class="post-fixed">

Kamis, 30 Agustus 2012

Tutorial Perkembangan Teknologi




PERKEMBANGAN PERALATAN TEKNOLOGI


1. Kompetensi Dasar
a.Mengidentifikasi Input Proses Output (IPO) pada alat teknik,
b.Mengidentifikasi komponen pendukung sistem teknik yang menyangkut materi, energi dan informasi.

2. Indikator Pencapaian Hasil Belajar
a.Menjelaskan penemuan-penemuan yang mengubah sejarah dan dampaknya bagi umat manusia,
b.Menyebutkan perkembangan mesin-mesin peralatan untuk rumah tangga, kantor, hiburan, industri atau laboratorium iptek dari yang sederhana sampai dengan yang canggih,
c.Menjelaskan fungsi komponen suatu mesin atau alat berdasarkan analisis input, proses, output yang menyangkut materi, energi, dan informasi,
d.Menjelaskan cara kerja suatu mesin atau berdasarkan IPO yang menyangkut materi, energi dan informasi.


3. Materi Pembelajaran

a. Perkembangan Sepeda
Tahukah kamu seperti apa bentuk sepeda yang pertama ? Sepeda yang pertama kali digunakan oleh manusia tidak mempunyai kayuh sehingga pengendara harus menginjakkan kaki di tanah secara bergantian agar sepeda dapat berjalan.

Dengan berjalannya waktu orang mulai mengembangkan sepeda dengan memasang kayuh yang digantung pada tangkai yang dipasang di bawah batang kemudi, di sebelah kanan dan kiri. Orang tersebut adalah Kirk Patrick Macmillan dari Scotlandia dan sepedanya diberi nama Hobby Horse. Perhatikan gambar berikut.

Di Perancis sepeda dikembangkan oleh Pierre Michaux dan putranya Ernest. Sepeda hasil rintisannya ini diberi nama Velocipede Michaux. Sepeda ini mempunyai kayuh yang dipasang langsung pada roda depan (Th 1861 ).

Velocipede tidak dapat melaju dengan cepat, kemudian orang membuat perubahan dengan memasang roda depan lebih besar seperti mata uang logam Inggris Penny – Farthing, sehingga dengan sekali kayuh dapat menggerakkan sepeda lebih jauh atau lebih cepat.

Pada awal tahun 1890-an pemasangan ger roda belakang dan rantai merupakan cikal bakal sepeda modern. Sepeda ini juga sudah menggunakan rem dan roda dari karet yang diberi nama Rover. Industri sepeda semakin melesat pada tahun 1898 ketika John Dunlop, seorang dokter hewan Belfast, memperkenalkan ban berisi angin. Inilah awal perkembangan sepeda.



Dengan awal ini perkembangan sepeda di berbagai Negara semakain cepat dan modern, seperti yang kita temui sampai sekarang ini.



b. Perkembangan Mobil
Mobil pertama dalam sejarah manusia mempunyai Ketel Uap besar di bagian depan. Ketel uap tesebut berisi air yang akan berubah menjadi uap jika dipanaskan. Uap itu memberi tenaga kepada mesin yang menggerakkan mobil. Mobil tersebut dibuat oleh seorang dokter dari Perancis bernama Nicholas Cugnot pada tahun 1770. Kecapatan mobil ini kurang lebih 5 km/jam.
Perhatikan gambar berikut ini.


Gambar Mobil Ketel Uap.

Dengan berkembangnya teknologi saat itu, tenaga uap kurang memuaskan. Orang mulai menggunakan mesin yang lebih kecil dengan tenaga bahan bakar bensin sehingga mobil menjadi lebih ringan dan ramping.



Gambar Mobil Bensin Roda Tiga

Secara terpisah dua orang asal Jerman Gottlieb Daimler dan Kurl Benz mengembangkan kendaraan bertenaga bensin yang pertama.
Kurl Benz membuat mobil beroda tiga dengan tenaga bensin pada tahun 1886, sedangkan Daimler membuat mobil dengan empat buah roda menggunakan tenaga penggerak bensin pada tahun 1889.



