class="post-fixed">

Minggu, 06 Mei 2012

Jaringan Internet

JARINGAN INTERNET

Materi Pembelajaran

Pengantar

Pada materi sebelumnya Anda telah mengenal tentang internet yaitu sebuah jaringan yang terdiri atas sejumlah komputer dan dapat saling terkoneksi dan berinteraksi. Tentu Anda ingin memahami bagaimana agar dapat terkoneksi dengan jaringan internet.

2.2 Sistem Jaringan Komputer


Jaringan komputer adalah…

Silakan Anda perhatikan, jaringan computer menghubungan dua computer atau lebih yang berada pada suatu gedung, sebuah kota, sebuah wilayah, dan secara global. Hal ini dapat pula kita analogi kan dengan kehidupan sosial. Ada lingkup keluarga yang dibangun oleh individu-indivdu, lingkup rukun tetangga yang terdiri atas beberapa keluarga dan seterusnya sanpai lingkup internasional. Demikian halnya dengan koneksi pada sistem jaringan internet.

Berdasarkan teknologi yang digunakan dan lingkup area geografi, secara umum sistem jaringan komputer dapat digolongkan sebagai berikut.

2.2.1 Local Area Network ( LAN )

Jaringan jenis LAN biasanya digunakan untuk area atau wilayah yang kecil misalnya jaringan pada sebuah bangunan, sekolah, unit lembaga atau kampus. Fungsi LAN sebagai satu jaringan yang menghubungkan sejumlah komputer yang berada dalam kawasan tertentu seperti di dalam kampus, dalam sebuah bangunan, dan dalam ruang yang yang seringkali dihubungkan dengan minikomputer. Namun begitu, jarang sekali LAN meliputi kawasan yang lebih dari satu gedung. Komputer-komputer ini dapat dihubungkan dengan pelbagai cara seperti kabel pasangan, serat optik, kabel telepon, dan cahaya inframerah, serta isyarat radio.

Konfigurasi keterhubungan antara beberapa komputer dikenal dengan topologi. Setiap topologi perlu melaksanakan kerjasama yang biasa ditemui dalam jaringan yaitu pesan dari satu komputer ke komputer yang lain atau petunjuk supaya menjalankan tugas yang tersimpan di dalam jaringan. Data atau tugas yang diminta oleh pemesan mungkin disimpan pada komputer yang digunakan oleh seorang rekan kerja dalam jaringan atau pada layanan file yang disebut komputer server.

Sebuah server adalah komputer khusus yang dapat melayani kebutuhan komputer lain dalam lingkup tersebut.

Pelayan file biasanya merupakan komputer berkapasitas tinggi dan mempunyai perangkat keras yang tidak digunakan oleh individu pada jaringan itu. Pelayan file mempunyai tempat untuk semua data dari sistem jaringan. Selain itu, pelayan file hanya untuk melayan semua komputer yang berada di dalam sistem jaringan. Komputer-komputer yang disambung dengan pelayan file dikenali sebagai stasiun kerja (workstations). Stasiun kerja tidak semestinya memiliki otoritas seperti pelayan komputer, namun komputer-komputer dapat mempunyai data tambahan pada perangkat keras masing-masing.

Setiap komputer yang menggunakan pelayan file dari server dikenal sebagai pelanggan (client). Perangkat cetak dapat juga disambung dengan jaringan supaya dapat digunakan oleh semua pelanggan LAN. Untuk menggunakannya, jaringan haruslah menerima pesanan dari komputer individu atau node yang dihubungkan pada jaringan dan mempunyai cara untuk mengendalikan pesanan yang datang secara serentak. Komputer yang mendapat pelayanan jaringan, harus mempunyai cara untuk menghantar pesan dari satu komputer ke komputer lain supaya pesan hanya menuju node yang diperlukan dan tidak muncul di komputer yang lain. Sistem jaringan melakukan semua proses secepat mungkin sambil memberi pelayanan yang seadil mungkin mengikut giliran di antara node lain di dalam LAN.

