - tidak dipergunakan untuk mengukur secara detail
    multimeter digital: - dikhususkan untuk mengukur suatu besaran nilai tertentu dari sebuah komponen secara mendetail sesuai dengan besaran yang diinginkan.
    - menggunakan tampilan digital sehingga pengukurannya teliti.
    3. gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang tidak membutuhkan medium untuk merambat dan mempunyai cepat rambat 3 x 100.000.000 m/s
    4. dapat dipantulkan, dibiaskan, dipadukan, dibelokan dan dapat juga dipolarisasikan
    5. gelombang tranversal adalah gelombang yang arah getaranya tegak lurus dengan arah rambat gelombangnya
    6. menurut max well, cepat rambat gelombang elektromagnetik sama dengan cepat rambat cahaya sebesar 3 x 100.000.000 m/s. max well menyimpulkan bahwa gelombanga cahaya adalah gelombang elektromagnetik
    7. Heinrich Rudolph Herts membuktikan bahwa gelombang elektromagnetik adalah gelombang tranversal
    8. menurut Albert Einstein cahaya memiliki sifat sebagai partikel dan sebagai gelombang elektromagnetik. einstein menyimpulkan bahwa gelombang elektromagnetik mempunyai sifat yang sama dengan cahaya.
    9. - gelombang pendek : gelombang yang memiliki panjang gelombang 10 - 100 m. penggunannya dalam siaran radio AM dan komunikasi radio.
    - gelombang VHF : gelombang radio dengan panjang gelombang 3 - 6 m. sering digunakan untuk siaran televisi.
    10. gelombang milimeter, sinar inframerah, cahaya tampak, sinar ultraviolet, sinar-X, dan sinar gama.

    asadullah sulthoni hakim (15/IX-G)
    p. perdana adi yudha P. (22/IX-G)

    BalasHapus
  48. 1. untuk mengukur tahanan listrik, arus listrik, dan tegangan listrik, serta mengetahui kerusakan suatu alat elektronik.
    2.multimeter analog : menggunakan tampilan manual dengan ciri khas jarum penunjuk ke skala tertentu sesuai dengan kebutuhan pengukuran. multimeter digital : menggunakan tampilan angka digital
    3. gelombang yang mempunyai sifat tidak memerlukan medium, dalam perambatannya dan mempunyai cepat rambat seperti halnya cahaya.
    4.dapat dipantulkan, dibiaskan, dipadukan, dibelokkan, dan dapat juga di polarisasikan.
    5.Gelombang yang arah getarannya tegak lurus dengan arah rambat gelombang
    6.Menurut Maxwell, cepat rambat gelombang elektromagnetik sama dengan cepat rambat cahaya sebesar 3 x 10 m/s. Maxwell menyimpulkan bahwa cahaya adalah gelombang elektromagnetik.
    7.Hertz dalam percobaan berhasil membuktikan bahwa gelombang elektromagnetik adalah gelombang transversal
    8.Menurut Einstein, cahaya memiliki sifat sebagai patikel dan sebagai gelombang elektromagnetik. Einstein menyimpulkan bahwa gelombang elektromagnetik mempunyai sifat yang sama dengan cahaya.
    9.- gelombang pendek : gelombang radio dengan panjang gelombang antara 10-100m, untuk siaran radio jarak jauh. -gelombang VHF : gelombang radio dengan panjang gelombang antara 3-6m sering digunakan untuk siaran televisi.
    10.gelombang milimeter, sinar inframerah, cahaya tampak, sinar ultraviolet, sinar-X dan sinar gama
    lili kurnia F 08/9g dan dhani anindya K 04/9g

    BalasHapus
  49. kelompok :
    Arina Nufika (IX G / 02)
    Dian Sari K (IX G / 05)


    1.Mengukur tahanan listrik,arus listrik,dan tegangan listrik, serta mengetahui kerusakan suatu alat elektronik.

    2.-Multimeter analog : menggunakan tampilan manual dengan cirri khas jarum penunjuk ke skala tertentu sesuai dengan kebutuhan pengukuran. Dapat digunakan untuk mengukur hambatan, tegangan, dan arus.
    -Multimeter digital : menggunakan tampilan angka digital. Multimeter digital mempunyai daya baca pengukuran lebih tepat jika dibanding dengan multimeter analog.

    3.Gelombang elektromagnetik : gelombang yang mempunyai sifat tidak memerlukan medium dalam perambatannya dan mempunyai cepat rambat seperti halnya cahaya 3 x 108 m/s.

    4.Sifat gelombang elektromagnetik : dapat dipantulkan, dibiaskan, dipadukan, dibelokkan, dan dapat juga dipolarisasikan.

    5.Gelombang transversal : gelombang yang arah getarnya tegak lurus dengan arah rambat gelombang.

    6.Pendapat dari James Clark Maxwell mengenai gelombang elektromagnetik :
    Cepat rambat gelombang elektromagnetik sama dengan cepat rambat cahaya sebesar 3 x 108 m/s. Maxwell menyimpulkan bahwa cahaya adalah gelombang elektromagnetik.