Gambar Mobil Kurl Benz




Gambar Mobil Daimler

Perkembangan selanjutnya terjadi pada tahun 1909 di Amerika Serikat, yaitu Henry Ford menghasilkan sebuah mobil yang digerakkan dengan tenaga bensin dengan sistem pembakaran dalam.
Dalam perkembangan selanjutnya mobil ini terkenal sangat murah dan mudah dalam pengoperasiannya. Mobil ini diberi nama FORD MODEL – T dan manjadi popular di dunia dengan bukti terjual 15 juta unit mobil ke seluruh dunia. Inilah yang mengawali perkembangan industri otomotif di Abad modern, sehingga berkembang sampai sekarang ini.





Gambar Mobil Ford

Gambar mobil kuno sampai dengan modern dapat dilihat pada gambar di bawah ini.





Gambar Mobil kuno









Gambar Mobil Modern
c. Perkembangan Mesin Pemanen

Perkembangan mesin pemanen di mulai pada awal abad kesembilan belas. Di Eropa petak-petak lahan kecil yang mendukung kehidupan banyak orang digarap dengan tangan. Di Amerika lahan-lahan luas dibuka, pada hal penduduknya masih sangat sedikit.

Pemecahan masalah seperti ini adalah mekanisasi pertanian. Orang mengembangkan mesin pertanian, dengan mengantikan tenaga manusia ( tangan ) dengan mesin pemanen yang ditarik kuda atau keledai. Tenaga kuda dan keledai inipun belum dapat memecahkan masalah.

Pada tahun 1875 berkembang mesin kombinasi mekanis besar yang ditarik oleh berpasang-pasang kuda. Mesin ini tak hanya memotong gandum yang masih tegak, tetapi juga merontokkan gandum dari jerami dan sekam.

Gandum dibersihkan dan dituang ke dalam kantong atau bungkusan. Dengan mesin ini satu orang dapat memanen lahan 1/3 hektar dalam satu jam.





Perhatikan gambar mesin pemanen berikut ini.






Pada tahun 1910, orang mengembangkan mesin pemanen dengan menggunakan tenaga uap. Lahirlah traktor tenaga uap yang menggantikan tenaga kuda atau keledai. Mesin ini menggunakan bahan bakar batu bara, dan dapat pula menggunakan jerami gandum.

Dengan mesin ini seseorang mampu memanen dan merontokkan gandum dari area seluas ½ hektar dalam waktu satu jam. Namun demikian mesin ini masih mempunyai kelemahan yaitu mesin ini terlalu berat dan susah untuk bergerak di lahan.



Gambar Mesin pemanen Tenaga Uap.
Pada tahun 1930-an perkembangan mesin pemanen sangat menarik banyak orang untuk selalu sempurnakan penemuan-penemuan yang lama dan akhirnya menemukan mesin pemanen yang mampu memanen lahan satu hektar dalam waktu satu jam oleh satu orang.

Pada Abad ke-20 orang sudah menggunakan traktor bertenaga bensin dan mesin pemanen yang mampu bergerak sendiri.
Setelah tahun 1930, orang sudah menggunakan mesin yang mampu memotong gandum sekaligus merontokkannya, kemudian memisahkannya dari jerami dan sekamnya. Semua itu hanya dikerjakan oleh satu orang dengan menggunakan mesin pemanen modern.

Perhatikan gambar mesin pemanen dengan traktor yang menggunakan bahan bakar bensin di bawah ini!



Gambar Mesin Traktor Pemanen

d. Perkembangan Televisi
Televisi yang kita jumpai sekarang, sebagaimana yang kita lihat tidak ditemukan oleh satu orang saja melainkan melalui serangkaian penemuan yang dilakukan oleh para ahli di berbagai negara dalam rentang waktu cukup lama, yaitu sekitar 50 tahun lebih.

Tercatat pada tahun 1884 seorang ahli dari Jerman bernama Paul Nipkow mengembangkan sebuah Piringan Pelarikan Optomekanis yang memungkinkan sebuah gambar dapat diubah menjadi serangkaian sinyal listrik dengan aneka kekuatan. Saat itu gambar yang ditampilkan/dihasilkan masih berupa gambar yang masih kasar.

Perhatikan gambar Piringan optomekanis berikut ini!





Gambar Piringan Optomekanis

Dengan berdasarkan kepada penemuan piringan Nipkow, seorang ahli dari Scotlandia John L. Baird mengembangkan sebuah televisi dengan pelarikan mekanis yang sangat praktis, yaitu pada tahun 1926. Hal tersebut sebagaimana digambarkan dalam diagram di bawah ini.