2.2.2 Metropolitan Area Network ( MAN )

sumber : http://www.connaccess.com/images/man.jpg

Jaringan kawasan metropolitan (metropolitan area network/MAN) lazimnya melingkupi kawasan yang lebih luas dibanding dengan LAN. Jaringan MAN biasanya dioperasikan di bandara-bandara, gabungan beberapa buah sekolah ataupun di sebuah daerah. Dengan menjalankan suatu jaringan keterhubungan yang besar, informasi dapat disebarkan dengan lebih meluas, cepat dan bermakna. Perpustakaan-perpustakaan umum dan agen-agen pemerintahan biasanya menggunakan MAN. Satu contoh penggunaan MAN adalah di Pasco County yang terletak di Florida, Amerika Serikat. Jaringan MAN di sini dikenal sebagai ‘the MIND Network’ yang mana jaringan tersebut berfungsi menghubungkan semua pusat media Pasco dengan komputer utama (centralized mainframe) yang terletak di daerah dengan menggunakan telephon kabel koaksial, atau alat komunikasi tanpa kabel (wireless communications providers). Sebagai contoh dalam bidang perdagangan, satu komputer pribadi menghantar data kepada satu minikomputer atau komputer utama (server ). Ini hanya akan berlaku jika komputer pribadi tersebut dapat bersaing atau sebagai terminal. Jika sebuah komputer pribadi digunakan sebagai terminal, memindahkan file (file transfer software) membolehkan pengguna untuk mengambil file (download) dari hos ataupun menghantar data ke hos (upload). Download file berarti membuka dan mengambil data dari sebuah komputer pribadi yang lain dan menghantar data ke komputer yang berkenaan yang diminta oleh pengguna. Upload file berarti pengguna membuka file data dan menghantarkannya ke sebuah komputer yang lain.

2.2.3 Wide Area Network (WAN)

sumber :http://entonsumirrrr.files.wordpress.com/2011/03/wan.jpg

Jaringan kawasan luas (wide area network/WAN) menghubungkan komputer pada suatu kawasan yang lebih luas secara geografi, contoh menghubungkan Florida, Amerika Serikat dengan dunia. Jaringan WAN berupaya menghubungkan sekolah-sekolah di Florida dengan tempat-tempat lain di dunia sebagai contoh Tokyo hanya dalam waktu beberapa menit saja, tanpa perlu menyediakan sejumlah uang yang besar untuk membayar telepon. Namun demikian, jaringan WAN ini lebih rumit dan kompleks. Ia memerlukan pelbagai peralatan dan data sebelum jaringan setempat dan metropolitan berhubungan dengan komunikasi secara global dan antarabangsa seperti internet. Pada dasarnya, jaringan WAN hampir serupa dengan LAN atau MAN. Jaringan kawasan luas yang menggabungkan dua atau lebih jaringan kawasan setempat dan biasanya melibatkan suatu kawasan geografi yang luas. Con-tohnya, satu lembaga yang mempunyai ibu kota di suatu tempat, kilang di suatu tempat yang lain dan gabungan pe-masaran di suatu kawasan yang agak jauh dari kedua kawasan tersebut.

2.3 Internet Service Provider

sumber :http://www.techfuels.com

Bagaimana keterhubungan antar komputer dapat terjadi setelah perangkat keras tersedia? Pada awal materi 1 telah dijelaskan bahwa pengenalan dalam suatu keterhubungan merupakan kunci komunikasi yang akan dijalankan. Untuk dapat terhubung ke internet, Anda harus terdaftar menjadi pelanggan sebuah penyedia jasa layanan internet atau internet service provider (ISP). Dengan menjadi pelanggan dari ISP yang ada di daerah tempat tinggal Anda, Anda hanya perlu membayar pulsa telepon lokal. Pada saat menjadi pelanggan sebuah ISP, Anda akan di berikan sebuah username dan password yang akan Anda gunakan setiap kali mengakses internet. Sebagai pelanggan dari sebuah ISP,Anda akan dikenakan biaya tagihan bulanan oleh ISP yang bersangkutan. Di samping Anda juga harus membayar biaya pulsa telepon. Perangkat keras yang diperlukan harus pula memenuhi persyaratan akses internet dengan menggunakan dial up. Saat ini, telah banyak cara untuk mengakses internet, miasal menggunakan GPRS, WiFi, dan jaringan televisi kabel. Karena itu, persyaratan perangkat keras tidaklah mutlak, bergantung pada cara yang Anda gunakan untuk mengakses internet .

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memungkinkan perangkat-perangkat di atas digantikan oleh perangkat yang lain. Namun pada dasarnya mempunyai prinsip yang sama. Misalnya saja jika Anda mengakses internet dengan menggunakan GPRS, peranan modem akan digantikan oleh handphone, peranan jaringan telepon digantikan oleh jaringan GPRS, serta peranan ISP digantikan oleh operator telepon selular yang menyediakan layanan GPRS. Namun bila Anda mengakses internet menggunakan WiFi, maka peranan modem sudah dapat digantikan oleh komputer langsung, asal komputer tersebut mempunyai processor yang di lengkapi teknologi Centrino atau komputer yang dilengkapi dengan kartu WiFi. Jaringan telepon digantikan dengan jaringan WiFi, dan peranan ISP digantikan oleh operator penyedia layanan WiFi.

2.3.1 Apakah Internet Service Provider itu ?

Koneksi ke internet membutuhkan Infrastruktur yang sangat mahal. Oleh karena itu, tidak mungkin dibangun oleh pengguna perorangan. Kemudian berdirilah perusahan-perusahan yang menginvestasikan dananya untuk membangun infrastruktur tersebut. Kemudian perusahan tersebut menjual jasa layanan koneksi ke internet. Perusaan jasa layanan Internet tersebut disebut dengan Internet Service Provider (ISP). Karena itu, jika Anda ingin menghubungkan komputer Anda ke internet, maka Anda harus meng-hubungkan komputer Anda ke sebuah ISP tertentu. Kemudian Anda akan dikenakan biaya sebagai bayaran atas jasa layanan yang diberikan oleh ISP yang Anda gunakan. Saat ini ada banyak perusahaan jasa layanan internet (ISP) yang ada di Indonesia. ISP di Indonesia tergabung dalam Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). Jumlah ISP akan terus bertambah seiring dangan perkembangan jumlah pengguna Internet di tanah air. Karena banyaknya ISP yang ada, Anda perlu memilih ISP yang memberikan layanan terbaik dan cocok bagi Anda. Ada beberapa kreteria yang dapat Anda gunakan untuk memilih sebuah ISP.

2.3.2 Menghubungkan Komputer ke ISP

Setelah Anda memilih ISP yang digunakan, langkah selanjutnya adalah menghubungkan komputer Anda ke ISP yang Anda pilih. Berikut ini ada beberapa kegitan praktis yang dapat Anda lakukan untuk menghubungkan komputer ke ISP. Namun jika Anda belum berkesempatan langsung semoga ilustrasi dalam kegiatan di bawah ini dapat membekali Anda. Misalnya memilih layanan ISP dari telkom. Kegiatan di bawah ini akan Anda lakukan sebagai praktik.

Langkah untuk menghubungkan komputer dengan ISP tersebut adalah sebagai berikut.

a. Aktifkan komputer sampai muncul tampilan start menu.

b. Klik menu start, pilih setting, dan kemudian klik Control Panel.

c. Klik network connections.

d. Yakinkan sudah terdapat TelkomNet Instant kemudian klik ikon tersebut dan ikuti langkah selanjutnya.

e. Klik create a new connection kemudian klik tombol next.

f. Pilih connect to the internet kemudian klik tombol next.

g. Pilihan set up my connection manually, kemudian klik next.

h. Pilih connect using a dial-up modem, klik tombol next.

i. Pilihlah modem yang digunakan kemudian klik tombol next.

j. Masukkanlah nama ISP yang Anda gunakan : TelkomNet, kemudian klik tombol next.

k. Masukkanlah nomor telepon untuk akses internet. Nomor telepon yang digunakan oleh TelkomNet Instan adalah 080989999, kemudian klik tombol next.

l. Isikanlah User name dengan : telkomnet@instant, password dan confirm password dengan: telkom, kemudian klik tombol next.

m. Tampilkan shortcut TelkomNet Internet di desktop dengan memberi tanda cek di kotak cek Add a shortcut to this connection to my dekstop, kemudian klik tombol finish untuk mengakhiri proses setting koneksi yang Anda lakukan.

n. Klik tombol dial untuk memulai koneksi ke internet

Setelah pengaturan koneksi yang Anda lakukan, Anda akan menjumpai shortcut TelkomNet Instant di desktop dan juga di jendela network connections. Kegiatan di atas sebagai registrasi atau pendaftaran Anda ke dunia internet. Selanjutnya kapanpun Anda dapat masuk ke internet selama jalur atau jaringan tidak ada masalah.

