class="post-fixed">

Minggu, 06 Mei 2012

Pengenalan Internet

PENGENALAN INTERNET

Uraian Materi Pembelajaran

1.1 Pengantar

Pernahkan Anda pergi ke Warnet? Silakan perhatikan apa yang dilakukan orang-orang yang ada di belakang komputer. Mereka dapat saling tukar informasi dengan teman di tempat yang jauh. Mungkin di sekolahmu juga sudah dipasang jaringan untuk dapat berkomunikasi antar komputer di tempat yang saling terpisah jauh. Coba Anda kunjungi dan masuk pada sistem komunikasi antar komputer . Komputer yang terpisah jaraknya bahkan yang terpisahkan oleh benua dapat saling berhubungan informasi lewat peralatan atau fasilitas yang tersedia. Mengapa komputer-komputer tersebut dapat berkomunikasi? Tentu Anda memahami karena komputer-komputer tersebut sesunguhnya saling terkoneksi lewat sebuah jaringan bahkan bersifat global atau mendunia. Coba Anda diskusikan dengan teman-teman seperti apa koneksi di antara komputer-komputer tersebut.

1.2 Pengenalan Internet

a. Definisi internet


Internet adalah kumpulan komputer yang terhubung satu dengan yang lainnya dalam sebuah jaringan di seluruh dunia.

b. Sejarah singkat internet

  1. Internet pertama kali diperkenalkan oleh departemen pertahanan dan keamanan amerika pada tahun 1960-an melalui advanced research agency (ARPA) merintis suatu sistem jaringan ARPANET yang kemudian menjadi cikal bakal internet.
  2. pada tahun 1980-an internet mulai digunakan secara terbatas untuj menghubungkan beberapa universitas terkemuka di amerika.
  3. pada tahun 1982 protocol standart TCP/IP mulai diperkenalkan.
  4. pad athun 1984 sistem nama domain mulai digunakan.
  5. pada tahun 1996 dibangun science fondation network (NSNET) yang menggantikan ARPANET sebagai jaringan riset di amerika , kemudian beberapa jaringan internasional di beberapa negara mulai dibangun dan dihubungkan dengan NSNET. ARPANET dibubarkan pada tahun 1990.
  6. Pada awalnya informasi yang didapat dari internet hanya informasi berbasis teks kemudian pada tahun 1990 CERN menggambarkan layanan berbasis World Wide Web (WWW).
  7. Pada tahun 1993 Intenic didirikan untuk melayani pendaftaran nama domain.
  8. Mulai tahun 1994 internet mulai digunakan di indonesia.

Bagaimana sistem komunikasi internet itu? Seperti komunikasi Anda antar manusia, bahwa komunikasi itu terjadi diantara dua atau lebih pelaku. Maka dengan kata lain komunikasi itu terjadi antara siapa dengan siapa, yang berarti saling mengenal diantara para pelaku komunikasi. Bagaimana mengenali setiap komputer yang terhubung pada jaringan internet itu?

Untuk mengenali antar komputer, digunakan ciri pengenal alamat yang biasa disebut dengan internet protocol (IP) address.

Sekarang buka komputer Anda kemudian carilah nomor IP address salah satu komputer yang terkoneksi. Tanya pada instruktur atau pengelola jaringan internet tempat Anda menggunakan internet, berapa nomor IP komputer tersebut?

Selain internet, dikenal pula intranet, dan ekstranet. Apa perbedaan internet, intranet, dan ekstranet? Internet secara sederhana adalah jaringan dari jaringan (network of networks). Intranet adalah sebuah jaringan komputer berbasis IP seperti internet hanya saja digunakan dalam internal perusahaan, kantor, bahkan warung internet (WARNET). Antar intranet dapat saling berkomunikasi satu sama lain melalui sambungan internet yang memberikan tulang punggung komunikasi jarak jauh. Akan tetapi, sebetulnya sebuah intranet tidak perlu sambungan luar ke internet untuk berfungsi secara benar. Intranet menggunakan semua protocol dan aplikasinya sehingga kita memiliki “private” internet. Jika sebuah badan usaha/bisnis/institusi mengekspos sebagian dari internal jaringannya ke komunitas di luar, hal ini di sebut ekstranet. Memang biasanya tidak semua isi intranet di keluarkan ke publik untuk menjadikan intranet menjadi ekstranet. Misalnya ketika kita sedang membeli software, buku dan lain lain dari sebuah e-toko, maka biasanya kita dapat mengakses sebagian dari intranet toko tersebut. Badan usaha/perusahaan dapat memblokir akses ke intranet mereka melalui router dan meletakan firewall. Firewall adalah sebuah perangkat lunak/perangkat keras yang mengatur akses seseorang ke dalam intranet. Proteksi dilakukan melalui berbagai parameter jaringan IP address, nomor port, dan lain lain. Jika firewall diaktifkan maka akses dapat dikontrol sehingga kita hanya dapat mengakses sebagian saja dari intranet perusahaan tersebut yang kemudian dikenal sebagai ekstranet.