Gambar Diagram Televisi Pelarikan mekanis

Namun demikian, pelarikan mekanis masih sangat terbatas dalam visualisasi gambarnya. Dengan serangkaian perkembangan pada jaman itu, akhirnya masa depan televisi akan bergeser pada pelarikan elektron yang mampu melarik sebuah gambar dari kiri ke kanan untuk membaginya menjadi serangkian unsure gambar yang kecil berupa titik terang dan titik gelap yang disebut pixel ( Picture Element / Unsur Gambar ).



Perhatikan gambar berikut ini!





Gambar Televisi Pelarikan Elektron

Terobosan besar di bidang pertelevisian muncul pada akhir tahun 1920-an ketika seorang ilmuwan berasal dari Amerika bernama Philo Farnswoth dan ahli dari Amerika kelahiran Rusia yang bernama Vladimir K. Zworkyn mengembangkan Televisi Tabung Pelarikan Elektron.
Televisi jenis ini merupakan penyempurnaan dari televisi yang telah ditemukan sebelumnya.

Pesawat televisi pertama menerima gambarnya dari ikonoskop yang memproyeksikan gambar terlarik dari tabung sinar katode ( tabung kaca hampa udara dengan layar bersaput bubuk pendar ). Ketika Katode dari tabung memancarkan arus elektron, layar akan berpendar, dan elektron akan terlarik dan menghasilkan suatu gambar.

Televisi pelarikan merupakan temuan yang sangat penting dan spektakuler pada waktu itu karena sudah memanfaatkan tabung sinar katode.

Perhatikan gambar Televisi Tabung Pelarikan Elektron berikut ini!



Gambar Televisi Tabung Elektron

e. Perkembangan Komputer

Pernahkan Anda membayangkan seperti apa tampang komputer yang pertama kali digunakan ?
Pada tahun 1942-1945 di Universitas Pennsylvania, Amerika Serikat mengembangkan sebuah komputer yang disebut ENIAC ( Elektronic Numerical Integrator and Calculator ). Komputer ini berisi ribuan tabung elektron yang bekerja sebagai saklar. Ukuran komputer ini sangat besar dan memenuhi satu ruangan dan pengoperasianya memakan waktu yang cukup lama karena sambungan-sambungan kabel harus diperbarui setiap kali akan melakukan perhitungan baru.

Dengan demikian, komputer inipun masih kurang efisien sehingga perlu adanya penyempurnaan-penyempurnaan. Hal inilah yang terus memacu para ahli di bidangnya untuk terus melakukan penelitian-penelitian dan perbaikan-perbaikan.

Perhatikan gambar ENIAC berikut ini!



Gambar Komputer ENIAC

Disisi lain perkembangan komputer terjadi pada tahun 1941 di Universitas Harvard, Amerika Serikat menemukan sebuah komputer yang diberi nama Mark I dan baru siap pakai pada tahun 1944. Komputer Mark I ini didalamnya menggunakan serangkaian saklar mekanis yang digerakkan oleh listrik dan bila sedang dalam pengoperasian menimbulkan bunyi yang cukup keras dan sangat berisik.
Hal ini tentunya menimbulkan beberapa permasalahan tersendiri yang membutuhkan pemecahan.

Bentuk komputer Mark I ini dapat dilihat sebagaimana gambar berikut ini.



Gambar Komputer Mark I

Dengan penemuan-penemuan di atas telah membuka jalan bagi perkembangan komputer yang dikembangkan oleh para ahli di seluruh dunia termasuk negara-negara Asia, antara lain Jepang, China, dan Korea. Bagaimana di Negara kita ? Itulah pertanyaan yang harus anda jawab.
Kalau kita bandingkan secara kuantitas, perkembangan komputer sampai sekarang ternyata sudah cukup jauh. Perhatikan gambar perbandingan ukuran komputer dari dulu hingga sekarang berikut ini!




Gambar Perbandingan Ukuran Komputer

Dari serangkaian hasil penemuan para ahli itulah kemudian orang berhasil mengembangkan komputer yang sangat canggih dan modern dengan ukuran yang relatif kecil tetapi mempunyai fungsi yang sangat banyak (Multi fungsi). Sebagai contoh Laptop atau Note book dan PDA.

Berikut ini beberapa gambaran mengenai jenis-jenis komputer model lama sampai dengan komputer model terbaru (modern ).

Perhatikan gambar berikut ini!


Gambar Komputer Lama ( XT )



Gambar Komputer Modern



Gambar Note Book/Laptop

























0 komentar:

Poskan Komentar