    7.Pendapat dari Heinrich Rudolph Herts mengenai gelombang elektromagnetik:
    Hertz dalam percobaannya berhasil membuktikan bahwa gelombang elektromagnetik adalah gelombang transversal.

    8.Pendapat dari Albert Einstein mengenai gelombang elektromagnetik :
    Cahaya memiliki sifat sebagai partikel dan sebagai gelombang elektromagnetik. Einstein menyimpulkan bahwa gelombang elektromagnetik mempunyai sifat yang sama dengan cahaya.

    9.2 jenis gelombang radio :
    -Gelombang VHF (Very High Frekuensi) : gelombang radio dengan panjang gelombang 3 sampai 6 meter dan sering digunakan untuk siaran televisi.
    -Gelombang pendek : gelombang radio dengan panjang gelombang antara 10 – 100 meter.

    10.Yang termasuk gelombang elektromagnetik : gelombang millimeter, sinar inframerah, cahaya tampak, sinar ultraviolet, sinar-X, dan sinar gama.

    BalasHapus
  50. Nama : Afit Aditya Atmoko (14/9G)
    Muhammad Taqwauddin Mahfud (21/9G)

    1.Multimeter digunakan untuk mengukur tegangan listrik, arus listrik, dan hambatan listrik.
    2.Perbedaan multimeter analog dan digital adalah:
    Multimeter analog :
    Menggunakan tampilan manual dengan ciri khas jarum penunjuk, harganya lebih murah, tidak digunakan untuk mengukur secara detail suatu besaran nilai komponen.
    Multimeter digital:
    Menggunakan tampilan angka digital, digunakan untuk mengukur secara detail suatu besaran nilai tertentu, dan harganya lebih mahal, selain itu mempunyai daya baca pengukuran lebih tepat.

    3.Gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang mempunyai sifat tidak memerlukan medium dalam perambatannya dan mempunyai cepat rambat seperti cahaya (3x108 m/s )
    4. Sifat gelombang elektromagnetik
    Dapat dipantulkan
    Dapat dibiaskan
    Dapat dipadukan
    Dapat dibelokkan
    Dapat dipolarisasikan
    5. Gelombang transversal adalah gelombang yang arah getarannya tegak lurus terhadap arah merambat gelombang.
    6. Pendapat James Clark Maxwell tentang gelombang elektromagnetik adalah cepat rambat gelombang elektromagnetik sama dengan cepat rambat cahaya cahaya, yaitu 3x108 m/s. ia menyimpulkan bahwa cahaya adalah gelombang elektromagnetik
    7. Pendapat Heinrich Rudolph Hertz tentang gelombang elektromagnetik adalah gelombang elektromagnetik adalah gelombang transversal.
    8. Pendapat Albert Einstein tentang gelombang elektromagnetik adalah cahaya memiliki sifat sebagai partikel dan sebagai gelombang elektromagnetik . ia menyimpulkan gelombang elektromagnetik mempunyai sifat yang sama dengan cahaya.
    9.Jenis gelombang radio:
    -Gelombang pendek
    Gelombang radio dengan panjang gelombang antara 10-100 meter.
    -Gelombang VHF (very high frequency)
    Gelombang radio dengan panjang gelombang antara 3-6 meter, sering digunakan untuk siaran televisi.
    10. Yang termasuk gelombang elektromagnetik:
    Gelombang milimeter
    Sinar infrared
    Cahaya tampak
    Sinar ultraviolet
    Sinar-X
    Sinar gama

    BalasHapus
  51. Ratri Atha A.H. (11/IXG)

    1) Multimeter digunakan untuk mengukur tahanan listrik, arus listrik, dan tegangan listrik, serta mengetahui kerusakan suatu alat elektronik.

    2) Multimeter analog menggunakan tampilan manual dengan ciri khas jarum penunjuk ke skala tertentu sesuai dengan kebutuhan pengukuran, sedangkan multimeter digital sudah menggunakan tampilan angka digital dan pengukurannya lebih tepat.

    3) Gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang mempunyai sifat tidak memerlukan medium dalam perambatannya dan mempunyai cepat lambat seperti halnya rambat cahaya.

    4) Gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang mempunyai sifat seperti cahaya yakni dapat dipantulkan, dibiaskan, di padukan, di belokkan, dan dapat juga di polarisasikan.

    5) Gelombang transversal adalah gelombang yang arah getarannya tegak lurus dengan arah rambat gelombang.

    6) Menurut James Clark Maxwell, cepat rambat gelombang elektromagnetik sama dengan cepat rambat cahaya sebesar 3x10 m/s. Maxwell menyimpulkan bahwa cahaya adalah gelombang elektromagnetik.

    7) Menurut Heinrich Rudolph Hertz dalam percobaannya berhasil membuktikan bahwa gelombang elektromagnetik adalah gelombang transversal.

    8) Menurut Einstein, cahaya memiliki sifat sebagai partikel dan sebagai gelombang elektromagnetik. Einstein menyimpulkan bahwa gelombang elektromagnetik mempunyai sifat yang sama dengan cahaya.

    9) – Gelombang pendek adalah gelombang radio dengan panjang gelombang antara 10-100m
    - Gelombang VHF (Very High Frequency) adalah gelombang radio dengan panjang gelombang 3-6 m dan sering digunakan untuk siaran televisi.

    10) Yang termasuk gelombang elektromagnetik antara lain : gelombang millimeter,sinar inframerah, cahaya tampak,sinar X, dan sinar gama.

    BalasHapus
  52. 1 Multimeter adalah alat ukur yang dipakai untuk mengukur tegangan listrik, arus listrik, dan tahanan (resistansi).multimeter juga disebutan AVO meter, mungkin maksudnya A (ampere), V(volt), dan O(ohm).
    2 Multimeter analog lebih banyak dipakai untuk kegunaan sehari-hari, Kelebihannya adalah mudah dalam pembacaannya dengan tampilan yang lebih simple. Sedangkan kekurangannya adalah akurasinya rendah, jadi untuk pengukuran yang memerlukan ketelitian tinggi sebaiknya menggunakan multimeter digital.
    Multimeter digital memiliki akurasi yang tinggi, dan kegunaan yang lebih banyak jika dibandingkan dengan multimeter analog. Yaitu memiliki tambahan-tambahan satuan yang lebih teliti, dan juga opsi pengukuran yang lebih banyak, tidak terbatas pada ampere, volt, dan ohm saja. Multimeter digital biasanya dipakai pada penelitian atau kerja-kerja mengukur yang memerlukan kecermatan tinggi, tetapi sekarang ini banyak juga bengkel-bengkel komputer dan service center yang memakai multimeter digital. Kekurangannya adalah susah untuk memonitor tegangan yang tidak stabil.
    3 Gelombang Elektromagnetik adalah gelombang yang dapat merambat walau tidak ada medium. Energi elektromagnetik merambat dalam gelombang dengan beberapa karakter yang bisa diukur, yaitu: panjang gelombang/wavelength, frekuensi, amplitude/amplitude, kecepatan
    4 1. Perubahan medan listrik dan medan magnetik terjadi pada saat yang bersamaan, sehingga kedua medan memiliki harga maksimum dan minimum pada saat yang sama dan pada tempat yang sama.
    2. Arah medan listrik dan medan magnetik saling tegak lurus dan keduanya tegak lurus terhadap arah rambat gelombang.
    3. Dari ciri no 2 diperoleh bahwa gelombang elektromagnetik merupakan gelombang transversal.
    4. Seperti halnya gelombang pada umumnya, gelombang elektromagnetik mengalami peristiwa pemantulan, pembiasan, interferensi, dan difraksi. Juga mengalami peristiwa polarisasi karena termasuk gelombang transversal.
    5. Cepat rambat gelombang elektromagnetik hanya bergantung pada sifat-sifat listrik dan magnetik medium yang ditempuhnya.

    5 Gelombang transversal adalah gelombang yang arah gangguannya (arah getarannya) tegak lurus terhadap arah merambat gelombang
    6 Dari pendapat Maxwell ini dapat diperlihatkan betapa pergoyangan bolak-balik bidang elektromagnetik secara periodik adalah sesuatu hal yang bisa terjadi. Gerak bolak-balik seperti pendulum ini disebut gelombang elektromagnetik, yang bilamana sekali digerakkan akan menyebar terus hingga angkasa luar. Dari pendapat-pendapat ini mampu menunjukkan bahwa kecepatan gelombang elektromagnetik itu mencapai sekitar 300.000 kilometer (186.000 mil) per detik.
    7 Hertz menyatakan banyaknya gelombang dalam waktu satu detik (1 Hertz = 1 gelombang per detik). Unit ini dapat digunakan untuk mengukur gelombang apa saja yang periodik.
    8 Einstein bahwa cahaya mempunyai sifat dual (dualismecahaya) yaitu cahaya dapat bersifat sebagai gelombang untuk menjelaskan peristiwa interferensi dan difraksi tetapi di lain pihak cahaya dapat berupamateri tak bermassa yang berisikan paket-paket energi yang disebut kuanta atau fotonsehingga dapat menjelaskan peristiwa efek fotolistrik
    9
    AM (amplitude modulation)
    Modulasi amplitudo adalah proses memodulasi isyarat frekuensi rendah pada gelombang frekuensi tinggi dengan mengubah-ubah amplitudo gelombang frekuensi tinggi tanpa mengubah frekuensinya
    FM (frequency Modulation)
    Modulasi frekuensi adalah suatu metode untuk mengirimkan isyarat frekuensi rendah dengan cara memodulasi frekuensi gelombang pembawa berfrekuensi tinggi. Kecepatan sudut pembawa (ω) dibuat berubah-ubah dengan amplitudo isyarat pemodulasi.
    10. gelombang radio 1 mm-10.000 km infra merah 0,001-1 mm cahaya tampak 400-720 nm ultra violet 10-400nm sinar X 0,01-10 nm sinar gamma 0,0001-0,1 nm

