class="post-fixed">

Minggu, 02 September 2012

Tutorial Analisa Sistem



ANALISIS SISTEM

1.Kompetensi Dasar
a.Mengidentifikasi komponen pendukung sistem teknik yang menyangkut materi, energi dan informasi,
b.Menemutunjukkan cara kerja komponen teknik.

2. Indikator Pencapaian Hasil Belajar
a.Menjelaskan komponen suatu mesin atau alat berdasarkan analisis input, proses, output yang menyangkut materi, energi dan informasi,
b.Menjelaskan cara kerja suatu mesin atau berdasarkan IPO yang menyangkut materi, enrgi dan informasi,
c.Menemutunjukkan cara membongkar dan merakit suatu peralatan teknik (mesin, kelistrikan) sesuai dengan prosedur,
d.Menjelaskan cara membongkar dan merakit suatu peralatan teknik (mesin, kelistrikan) sesuai dengan prosedur.


3. Materi pembelajaran
Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering berhubungan dengan perlatan teknologi. Untuk itu, kita harus mengetahui cara-cara menggunakan peralatan tersebut dengan benar. Kita dapat mengetahui cara kerja peralatan tersebut dengan membaca petunjuknya atau dengan bertanya langsung kepada orang lain yang lebih tahu tentang peralatan tersebut.

Setiap peralatan pasti mempunyai sistem, yang di dalamnya terdapat suatu proses. Setiap sistem mempunyai Input Proses dan Output ( IPO ). Peralatan apapun tidak akan bekerja dengan baik sesuai dengan fungsinya jika sistemnya tidak benar.

Pada pembelajaran berikut Anda akan mengenal sistem teknik dari suatu peralatan yang ada di sekitar kita, sehingga kita dapat menggunakannya secara benar dan peralatanpun dapat bekerja sesuai dengan fungsinya.

a. Pesawat Telepon

Kita sering menggunakan peralatan telepoon. Bagaimana cara mengirim dan menerima pesan lewat telepon sudah kita ketahui bersama, tetapi coba kita lihat bagaimana sistemnya dan proses apa yang terjadi di dalamnya.

Berikut ini kita akan mencoba mengenal sistem yang ada pada pesawat telepon yang sering kita pakai di rumah, seperti tampilan gambar berikut ini.



Gambar Pesawat Telepon Rumah


Diagram IPO-Telepon Rumah adalah






Di dalam pesawat telepon terjadi komunikasi dua arah sehingga terdapat sistem pemancar melalui mikropon dan sistem penerima melalui loud speaker yang bekerja secara bolak-balik.

b. Komputer
Komputer bukan merupakan alat yang asing lagi bagi kita, tetapi sudah merupakan suatu kebutuhan, apalagi di Era Globalisasi ini, teknologi informasi semakin maju dan modern. Komputer merupakan perangkat utama untuk mempermudah kerja manusia. Dengan komputer ini kita dapat berhubungan dengan orang lain yang berada di tempat yang jauh terutama dalam hal bertukar informasi.
Dengan komputer pula seseorang dapat menembus / mengakses data secara global dari seluruh penjuru dunia melalui Internet. Pertanyaan yang paling mendasar adalah apakah Anda sudah mengetahui cara menggunakan komputer ? Bagaimana proses yang terjadi di dalamnya ? Perhatikan gambar komputer berikut ini!



Eksplorasi IPO-nya sebagai berikut.

Diagram IPO-Komputer



c.Gergaji Pita

Gergaji pita mungkin jarang kita temui di sekitar kita karena gergaji ini mempunyai kekhususan. Gergaji pita mampu untuk memotong lurus, melingkar, dan menyudut.
Berikut ini kita akan mencoba menganalisis sistem yang terdapat pada gergaji pita atau yang disebut Schroll Saw.





Untuk peralatan teknik yang lain silahkan Anda mencoba untuk membuat Analisis sistemnya melalui Eksplorasi IPO.
Pada prinsipnya suatu sistem terdiri dari komponen-komponen yang saling mendukung dan berperan penting bagi kelancaran sistem itu sendiri.

Bagaimana jika dalam suatu sistem tersebut salah satu komponennya mengalami masalah atau tidak berfungsi ? Sudah pasti hal ini akan menggangu proses kerja dan kelancaran sistem itu sendiri.

1 komentar: