class="post-fixed">

Senin, 07 Mei 2012

Perangkat Keras untuk akses internet

Materi Pembelajaran

Perangkat Keras untuk Akses Internet

Pada materi II Anda telah mempelajari bagaimana sistem koneksi komputer dapat saling berkomunikasi. Anda telah dapat membedakan jaringan lokal, metropolitan, dan regional. Pada materi 3 ini dibahas perangkat untuk dapat terhubung ke internet. Sebuah komputer membutuhkan beberapa persyaratan tambahan yang harus di penuhi agar ia dapat terhubung dengan internet. Berikut ini beberapa perangkat dasar yang diperlukan.

1. Modem

Modem merupakan alat yang menghubungkan komputer Anda dengan saluran telepon dan internet. Modem adalah singkatan dari modulator demodulator. Modem berfungsi untuk mengubah sebuah sinyal digital menjadi sinyal analog (sinyal suara) dan mengubah kembali sinyal analog (sinyal suara) menjadi sinyal digital. Bagaimana peoses pengiriman data tersebut ? Ketika komputer Anda mengirim data digital ke internet, modem akan mengubah sinyal digital tersebut menjadi sinyal suara sehingga sinyal tersebut dapat dilewatkan melalui kabel telepon. Ketika data ada pada penerima, modem akan mengubah sinyal suara dari kabel telepon menjadi sinyal digital yang dapat dibaca oleh komputer.


Dengan demikian modem membuat komputer dapat berkomunikasi melalui kabel telepon. Kecepatan modem mentransfer data diukur dengan satuan bits per second (bps)/bit perdetik.

Ada dua jenis modem yang terdapat di pasaran: modem internal dan eksternal. Modem internal adalah modem yang dipasang langsung di mainboard komputer, sedangkan modem eksternal adalah modem yang terpisah dengan komputer. Modem eksternal dihubungkan ke komputer dengan mengunakan kabel. Silakan periksa modem komputer yang ada di sekolahmu atau komputer yang ada di rumahmu. Apa keuntungan kedua jenis modem tersebut? Keuntungan modem internal harganya lebih murah, namun memiliki kelemahan antara lain pemasangannya yang lebih sulit, dan pengguna-annya tidak dapat dipindah dari satu komputer ke komputer yang lain (harus membuka casing CPU). Ke-untungan modem eksternal pemasangannya lebih mudah, dan dapat dipindah dari satu komputer ke komputer yang lain dengan mudah (tanpa membuka casing CPU), namun harganya relatif lebih mahal.

2. Line Telepon

Jaringan telepon merupakan salah satu prasyarat untuk terhubung ke internet kareana jaringan telepon digunakan untuk meneruskan sinyal dari modem. Dengan demikian Anda dapat terhubung ke internet apabila Anda memiliki komputer, modem, line telepon dan mendaftar pada sebuah perusahan penyedia jasa layanan internet (Internet Service Provider atau ISP) serta menginstalasi perangkat lunak yang diperlukan. Bagaimana mempersiapkan perangkat keras dan perangkat lunak di komputer Anda agar dapat dihubungkan ke internet? Berikut ini Anda akan pelajari bagaimana membangun koneksi internet .


Perangkat keras tambahan :

1. Kompute server

sumber : http://3.bp.blogspot.com/_Y3xtXM1DpPU/S3o3Pr50GTI/AAAAAAAAAKQ/LDYEWyaWmPM/s320/clientserver.gif

Komputer server adalah komputer yang memberikan layanan kepada komputer lain.

2. Komputer client/workstation

Komputer yang terdpat dalam sebuah jaringan yang berperan dalam menerima layanan.

3. LAN Card/NIC (Network Interface Card)

http://www.hendramasputra.net/wp-content/uploads/2010/07/net-lan-100.jpg

4. Kabel UTP

sumber : http://afiffathurrahman.files.wordpress.com/2008/09/tpcable.jpg

5. Kabel RJ 45

sumber : http://tikom3.files.wordpress.com/2010/08/rj45.jpg

6. UPS (Uninterupted Power suply)


sumber : http://ginigitu.com/wp-content/uploads/2010/12/main_UPS850GP.jpg

7. Printer.

Selain menggunakan perangkat keras diatas untuk meningkatkan atau memperluas jaringan ada perangkat tabahan laian yaitu :

1. Switch


sumber : http://corenova.files.wordpress.com/2011/01/hub.gif

Switch dapat menganalisa semua paket sebelum meneruskan ke tujuan.

2. Repeater

sumber : http://resiari.files.wordpress.com/2011/02/repeater1.jpg

Alat untuk memperkuat sinyal, sinyal yang diterima dari suatu segmen selanjutnya akan dipancarkan kembali dengan kekuatan sinyal asli pada segmen pertama.

3. Bridge

sumber : http://4.bp.blogspot.com/_NqZSMgr6W8w/TMu9qRnlTWI/AAAAAAAAACA/C-IC-hbPIr0/s320/bridge.gif

Alat yang dipergunakan untuk menghubungkan antara dua LAN

4. Router


sumber :http://fahmiazis.files.wordpress.com/2010/01/router1.jpg

Alat yang berfungsi sebagai penyaring lalu lintas data yang emiliki kemampuan melewatkan paket IP(protocol) dari satu jaringan ke jaringan lain ayn memiliki banyak jalur diantara keduanya.

5. Gateway


sumber : http://3.bp.blogspot.com/_Lo1eeGSrGVQ/S8Ktls8wpgI/AAAAAAAAACQ/ahNzamfMXoM/s1600/gateway.jpg


Gateway adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan satu jaringan komputer dengan satu atau lebih jaringan komputer yang menggunakan protokol komunikasi yang berbeda sehingga informasi dari satu jaringan computer dapat diberikan kepada jaringan komputer lain yang protokolnya berbeda

6. Alat yang dipakai jika lapisan OSI dari dua buah jaringan LAN benar-benar tidak identik.

3.4 Perangkat Lunak untuk Akses Internet

Apakah perangkat keras dapat berfungsi dengan sendirinya? Seperti telah Anda pahami bahwa untuk mengoperasikan perangkat diperlukan perangkat lunak. Demikian pula perangkat untuk sistem internet diperlukan perangkat keras dan perangkat lunak.

Berikut ini beberapa perangkat lunak(software) untuk mengoperasikan aplikasi internet .

(1) Microsotf internet explorer dan netscafe navigator adalah perangkat lunak browser yang digunakan untuk mengakses web atau WWW.

(2) Cute FTP, Go!Zilla dan WSFTP adalah perangkat lunak untuk menjalankan aplikasi FTP.

(3) Mirc, Yahoo Massenger atau ICQ adalah program untuk menjalankan chatting.

(4) Outlook Express adalah perangkat lunak untuk aplikasi e-mail .

Rangkuman

Agar dapat terhubung ke jaringan tersebut (internet ), sebuah komputer membutuhkan perangkat keras (hardware) tambahan. Berikut ini beberapa perangkat dasar yang diperlukan antara lain : modem, dan line telepon. Seperti telah Anda pahami bahwa untuk mengoperasikan perangkat keras diperlukan perangakat lunak. Demikian pula sistem internet diperlukan perangkat keras dan perangkat lunak. Beberapa perangkat lunak untuk mengoperasikan aplikasi internet antara lain : Microsotf Internet Explorer dan Netscafe Navigator adalah perangkat lunak browser yang digunakan untuk mengakses web atau WWW, Cute FTP, Go!Zilla dan WSFTP adalah perangkat lunak untuk menjalankan aplikasi FTP, Mirc, Yahoo Massenger atau ICQ adalah program untuk menjalankan chatting, Outlook Express adalah perangkat lunak untuk aplikasi e-mail .

0 komentar:

Poskan Komentar