    BalasHapus
  53. Irani Syafitri S (04/IXC) & Olivia Chandra D (08/IXC)3 November 2011 02.59

    1. Untuk mengukur tahanan listrik, arus listrik, dan tegangan listrik . serta mengetahui kerusakan suatu alat elektronik.
    2. Perbedaan antara multimeter analog dan multimeter digital adalah berbeda dalam segi tampilannya. Analog menggunakan tampilan manual dengan ciri-ciri khas jarum penunjuk ke sekala tertentu.Digital dengan menggunakan tampilan digital, dan daya baca lebih akurat.
    3. Gelombang yang mempunyai sifat tidak memerlukan medium dalam perambatannya.
    4. Dapat di pantulkan , dibiaskan, dipadukan, dibelokkan, dan dapat juga di polarisasikan.
    5. Gelombang yang arah getarannya tegak lurus dengan arah rambat gelombang.
    6. Menurut Maxwell cepat rambat gelombang eletromagnetik sama dengan cepat rambat cahaya sebesar 3 x 10 m/s. Maxwell menyimpulkan bahwa cahaya adalah gelombang elektromagnetik.
    7. Hertz dalam percobaannya berhasil membuktikan bahwa gelombang elektromagnetik adalah gelombang transversal.
    8. Menurut Einstein cahaya memiliki sifat sebagai partikel dan sebagai gelombang elektromagnetik, Einstein menyimpulkan bahwa gelombang elektromagnetik mempunyai sifat yang sama dengan cahaya.
    9. -Gelombang pendek : gelombang radio dengan panjang gelombang antara 10-100 meter
    -Gelombang VHF (Very High Frequency) : gelombang radio dengan panjang gelombang antara 3-6 meter.
    10. Gelombang milimeter sinar, infra merah, cahaya tampak, sinar ultraviolet, sinar-X, dan sinar Gama.

    BalasHapus
  54. Ahda Addina A. (03/IX D)
    Mutiara Jasmine O (10/IX D)

    1.) Kegunaan multimeter adalah untuk mengukur tahanan listrik,arus listrik dan tegangan listrik serta mengetahui kerusakan suatu alat elektronik.
    2.) Multimeter analog : menggunakan tampilan natural
    Multimeter digital : menggunakan tampilan angka digital.
    3. )Gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang mempunyai sifat tidak memerlukan medium dalam perambatannya dan mempunyai cepat rambat seperti halnya rambat cahaya, yaitu 3 x〖10〗^8 m/s
    4.) Sifat gelombang elektromagnetik :
    - dapat dipantulkan
    -dapat dibiaskan
    -dapat dipadukan
    -dapat dibelokkan
    -dapat dipolarisasikan
    5.) Gelombang transversal adalah gelombang yang arah getarannya tegak lurus dengan arah rambat gelombang.
    6.) Menurut James clark Maxwell : cepat rambat gelombang elektromagnetik sama dengan cepat rambat cahaya sebesar 3 x 10 m/s. Cahaya adalah gelombang elektromagnetik.
    7.) Menurut Heinrich Rudolph Hertz : gelombang elektromagnetik adalah gelombang transversal.
    8. )Menurut Albert Einstein : cahaya memiliki sifat sebagai partikel dan sebagai gelombang elektromagnetik . Gelombang elektromagnetik mempunyai sifat yang sama dengan cahaya.
    9.) 2 jenis gelombang radio :
    - gelombang pendek
    -gelombang VHF
    10. ) Yang termasuk gelombang elektromagnetik ada antara lain radio dan televisi.

    BalasHapus
  55. Loka Vega A 17/IX C
    Fachrulrozi Ade K. 12/IX C
    1. Untuk mengukur tahanan listrik, arus listrik, dan tegangan listrik . serta mengetahui kerusakan suatu alat elektronik.
    2. Perbedaan antara multimeter analog dan multimeter digital adalah berbeda dalam segi tampilannya. Analog menggunakan tampilan manual dengan ciri-ciri khas jarum penunjuk ke sekala tertentu.Digital dengan menggunakan tampilan digital, dan daya baca lebih akurat.
    3. Gelombang yang mempunyai sifat tidak memerlukan medium dalam perambatannya.
    4. Dapat di pantulkan , dibiaskan, dipadukan, dibelokkan, dan dapat juga di polarisasikan.
    5. Gelombang yang arah getarannya tegak lurus dengan arah rambat gelombang.
    6. Menurut Maxwell cepat rambat gelombang eletromagnetik sama dengan cepat rambat cahaya sebesar 3 x 10 m/s. Maxwell menyimpulkan bahwa cahaya adalah gelombang elektromagnetik.
    7. Hertz dalam percobaannya berhasil membuktikan bahwa gelombang elektromagnetik adalah gelombang transversal.
    8. Menurut Einstein cahaya memiliki sifat sebagai partikel dan sebagai gelombang elektromagnetik, Einstein menyimpulkan bahwa gelombang elektromagnetik mempunyai sifat yang sama dengan cahaya.
    9. -Gelombang pendek : gelombang radio dengan panjang gelombang antara 10-100 meter
    -Gelombang VHF (Very High Frequency) : gelombang radio dengan panjang gelombang antara 3-6 meter.
    10. Gelombang milimeter sinar, infra merah, cahaya tampak, sinar ultraviolet, sinar-X, dan sinar Gama.

    BalasHapus
  56. nama:Wahyu Gilang A.
    no:14
    kelas:IX c

    1. Untuk mengukur tahanan listrik, arus listrik, dan tegangan listrik . serta mengetahui kerusakan suatu alat elektronik.
    2. Perbedaan antara multimeter analog dan multimeter digital adalah berbeda dalam segi tampilannya. Analog menggunakan tampilan manual dengan ciri-ciri khas jarum penunjuk ke sekala tertentu.Digital dengan menggunakan tampilan digital, dan daya baca lebih akurat.
    3. Gelombang yang mempunyai sifat tidak memerlukan medium dalam perambatannya.
    4. Dapat di pantulkan , dibiaskan, dipadukan, dibelokkan, dan dapat juga di polarisasikan.
    5. Gelombang yang arah getarannya tegak lurus dengan arah rambat gelombang.
    6. Menurut Maxwell cepat rambat gelombang eletromagnetik sama dengan cepat rambat cahaya sebesar 3 x 10 m/s. Maxwell menyimpulkan bahwa cahaya adalah gelombang elektromagnetik.
    7. Hertz dalam percobaannya berhasil membuktikan bahwa gelombang elektromagnetik adalah gelombang transversal.
    8. Menurut Einstein cahaya memiliki sifat sebagai partikel dan sebagai gelombang elektromagnetik, Einstein menyimpulkan bahwa gelombang elektromagnetik mempunyai sifat yang sama dengan cahaya.
    9. -Gelombang pendek : gelombang radio dengan panjang gelombang antara 10-100 meter
    -Gelombang VHF (Very High Frequency) : gelombang radio dengan panjang gelombang antara 3-6 meter.
    10. Gelombang milimeter sinar, infra merah, cahaya tampak, sinar ultraviolet, sinar-X, dan sinar Gama.

    BalasHapus
  57. nama:Wahyu Gilang A.
    no:14
    kelas:IX c

    1. Untuk mengukur tahanan listrik, arus listrik, dan tegangan listrik . serta mengetahui kerusakan suatu alat elektronik.
    2. Perbedaan antara multimeter analog dan multimeter digital adalah berbeda dalam segi tampilannya. Analog menggunakan tampilan manual dengan ciri-ciri khas jarum penunjuk ke sekala tertentu.Digital dengan menggunakan tampilan digital, dan daya baca lebih akurat.
    3. Gelombang yang mempunyai sifat tidak memerlukan medium dalam perambatannya.
    4. Dapat di pantulkan , dibiaskan, dipadukan, dibelokkan, dan dapat juga di polarisasikan.
    5. Gelombang yang arah getarannya tegak lurus dengan arah rambat gelombang.
    6. Menurut Maxwell cepat rambat gelombang eletromagnetik sama dengan cepat rambat cahaya sebesar 3 x 10 m/s. Maxwell menyimpulkan bahwa cahaya adalah gelombang elektromagnetik.
    7. Hertz dalam percobaannya berhasil membuktikan bahwa gelombang elektromagnetik adalah gelombang transversal.
    8. Menurut Einstein cahaya memiliki sifat sebagai partikel dan sebagai gelombang elektromagnetik, Einstein menyimpulkan bahwa gelombang elektromagnetik mempunyai sifat yang sama dengan cahaya.
    9. -Gelombang pendek : gelombang radio dengan panjang gelombang antara 10-100 meter
    -Gelombang VHF (Very High Frequency) : gelombang radio dengan panjang gelombang antara 3-6 meter.
    10. Gelombang milimeter sinar, infra merah, cahaya tampak, sinar ultraviolet, sinar-X, dan sinar Gama.

    BalasHapus
  58. Gregorius Galih Fajar Daniswara(IX A/25)
    Noel Kurnia Lahardo(IX A/29)

    1.Mengukur tahanan listrik,arus listrik,tegangan listrik dan mengetahui kerusakan suatu alat elektronik.

    2.Multimeter analog menggunakan tampilan manual dengan jarum penunjuk pada skala tertentu,sementara multimeter digital menggunakan tampilan angka digital.

    3.Gelombang yang dapat merambat tanpa perantara.

    4.Dapat dipantulkan,dibiaskan,dipadukan,dibelokkan,dan dipolarisasikan.

    5.Gelombang yang arah getarannya tegak lurus dengan arah rambatan gelombang.

    6.Cepat rambat gelombang elektromagnetik =cepat rambat cahaya yaitu sebesar 3x10m/s.Dan maxwell menyimpulkan bahwa cahaya adalah gelombang elektromagnetik.

    7.Gelombang elektromagnetik adalah gelombang transversal.