1.3 Internet dan Pemanfataannya.

Silakan Anda coba apasaja kemampuan yang dimiliki internet? Diskusikan dahulu dengan temanmu untuk menemukan manfaat apa saja yang akan diperoleh dari internet. Isi internet dapat Anda ibaratkan dengan sebuah kapling tanah. Apabila Anda memiliki sebuah kapling tanah yang masih kosong, Anda dapat memberdayakannya untuk apa saja, misalnya untuk membangun rumah, toko, kantor pemerintah, swalayan dan sebagainya. Dapat juga dibuat perkebunan, sawah, peternakan, lapangan sepakbola, dan sebagainya. Internet juga demikian, semua orang tanpa terkecuali dapat memiliki "kapling tanah" di internet , yang disebut dengan website (Situs Web ). Situs web ini tersimpan dalam memori komputer yang kapasitasnya sangat besar, dan apabila Anda memiliki situs web, berarti Anda punya kapling di internet .

Lokasi situs web tersebut bukan di komputer Anda , melainkan di sebuah tempat yang disebut sebagai server . Lokasinya pun tidak harus di kota yang sama dengan tempat tinggal Anda. Anda dapat memiliki server yang berlokasi di Amerika. Anda mengunjungi atau berhubungan dengan server tersebut melalui komputer Anda. Biasanya server dimiliki oleh perusahaan tertentu. Untuk dapat memiliki server, ada dua cara yang dapat digunakan, yaitu dengan membeli atau memperolehnya secara bebas (free).

Secara umum ada beberapa hal yang dapat dilakukan di internet antara lain sebagai berikut:

1. Memperoleh informasi

2. Berkirim surat

3. Ngobrol atau Chatting

4. Melakukan transaksi perdagangan

5. Internet phone

6. Berdiskusi

7. Memasang iklan baris

1.4 Berbagai Aplikasi dari Internet

Aplikasi Internet yang tersedia saat ini sudah banyak dan terus bertambah seiring dengan kemajuan teknologi infomasi. Aplikasi-aplikasi internet ini kemudian digunakan dalam berbagai bidang seperti bidang akademis, militer, medis, media massa, dan berbagai sektor industri lainnya. Dari sekian banyak aplikasi internet yang ada, yang banyak dikenal dan digunakan antara lain: Word Wide Web (www), Electronik mail, Mailing List (milis), Newsgroup, Internet Relay Chat (IRC), File Transfer Protocol (ftp), Telnet, Gopher, dan Ping.

Fungsi masing-masing aplikasi tersebut adalah sebagai berikut.

1. Word Wide Web ( WWW )

World Wide Web (WWW) adalah

2. Electronic Mail (E-mail )

Electronic mail (E-mail) adalah aplikasi surat-menyurat dalam bentuk elektronik menggunakn internet.

3. Mailing List (Milis)

Mailing list atau sering juga disebut milis adalah aplikasi internet yang digunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi dalam satu kelompok melalui e-mail. Setiap e-mail yang dikirim ke alamat milis akan dikirim ke seluruh alamat e-mail yang terdaftar sebagai anggota milis tersebut.

4. Newgroup

Yang dimaksud "newsgroup" adalah forum perbincangan, atau boleh dibayangkan sebagai suatu tempat di mana terdapat ruangan-ruangan perbincangan yang unik, dan tiap-tiap ruangan mempunyai topik perbincangan yang berbeda. Di setiap ruangan itu biasanya terdapat lebih dari satu orang yang saling bertukar pendapat atau pikiran. Jadi Anda memberikan pendapat Anda ke semua orang yang ada di ruangan tersebut. Newsgroup juga dianggap seperti "Bulletin Board" yang ada di sekolah atau kantor, di mana setiap orang boleh meletakkan artikel-artikel atau pendapat-pendapatnya dan boleh dilihat dan dibaca oleh semua orang

5. Internet Relay Chat (IRC)

Internet Relay Chat (IRC) adalah aplikasi internet yang digunakan untuk bercakap-cakap di internet . Chatting dilakukan dengan cara mengetik apa yang ingin Anda katakan kepada teman chatting Anda, kemudian mengirimkannya dalam bentuk teks.

6. File Transfer Protocol (FTP)

File transfer protocol yang disingkat dengan FTP adalah aplikasi internet yang di gunakan untuk mengirimkan atau mengambil file ke atau dari sebuah komputer lain.

FTP memungkinkan transfer data lebih cepat. FTP sering digunakan untuk mencari dan mengambil (download) arsip file di suatu server di internet yang mempunyai alamat tertentu yang menyediakan berbagai arsip (file). File tersebut memang diizinkan untuk diambil oleh penguna internet yang membutuhkan. File ini dapat berupa hasil penelitian, artikel-artikel, jurnal dan lain-lain. FTP juga dipergunakan untuk meng-upload file materi situs (homepage) sehingga dapat diakses oleh penguna dari pelosok dunia.