2.3.3 Bagaimana Memulai ber Internet ?

Bagaimana memulai ber-internet? Sebagai ilustrasi silakan Anda cermati kegiatan di bawah ini. Kegiatan di bawah ini akan Anda lakukan sebagai kegiatan praktik seperti yang tertuang dalam buku kegiatan siswa dari modul ini.

Setelah mengatur koneksi ke Internet, Anda dapat memulai menghubungkan komputer Anda ke internet. Langkah-langkah untuk melakukannya sebagai berikut.

a. Carilah shortcut TelkomNet Instant di desktop. Klik dua kali shortcut tersebut.

b. Kotak dialog connect TelkomNet akan ditampilkan.

c. Klik tombol dial.

d. Kotak dialog proses koneksi akan ditampilkan.

e. Kadang-kadang proses koneksi gagal. Hal ini disebabkan karena jalur telepon yang sibuk dan sebagainya. Jika hal ini terjadi, kliklah tombol redial.

f. Bila proses koneksi berhasil, maka akan dilakukan proses verifikasi username dan password. Tunggu sampai proses tersebut selesai.

g. Bila proses verifikasi username dan password berhasil, maka akan dilakukan registrasi komputer Anda di internet. Tunggu sampai proses tersebut selesai.

h. Bila proses registrasi selesai, maka kotak dialog connectingTelkomNet akan ditutup dan akan muncul ikon TelkomNet di taskbar. Di ikon tersebut juga akan ditampilkan kecepatan akses komputer Anda ke internet .

7. Selanjutnya Anda dapat menggunakan internet.

2.3.4 Bagaimana Mengakhiri ber Internet ?

Apabila Anda sudah selesai bekerja di internet, Anda harus memutuskan koneksi komputer Anda dengan internet. Jika tidak maka jumlah tagihan pulsa Anda akan terus berjalan. Langkah-langkah untuk memutus koneksi ke internet sebagai berikut. Silakan Anda coba secara praktik sesuai buku kerja siswa.

a. Klik ikon TelkomNet di taskbar.

b. Kotak dialog akan ditampilkan.

c. Pada kotak dialog Anda dapat melihat lama koneksi dan kecepatan akses.

d. Klik tombol disconnect untuk menghentikan koneksi ke internet atau klik tombol cancel untuk kembali bekerja dengan internet .

2.4 Berapa Kecepatan Transfer Data di Internet?

Informasi apa saja yang dapat Anda tukar melalui jaringan komputer? Coba diskusikan dengan teman-temanmu! Selain sebagai sumber informasi, jaringan internet juga merupakan sarana komunikasi. Komunikasi yang dilakukan di internet adalah komunikasi data. Segala sesuatu yang dikirimkan melalui internet berupa teks, suara, gambar, suara dan gambar dikirim dalam bentuk data. Hal ini berarti menggunakan internet adalah mempertukarkan data-data antara dua buah komputer. Mengirim e-mail misalnya, Anda kirim dalam bentuk data teks. Contoh lain, jika Anda membuka sebuah halaman web, Anda mengirimkan permintaan halaman web dengan cara mengirimkan alamat URL-nya. Komputer server halaman web tersebut akan mengirimkan halaman web yang Anda minta. Dalam perpindahan data dari satu komputer ke komputer lain di internet dan demikian juga sebaliknya, kecepatan transfer data merupakan hal yang sangat dipertimbangkan. Biasanya Anda ingin data yang diminta itu cepat tiba untuk Anda gunakan atau pelajari. Cepat lambatnya perpindahan data dari sebuah komputer server di internet ke komputer Anda sangat bergantung pada kecepatan transfer data dari provider yang Anda gunakan. Kecepatan transfer data dinyatakan dalam bits per second (bps), artinya berapa bit data yang dapat dipindahkan dari satu komputer ke komputer lain dalam tiap detiknya. Pada umumnya, ISP yang ada di Indonesia menggunakan modem yang mempunyai kecepatan 28,8 kbps,33,6 kbps atau 56 kbps. Namun harap disadari bahwa kecepatan jaringan telepon yang ada di Indonesia masih berkisar antara 9,6 kbps hingga 28,8 kbps.