    8.Cahaya memiliki sifat seperti partikel dan gelombang elektromagnetik.Dan Einstein menyimpulkan bahwa gelombang elektromagnetik mempunyai sifat yang sama dengan cahaya.

    9.-Gelombang pendek:gelombang yang panjang gelombangnya 10-100m,digunakan untuk siaran radio AM dan komunikasi radio
    -Gelombang VHF:gelombang yang panjangnya 1-10m,digunakan untuk siaran radio FM.

    10.Cahaya,gelombang milimiter,infrared,gelombang radio,gelombang mikro,sinar gama,sinar ultraviolet,sinar-X.

    BalasHapus
  59. Tugas elektro :

    Dian amru F.I. 14/9F
    Nanda Agung P 20/9F


    1.Multimeter digunakan untuk mengukur tahanan listrik, arus listrik, dan tegangan listrik, serta mengetahui kerusakan suatu alat elektronik

    2.Perbedaan multimeter analog dengan multimeter digital :
    multimeter digital sudah menggunakan tampilan angka digital,multimeter analog masih menggunakan jarum penunjuk.
    Multimeter digital harganya mahal, multimeter analog harganya lebih murah

    3.Gelombang elektromagnetik : Gelombang yg mempunyai sifat tidak memerlukan medium dalam perambatannya dan mempunyai sifat cepat rambat seperti halnya rambat cahaya yaitu 3 x 10 (pangkat8) m/s

    4.Sifat gelombang elektromagnetik : dapat dipantulkan, dibiaskan, dipadukan, dibelokkan, dan dapat dipolarasikan.

    5.Gelombang transversal : Gelombang yang arah getarannya tegak lurus dengan arah rambat gelombang.

    6.Menurut Maxwell cepat rambat gelombang elektromagnetik sama dengan cepat rambat cahayasebesar 3 x 10(pangkat8) m/s.Maxwell menyimpulkan bahwa cahaya adalah gelombang elektromagnetik.

    7.Menurut Heinrich Rudolph Herts adalah gelombang elektromagnetik adalah gelombang transversal.

    8.Menurut Albert Einstein cahaya memiliki sifat sebagai partikel dan sebagai gelombang elektromagnetik. Einstein menyimpulkan bahwa gelombang elektromagnetik mempunyai sifat yang sama dengan cahaya.

    9.A.gelombang pendek : Gelombang dengan panjangantara 10 – 100 meter.Biasanya gelombang ini digunakan untuk siaran radio jarak jauh.
    B. Gelombang VHF : gelombang radio dengan panjang gelombang antara 3 sampai dengan 6 meter dan sering digunakan untuk siaran televise.

    10.Inframerah, Sinar X, Sinar gamma,Micro wave, Gelombang VHF, Gelombang UHF

    BalasHapus
  60. Auliya Ayu Farah Dilla (IXB/04)
    Nathalia Tiara Mulia Kartika (IXB/12)

    1. Multimeter digunakan untuk mengukur tahanan listrik, arus listrik, dan tegangan listrik, serta mengetahui kerusakan suatu alat elektronik.

    2. Multimeter analog :
    - menggunakan tampilan manual dengan ciri khas jarum penunjuk ke skala tertentu sesuai dengan kebutuhan pengukuran.
    - harganya lebih murah.
    - tidak digunakan untuk mengukur secara detail suatu besaran nilai komponen.
    - untuk mengetahui baik jeleknya komponen dan memeriksa sambungan suatu rangkaian apakah sudah tersambung dengan baik sesuai dengan rangkaian blok yang ada atau sebaliknya.
    Multimeter digital:
    - sudah menggunakan tampilan angka digital.
    - mempunyai daya baca pengukuran lebih tepat.
    - dikhususkan untuk mengukur suatu besaran nilai tertentu dari sebuah komponen secara mendetail sesuai besaran yang diinginkan.
    - ketelitian pengukuran, biasanya sampai 3-6 angka di belakang koma.
    - harganya lebih mahal.

    3. Gelombang elektromagnetik: gelombang yang memiliki sifat tidak memerlukan medium dalam perambatannya dan mempunyai cepat rambat seperti halnya rambat cahaya, yaitu 3x10(pankat8) m/s.

    4. Gelombang elektromagnetik mempunyai sifat seperti cahaya yakni dapat dipantulkan, dibiaskan, dipadukan, dibelokkan , dapat juga di polarisasikan.

    5. Gelombang tranversal adalah gelombang yang arah getarannya tegak lurus dengan arah rambat gelombang.

    6. Jemes Clark Maxwell : cepat rambat gelombang elektomagnetik sama dengan cepat rambat cahaya sebesar 3x10 m/s. Maxwell menyimpulkan bahwa cahaya adalah gelombang elektromagnetik.

    7. Heinrich Rudolp Hertz : membuktikan bahwa gelombang elektromagnetik adalah gelombang transversal.

    8. Albert einstein : cahaya memiliki sifat sebagai partikel dan sebagai gelombang elektromagnetik. einstein menyimpulkan bahwa gelombang elektromagnetik mempunyai sifat yang sama dengan cahaya.