7. Telnet

Telnet adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengakses komputer yang letaknya jauh. Telnet dapat Anda gunakan apabila Anda mempunyai alamat IP (IP Address) dari komputer yang akan diakses dan Anda juga harus mempunyai hak akses (User ID dan password).

8. Gopher

Gopher adalah aplikasi yang digunakan untuk mencari informasi yang ada diinternet. Namun informasi yang dicari hanya terbatas pada teks saja. Untuk mendapatkan informasi melalui gopher, Anda harus menghubungkan diri dengan gopher server yang ada di internet .

9. Ping

Ping singkatan dari paket internet gopher. Ping digunakan untuk mengetahui apakah komputer yang Anda gunakan mempunyai sambungan (terkoneksi) dengan komputer lain di internet.

Melalui aplikasi yang ada di internet, keuntungan internet yang dapat Anda rasakan antara lain sebagai berikut.

1. Sarana untuk mendapatkan dan menyampaikan informasi yang cepat dan murah. Hal ini diperoleh dengan menggunakan aplikasi. e-mail, WWW, Newsgroup, FTP dan Gopher.

2. Mengurangi biaya kertas dan biaya distribusi. Misalnya koran nasional dapat di cetak di daerah, koran masuk internet, majalah, brosur, dan sebagainya dapat di tampilkan lewat internet .

3. Sebagai media promosi. Internet dimanfaatkan sebagai sarana untuk beriklan dan menyampaikan profil perusahaan dan produk-produknya.

4. Sarana komunikasi interaktif. Komunikasi via internet dapat dilakukan dengan menggunakan fasilitas e-mail, WWW, Video Conferencing, Internet Relay Chat, dan Internet Phone.

5. Sebagai alat Research and Development.

6. Sarana untuk bertukar data.

1.5 Penggunaan Internet

Kemampuan dan keandalan internet memberikan banyak kemudahan bagi berbagai aspek kehidupan. Internet dapat menjadi sumber informasi dan sarana komunikasi yang murah dan cepat. Selain itu, internet juga mempunyai jarigan yang sangat luas yang dapat menjangkau seluruh dunia. Hal ini membuat internet banyak dimanfaatkan untuk menunjang kehidupan manusia. Saat ini ada banyak kegiatan kehidupan sehari-hari yang terkait dengan internet. Sub materi ini akan membahas berbagai pemanfaatan internet untuk menunjang bisnis.

1.5.1 E-Commerce

Electronic commerce (e-commerce) atau perdagangan secara elektronik adalah perdagangan yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi terutama internet.

Internet memungkinkan orang atau organisasi yang berada pada jarak yang jauh dapat saling berkomunikasi dengan biaya yang murah. Hal ini kemudian dimanfaatkan untuk melakukan transaksi perdagangan.

Ada banyak bentuk perdagangan secara elektonik yang dilakukan saat ini, antara lain : internet banking, pembelian dan penyedian barang, toko online dan sebagainya. Perdagangan secara elektronik memberikan keuntungan baik kepada perusahan maupun kepada pelanggan (customer).

Keuntungan yang diperoleh perusahan dari e-commerce sebagai berikut :

1. perdagangan secara elektronik memungkinkan perusahan untuk menjual produknya kepada lebih banyak orang. Dengan kata lain perusahan dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Misalnya, perusahan atau toko di Amerika dapat menjual produknya kepada orang di Jepang.

2. perusahan tidak perlu membuka banyak cabang distribusi.

3. mengurangi biaya yang dikeluarkan perusahan, karena perusahan tidak perlu menyediakan toko yang besar dan pegawai yang banyak.

4. harga barang dapat dijual dengan lebih rendah. Akibatnya lebih banyak konsumen yang dapat menjangkau harga barang tersebut. Barang menjadi lebih banyak laku.

5. barang yang dijual lebih murah dapat meningkatkan daya saing perusahan.

Keuntungkan yang diperoleh konsumen sebagai berikut :

1. Konsumen tidak perlu mendatangi toko untuk mendapatkan barang, cukup ke internet dan memesan barang, barang akan di antar ke rumah.

2. Pembeli dapat menghemat waktu dan biaya transportasi berbelanja.

3. Mempunyai lebih banyak pilihan, karena dapat membandingkan semua produk yang ada di internet .

4. Dapat membeli barang yang terdapat di negara lain, yang man di dalam negeri mungkin saja tersedia.

5. Harga barang yang dibeli menjadi lebih rendah.

Beberapa contoh antara lain: glodokshop.com, apotikonline.com dan masih banyak lagi.

1.5.2 Internet Banking

Internet banking sering kali juga dikenal dengan sebutan electronic banking (e-banking), cyberbanking, virtual banking, home banking, dan online banking. Internet banking adalah aktivitas perbankan yang dilakukan dari rumah, kantor atau tempat-tempat lain dengan memanfaatkan internet.