class="post-fixed">

Kamis, 24 November 2011

Laptop Murah Tapi Handal Untuk Internetan dan Game

Ingin memiliki laptop murah, baik baru atau laptop lama yang ingin di-upgrade tapi hanya punya anggaran yang terbatas, tak perlu berkecil hati. Barang itu bisa kita nikmati dan kualitasnya bisa tak kalah dengan laptop yang terbaru sekalipun.

Laptop ini bisa kita nikmati untuk berinternet ria dan bermain game favorit tanpa kehilangan kenyamanan karena lemot atau tampilan layar tak optimal. Ada beberapa hal yang perlu dicek saat membeli atau mengupgrade laptop agar kinerjanya tak mengecewakan.

Memori VGA. Jangan lihat besar kecilnya memori VGA tapi utamakan chipsetnya. Perlu diingat bahwa seri chipset kartu grafis pada laptop adalah chipset grafis versi mobile sehingga tidak bisa dibandingkan dengan chipset grafis yang diperuntukkan pada komputer desktop. Jika kita akan memilih laptop dengan kartu grafis Nvidia 560M maka performanya tidak akan sehebat GTX 560 versi desktop, walaupun jenis chipsetnya sama. Perbedaan ini lebih dipengaruhi karena masalah panas dan konsumsi daya yang lebih ketat untuk laptop. Pastikan juga tidak memilih laptop dengan VGA onboard (semisal Intel GMA) jika ingin menggunakannya untuk bermain game atau internetan. Hal ini dikarenakan VGA onboard tidak akan mampu menjalankan game dengan mulus dan loading saat internetan akan patah-patah. Jadi pasang kartu grafis misalnya Nvidia seri xxxx dengan memori cukup 512 Mb misalnya. Harganya akan berbeda jika menggunakan jenis dan besar memori kartu grafis lainnya.

Mudah Di-upgrade dan barang tersedia. Beberapa laptop menyediakan pilihan agar beberapa komponennya (seperti RAM, VGA dan hardisk) bisa diupgrade. Sebisa mungkin carilah seri yang mendukung untuk kebutuhan ini. Bila memiliki dana lebih, kita bisa mengganti komponen-komponennya tanpa perlu membeli laptop baru. Jadi, jangan lupa tanyakan pada penjual apakah penggantian komponen pada notebook tertentu dapat dilakukan dengan mudah atau tidak.

Ukuran dan resolusi layar. Ukuran dan resolusi layar sering berhubungan erat, dan ini amat penting untuk sebuah game atau browsing internet. Semakin tinggi resolusi layar, semakin berat tuntutan sebuah game akan chip grafis yang baik. Jadi jika laptop kita hanya dilengkapi chip grafis yang pas-pasan, maka layar dengan resolusi terlalu tinggi akan menyebabkan game berjalan dengan setting minimum dan agak lambat. Ukuran layar sendiri juga penting, mengingat bermain di layar yang berukuran terlalu kecil jelas akan mengganggu keasyikan bermain game dan menjelajah di situs favorit kita. Disarankan, minimal memilih laptop dengan layar berukuran 14 inci atau 15 inci jika sering bepergian membawanya, atau dengan layar berukuran 17 inci, jika bermaksud menggunakannya sebagai pengganti desktop dan tidak sering membawa-bawanya.

Konektivitas sesuai dengan kebutuhan. Untuk bisa bermain game dan internetan dengan nyaman, kita tidak akan bisa mengandalkan touchpad. Untuk itu kita memerlukan keyboard dan mouse gaming yang berkualitas. Pastikan laptop memiliki port USB yang cukup untuk memasang mouse, keyboard, gamepad, joystick, modem, TV tunnel dan pendingin laptop, karena saat digunakan untuk menjalankan aplikasi yang berat seperti game, laptop akan cepat panas. Perhatikan juga apakah laptop telah memiliki koneksi HDMI atau setidaknya VGA, sehingga sewaktu-waktu kita bisa menghubungkan laptop ke TV atau monitor dengan ukuran layar yang lebih besar. Untuk modem dan layan operator bisa dipilih sesuai selera, besar kecilnya paket langganan akan berpengaruh saat browsing. Paket bulanan sekitar 125 ribu mungkin akan berbeda dengan paket 45 ribu. Hindari pemakaian laptop dekat dengan warnet, karena akan mengganggu transmisi modem kita.

Tak Perlu Seri Laptop Terbaru. Jangan terpaku dengan seri tertinggi laptop yang akan dibeli. Ada baiknya untuk memilih laptop yang berada 1-2 seri lebih rendah dari seri teratas, karena performanya tidak akan terlalu jauh namun dengan selisih harga yang cukup banyak.

Jangan Mudah Tergiur Promo. Tidak sedikit faktor lain yang bisa membuat keputusan berubah saat tiba di toko tempat membeli laptop. Seperti promo belanja tertentu atau diskon spesial menjelang perayaan hari raya. Kalau kita mudah berubah pikiran dan bimbang, maka akan menjerumuskan kita mendapatkan barang yang tak sesuai harapan. Kalau pun memang tertarik dengan promo, jangan langsung dibeli, serap dulu informasi dan spesifikasi teknisnya, tunda pembelian hingga satu atau dua hari.

Baterai Cadangan untuk Laptop. Satu hal lain yang perlu diperhatikan adalah ketahanan baterai laptop yang biasanya tak terlalu lama jika digunakan secara kontinu. Kalau bepergian dan membawa laptop maka sangat riskan kalau kita harus membawa charger dan mencari colokan di mana berada. Maka jika punya dana lebih sebaiknya beli juga baterai untuk cadangan sehingga bisa memakai laptop lebih lama saat bepergian atau saat duduk menunggu sesuatu.

Gunakan keyboard portabel. Untuk menghemat pemakaian keyboard pada laptop, maka ada baiknya membeli keyboard portabel, berbahan karet misalnya dan harganya pun tak terlalu mahal.

Yang penting fungsi bukan gengsi. Jika saat ini laptop yang di hadapan kita berumur 3 hingga 4 tahun, tak perlu kecewa dan tergiur dengan laptop keluaran terbaru. Bila dana terbatas, masih bisa bisa diotak-atik dan mendapatkan laptop dengan kinerja yang handal. Yang penting fungsi dan kegunaannya khan? Kalau masalah gengsi, itu lain cerita lagi.

Selamat berinternet ria dan menikmati game favorit dengan laptop murah tapi handal.

dikutip dari kompasiana.com

0 komentar:

Poskan Komentar