    9. jenis gelombang radio:
    - gelombang radio pendek : gelombang radio dengan panjang gelombang antara 10 sampai 100 meter.
    - gelombang VHF : gelombang radio dengan panjang gelombang antara 3 sampai 6 meter dan sering digunakan untuk siaran televisi.

    10. yang termasuk gelombang elektromagnetik :
    - gelombang milimeter
    - sinar inframerah
    - cahaya tampak
    - sinar ultraviolet
    - sinar-X
    - sinar gama

    BalasHapus
  61. Aulia Nur S. & Bima Nugraha W.3 November 2011 05.55

    Aulia Nur S. (IXB/21)
    Bima Nugraha W. (IXB/24)

    1.a. Mengukur tatanan listrik, arus listrik, dan tegangan listrik, serta mengetahui kerusakan suatu alat elektronik.
    b. Untuk mengukur besar-besaran listrik.
    c. Untuk mencari dan menemukan gangguan yang terjadi pada semua jenis pesawat atau alat-alat elektronika.

    2.Multimeter analog :
    a.Menggunakan tampilan manual dengan ciri khas jarum penunjuk ke skala tertentu sesuai dengan kebutuhan pengukuran.
    b.Dapat digunakan untuk mengukur hambatan (ohm), tegangan (volt), dan arus (mA).
    c.Harganya lebih murah.
    d.Hanya digunakan untuk mengatahui baik atau jeleknya komponen dan memeriksa sambungan suatu rangkaian.
    Multimeter digital :
    a.Sudah menggunakan tampilan angka digital.
    b.Mempunyai daya baca pengukuran lebih tepat jika dibanding dengan multimeter analog.
    c.Dikhususkan untuk mengukur suatu besaran nilai tertentu dari sebuah komponen secara mendetail sesuai dengan besaran yang diinginkan.
    d.Mempunyai keuntungan pada ketelitian pengaturan.
    e.Harga belinya yang lebih mahal dibanding multimeter analog.

    3.Gelombang elektromaknetik adalah gelombang yang mempunyai sifat tidak memerlukan medium dalam perambatannya dan mempunyai cepat rambat seperti halnya rambat cahaya, yaitu 3 x 108 m/s.

    4.a. Dapat dipantulkan.
    b. Dapat dibiaskan.
    c. Dapat dipadukan.
    d. Dapat dibelokkan.
    e. Dapat dipolarisasikan.

    5.Gelombang Transversal adalah gelombang yang arah getarannya tegak lurus dengan arah rambat gelombang.

    6.Dalam percobaannya, James Clark Maxwell berpendapat bahawa cepat rambat gelombang elektromaknetik sama dengan cepat rambat cahaya sebesar 3 x 10 m/s. Maxwell menyimpulkan bahwa cahaya adalah gelombang elektromaknetik.

    7.Heinrich Rudolph hertz berpendapat/membuktikan dalam percobaannya, bahwa gelombang elektromaknetik adalah gelombang transversal.

    8.Menurut teori Albert Einstein, cahaya memiliki sifat sebagai partikel dan sebagai gelombang elektromaknetik.

    9.a. Gelombang pendek adalah gelombang radio dengan panjang gelombang antara 10 sampai dengan 100 meter, biasanya digunakan untuk siaran radio jarak jauh.
    b. Gelombang VHF (Very High Frequency) adalah gelombang radio dengan panjang gelombang antara 3 sampai dengan 6 meter dan sering digunakan untuk siaran televisi.

    10.Gelombang elektromagnetik terdiri atas beberapa gelombang yang memiliki panjang gelombang dan frekuensi yang berbeda . Beberapa gelombang elektromagnetik membentuk deret tertentu yang disebut spektrum elektromagnetik.

    BalasHapus
  62. Hadyan Permana Y (9C/15) mengerjakan sendiri. maaf pak baru post comment jawaban saya,sebab saya baru tau kalau ada tugas dikarenakan saya tidak masuk skolah pada hari kamis, tanggal 3 november 2011.mohon dihargai.

    1.multimeter adalah peralatan elektronika yang di gunakan sebagai alat ukur dan mempunyai fungsi sangat banyak, mulai dari mengukur tegangan AC/ DC, mengukur besarnya tahanan suatu resistor, mengukur arus.

    2.jika multimeter analog akurasinya rendah dan mudah pembacaannya sedangkan multimeter digital akurasinya tinggi dan sulit dalam pembacaannya.

    3.gelombang Elektromagnetik adalah gelombang yang dapat merambat walau tidak ada medium

    4. dapat merambat tanpa medium perantara,dapat merambat melalui gelombang,dan saat merambat melalui gelombang dapat diukur tiap karakter.

    5.gelombang transversal adalah gelombang yang arah getarnya tegak lurus terhadap arah rambatannya

    6.pendapat james clark maxwell adalah Gerak bolak-balik seperti pendulum ini disebut gelombang elektromagnetik, yang bilamana sekali digerakkan akan menyebar terus hingga angkasa luar.