Terkait dengan kecepatan transfer data, ada beberapa komponen yang menentukan sebagai berikut.

2.4.1 Bandwidth

Bandwidth adalah lebar saluran data yang dilewati secara bersama-sama oleh data-data yang di transfer. Bandwidth dapat di analogi kan sebagai sebuah jalan yang dilewati kendaraan secara bersamaan. Bagaimana apabila kendaraan yang lewat sema banyak? Tentu gerakannya menjadi lebih lambat. Coba pikirkan bagaimana agar kendaraan yang padat, dapat bergerak cepat? Tentu caranya antara lain memperlebar jalan. Anda perlu mengetahui bandwidth yang dimiliki oleh sebuah ISP untuk mengetahui kemampuan ISP mentransfer data.

2.4.2 Server Proxy

Untuk mempermudah pelayanan, maka alamat pelanggan harus tersimpan dengan baik. Server proxy berfungsi untuk menyimpan alamat-alamat favorit pelanggan. Dengan adanya server proxy, pelanggan dapat mengakses web site-web site favoritnya dengan lebih cepat. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan server tersebut menyimpan halaman-halaman web yang sering dikunjungi. Sehingga jika pelanggan mengunjungi website favoritnya, pelanggan tidak perlu dengan server web site tersebut, tetapi cukup terhubung langsung dengan server proxy ISP. Server proxy akan menghemat penggunaan bandwidth karena pelanggan tidak perlu lagi terkoneksi langsung ke website yang sering dikunjungi.

2.4.3 Backbone

Backbone adalah saluran koneksi utama jaringan ISP dengan internet. Membuat sebuah backbone memerlukan teknologi yang tinggi dan dana yang besar. Kebanyakan ISP menyewa backbone dari perusahan lain atau menggunakan bersama-sama dengan ISP lain. Penggunaan backbone secara bersama-sama dapat menghemat biaya namun mengurangi kecepatan akses masing-masing ISP.

2.4.4 Keamanan Data

Data yang dipindahkan tentu harus aman dari gangguan baik berupa kelengkapan data maupun kualitas data. Untuk itu sistem jaringan perlu menyediakan pengamanan data. Transaksi internet rawan terhadap pembajakan. Oleh karena itu Anda perlu mengetahui apakah sebuah ISP menggunakan firewall untuk keamanan transaksi online atau tidak.

2.4.5 Layanan yang Diberikan

Anda juga perlu mengetahui layanan apa saja yang disediakan oleh sebuah ISP. Apakah ISP tersebut memberikan account e-mail, berapa besar account e-mail yang disediakan, apakah ISP tersebut dilengkapi dengan spam filter, dan berbagai layanan yang lain.

2.4.6 Biaya

Biaya merupakan salah satu pertimbangan untuk memilih sebuah ISP. Untuk itu Anda perlu mengetahui bagaimana sistem pembayaran yang dikenakan oleh sebuah ISP, dan pilihkan ISP yang hemat biaya.

2.4.7 Hardware

Anda juga perlu mengetahui berapa banyak modem yang dimiliki oleh sebuah ISP, berapa kecepatan modem yang digunakan, dan rasio pelanggan tiap modem. Hal tersebut perlu Anda ketahui karena akan mempengaruhi layanan yang akan Anda dapatkan dari ISP tersebut.

2.4.8 Teknologi yang digunakan

Anda juga perlu mengetahui teknologi apa saja yang dimiliki oleh ISP untuk meningkatkan kinerjanya. Saat ini, teknologi kompresi data memungkinkan transfer data menjadi lebih cepat. Anda perlu tahu apakah sebuah ISP didukung oleh teknologi semacam ini.

Soal

1. Jelaskan apakah jaringan komputer itu!

2. Apakah ISP itu berikan contoh ISP dan sebutkan kriteria apa saja dalam memilih ISP

3. Apakah perbedaan anatar jaringan LAN, MAN dan WAN.



0 komentar:

Poskan Komentar