    7.bahwa gelombang elektromagnetik merupakan gelombang tranversal. Hal ini sesuai dengan kenyataan bahwa cahaya dapat menunjukkan gejala polarisasi.

    8.gravitasi dan radiasi gelombang elektromagnetik merupakan manifestasi yang sama dari suatu entitas ke ruangan yang sama.

    9.gelombang radio dan gelombang mikro. Gelombang radio merupakan gelombang yang memiliki frekwensi paling kecil atau panjang gelombangnya paling panjang sedangkan gelombang mikro adalah gelombang radio dengan frekwensi paling tinggi yaitu diatas 3Ghz, jika gelombang mikro diserap oleh sebuah benda, maka akan muncul efek pemanasan pada benda itu.

    10.-gelombang radio
    -infra merah
    -cahaya tampak
    -ultra violet
    -sinar X
    -sinar gamma

    BalasHapus
  63. Posting sudah ditutup, yang posting setelah ini berarti kami anggap copy paste.

    BalasHapus
  64. DWIKA NUR USMAN (IXA/21)
    EDOVANI PINANDITA (IXA/22)

    1.MENGUKUR TAHANAN LISTRIK,ARUS LISTRIK,DAN TEGANGAN LISTRIK SERTA MENGETAHUI KERUSAKAN SUATU ALAT LISTRIK
    2.MULTIMETER ANALOG:UNTUK MENGETAHUI BAIK ATAU JELEKNYA KOMPONEN DAN MEMERIKSA SAMBUNGAN SUATU RANGKAIAN APAKAH TERSAMBUNG DENGAN BAIK
    MULTIMETER DIGITAL:HAMPIR SAMA DENGAN MULTIMETER ANALAOG NAMUN MEMILIKI DAYA BACA LEBIH TEPAT.
    3.GELOMBANG YANG MEMPUNYAI SIFAT TIDAK MEMERLUKAN MEDIUM DALAM PERAMBATANYA
    4.DAPAT DIPANTULKANDIBIASKANDIPADUKAN,DIBELOKKAN DAN DIPOLARISASIKAN
    5.GELOMBANG YANG ARAH GETARANNYA TEGAK LURUS DENGAN ARAH RAMBAT GELOMBANG
    6.CEPAT RAMBAT GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK SAMA DENGAN ARAH RAMBAT CAHAYA SEBESAR 3x10 M/S
    7.GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK ADALH GELOMBANG TRANSVERSAL
    8.CAHAYA MEMILIKI SIFAT SEBAGAI PRATIKEL DAN SEBAGAI GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK
    9.GELOMBANG MRIKE=GELOMBANG YANG DIGUNAKAN UNTUK KOMUNIKASI SATELIT,RADAR DAN ALAT PEMANAS
    GELOMBANG VHF=GELOMBANG RADIO DENGAN PANJANG ANTARA 3-6 M DAN DIGUNAKAN UNTUK SIARAN TV
    10.GELOMBANG MILIMETERINFRAMERAH,ULTRAVIOLETSINAR-XSINAR GAMA
    7.

    BalasHapus
  65. M.Irfan M (28/IX A)
    Panggita P.S (31/IX A)

    1. Kegunaan Multimeter : Mengukur tahanan listrik,arus listrik,tegangan listrik dan mengetahui kerusakan suatu alat elektronik.

    2. Multimeter analog memiliki akurasi rendah tetapi dapat mengukur tegangan yang tidak stabil,dan .Multimeter analog juga masih menggunakan tampilan manual dengan jarum penunjuk pada skala tertentu sedangkan Multimeter digital mempunyai frekuensi yang tinggi tetapi susah untuk mengukur tegangan yang naik turun/ tidak stabil dan sudah menggunakan menggunakan tampilan angka digital.

    3.Gelombang Elektromagnetik : Gelombang yang dapat merambat tanpa perantara.

    4.Sifat gelombang elektromagnetik : Dapat dipantulkan,dibiaskan,dipadukan,dibelokkan,dan dipolarisasikan.

    5.Gelombang transversal : Gelombang yang arah getarannya tegak lurus dengan arah rambatan gelombang.

    6.Cepat rambat gelombang elektromagnetik =cepat rambat cahaya yaitu sebesar 3x10m/s.Dan maxwell menyimpulkan bahwa cahaya adalah gelombang elektromagnetik.

    7.Gelombang elektromagnetik adalah gelombang transversal.

    8.Cahaya memiliki sifat seperti partikel dan gelombang elektromagnetik.Dan Einstein menyimpulkan bahwa gelombang elektromagnetik mempunyai sifat yang sama dengan cahaya.

    9.-Gelombang pendek:gelombang yang panjang gelombangnya 10-100m,digunakan untuk siaran radio AM dan komunikasi radio
    -Gelombang VHF:gelombang yang panjangnya 1-10m,digunakan untuk siaran radio FM.

    10.Cahaya,gelombang milimiter,infrared,gelombang radio,gelombang mikro,sinar gama,sinar ultraviolet,sinar-X.

    BalasHapus